Cara Memilih Shade Lip Product yang Sesuai dengan Undertone Kulitmu

Fimela Reporter30 Mar 2022, 07:45 WIB
Diperbarui 30 Mar 2022, 07:45 WIB
lip tint

Fimela.com, Jakarta Sering dijumpai ketika melihat produk kecantikan, terutama face base seperti foundation, concealer, dan cushion memiliki keterangan cold, neutral, dan warm pada kemasannya. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan keterangan tersebut? Keterangan tersebut merupakan tiga skin undertone yang ada dalam kulit manusia.

Skin undertone merupakan warna di bawah permukaan kulitmu, yang nantinya akan mempengaruhi keseluruhan rona dan warna dari kulitmu. Seperti yang tertulis di atas, terdapat tiga jenis undertone kulit yaitu, cold, neutral, dan warm. Karena skin undertone ini mempengaruhi warna rona dan keseluruhan kulitmu, maka kamu memerlukan barang-barang yang sesuai dengan skin undertone supaya kulit dapat terlihat cerah dan tidak abu-abu.

Hal ini berlaku juga saat memilih makeup, sehingga banyak face base yang memberikan keterangan pada kemasan produknya tentang undertone dari produk tersebut. Tidak hanya face base, kamu juga perlu memilih lip product yang sesuai dengan undertone kulitmu, sehingga makeupmu terlihat lebih match atau menyatu dengan kulitmu.

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui apa undertone kulitmu. Pada dasarnya warm undertone memiliki rona atau kecenderungan pigmentasi kulit yang berwarna gold dan merah, sedangkan cold undertone memiliki pigmentasi atau kecenderungan rona kulit yang berwarna pink dan biru. Dan neutral adalah gabungan dari keduanya.

lip tint
Ilustrasi makeup yang match dengan kulit/copyright shutterstock

Yang pertama adalah dengan memperhatikan apa warna yang cocok bagi kulitmu saat kamu mengenakan baju. Cold tone akan lebih cocok ketika mengenakan pakaian berwarna off white sedangkan warm tone lebih cocok mengenakan pakaian berwarna broken white dan neutral tone akan cocok mengenakan keduanya. Karena pada dasarnya, neutral tone memiliki kedua undertone baik dari cold dan warm undertone. Atau mudahnya neutral undertone merupakan gabungan dari cold dan warm undertone.

Yang kedua adalah dengan melihat kulitmu saat terpapar sinar matahari. Jika kulitmu berubah menjadi kecoklatan saat terkena paparan matahari, maka kulitmu memiliki undertone warm. Jika kulitmu terkadang menjadi kecoklatan, namun tak jarang mengalami sun burn atau berubah menjadi merah, kemungkinan kamu memiliki undertone warm. Dan ketika kulitmu menjadi kemerahan atau mengalami sunburn dan tidak berubah kecoklatan, maka kamu memiliki cold tone.

Yang ketiga adalah dengan mengamati warna pembuluh darah di tanganmu dalam ruangan yang memiliki cahaya natural. Jika warna pembuluh darah di lenganmu adalah hijau, maka kamu memiliki warm undertone. Jika berwarna biru atau ungu, maka kamu memiliki cold undertone dan jika pembuluh darahmu berwarna hijau, biru, dan ungu, maka kamu memiliki neutral undertone.

Cara mudah untuk menyesuaikan warna lip product dengan undertone kulit adalah dengan melihat finish dari lip produk tersebut. Jika lip produk tersebut memiliki finish dengan hint berwarna pink dan ungu, maka cocok cold skin tone. Sedangkan jika memiliki finish dengan hint berwarna peach dan orange, maka cocok untuk warm skin tone. Sedangkan jika kamu memiliki neutral skin tone, maka kamu dapat memakai keduanya.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

1
What's On Fimela