5 Urutan Skincare Malam Untuk Kulit Berjerawat

Anisha Saktian Putri25 Mei 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 25 Mei 2022, 19:30 WIB
4 Urutan skincare Malam Untuk Kulit Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat tidak hanya terjadi pada remaja, bahkan masih bisa terjadi hingga menopause. Masalah wajah ini pun sangat menganggu penampilan, yang tentu membuat seseorang tidak percaya diri.

“Bukan hanya remaja, banyak orang berkonsultasi setiap hari pada usia 30-an, 40-an, dan 50-an yang memiliki jerawat,” kata Debra Jaliman, MD, asisten profesor dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai dan penulis Skin Rules: Trade Secrets From a  Dokter Kulit Top New York kepada goodhousekeeping.

 Jerawat pun bisa disembuhkan dengan kita rutin melalukan perawatan wajah. Namun, ada beberapa langkah yang perlu diketahui agar penggunaan skincare lebih maksimal. L

alu bagaimana cara langkah-langkah perawatan wajah berjerawat? Berikut ulasannya. 

1. Membersihkan wajah

Membersihkan Wajah
Ilustrasi/copyright shutterstock

Hal pertama yang dilakukan ialah membersihkan wajah untuk menghilangkan kotoran di wajah. Jika berjerawat, bersihkan wajah secara lembut jangan digosok-gosokan.

Elyse M. Love, M.D., dari Spring Street Dermatology di New York.  mengatakan seringkali seseorang percaya bahwa jerawat adalah hasil dari kotoran atau minyak berlebih pada kulit dan mereka berusaha membersihkan dan mengelupas kulit secara berlebihan.  

“Meskipun pembersihan rutin itu penting, jerawat adalah kondisi peradangan, jadi pembersihan berlebihan ini sebenarnya dapat mengiritasi kulit dan mendorong proses lebih lanjut.” katanya.

Baiknya untuk mencuci muka dengan pembersih berbusa lembut.  Penting untuk diperhatikan bahwa metode yang digunakan untuk membersihkan kulit sama pentingnya dengan produk yang digunakan, jadi singkirkan waslap kasar, spons, atau bahan iritasi lainnya.  

Sementara itu, Dr. Love menyarankan untuk melakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan pembersih facial wash.

2. Gunakan Toner

Eksfoliasi
Ilustrasi membersihkan wajah/copyright shutterstock by liza54500

Oleskan toner ke bola kapas atau pad dan ratakan dengan lembut di wajah dan leher.  Melakukannya akan membantu menghilangkan sisa riasan, residu pembersih, dan minyak.

Toner dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, pembersih, dan riasan.  Apapun, jika toner atau astringents terlalu kering atau mengiritasi kulit, jangan menggunakannya. 

Begitu pula jika menggunakan resep obat jerawat yang sangat mengeringkan (seperti isotretinoin atau retinoid topikal). 

3. Oleskan obat perawatan jerawat

jerawat-kezo
ilustrasi obat jerawat/shutterstock

Jika memilih untuk menggunakan pembersih sederhana tidak mengandung kandungan untuk jerawat. Setelah wajah dibilas, biarkan kulit kering, tepuk lembut dengan handuk lembut jangan menggosok. Lalu gunakan krim jerawat yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Atau jika jerawat parah harus berkonsultasi dengan dokter kulit, yang dapat meresepkan obat yang lebih kuat.

4. Oleskan pelembap bebas minyak

perempuan wajah cantik
ilustrasi perawatan wajah jerawat/copyright by metamorworks (Shutterstock)

Ketika khawatir tentang kulit berminyak dan pori-pori tersumbat, pelembap mungkin tampak tidak perlu, tetapi sebenarnya yang terjadi adalah sebaliknya: “Pelembab membantu menjaga keseimbangan produksi minyak kulit,” kata Dr. Love. 

Dan membantu penderita jerawat mentoleransi obat jerawat, yang sering mengering.  Kuncinya adalah tetap pada pelembap bebas minyak dan non-komedogenik.

Jaliman merekomendasikan untuk menggunakan pelembap nonkomedogenik berbasis lidah buaya dengan asam hialuronat, yang melindungi kolagen.

5. Oleskan produk retinol sebelum tidur

ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/ANN PATCHANAN/shutterstock
ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/ANN PATCHANAN/shutterstock

Sebelum tidur, ada satu langkah penting terakhir untuk mendapatkan kulit yang bersih menggunakan produk retinol.  Apa itu retinol?  Ini adalah versi over-the-counter dari turunan vitamin A Retin-A, yang mengurangi kerutan dan kunci untuk mengontrol jerawat  membuka pori-pori.  

“Retinol adalah perawatan jerawat multi-tugas yang bagus untuk orang dewasa,” kata Dr. Sobel. 

Membantu mempercepat pergantian sel dan regenerasi dan mengelupas keratinosit, sel-sel di lapisan terluar kulit.  Ia juga bekerja untuk membuka pori-pori dan menjaga kulit tampak awet muda sambil meminimalkan dan mencegah garis-garis halus dan kerutan. 

#women for women

Lanjutkan Membaca ↓
1