7 Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan Kering yang Bikin Nggak Percaya Diri

Vania Al kautsar05 Apr 2022, 10:12 WIB
Diperbarui 05 Apr 2022, 10:19 WIB
Bibir - Vania

Fimela.com, Jakarta Memiliki bibir pecah-pecah dan kering tentu membuat kita tidak nyaman, terlebih saat kita ingin menggunakan lipstick. Memiliki bibir yang pecah-pecah dan kering menjadi salah satu gangguan kesehatan, meskipun mengatasi masalah bibir satu ini merupakan hal yang cukup mudah.

Bibir pecah-pecah sendiri merupakan tanda dari adanya bibir kering yang mungkin kamu alami karena adanya perubahan cuaca, paparan sinar matahari, atau terlalu sering menjilati bibir dan dehidrasi. Tak hanya itu jika kamu memiliki kulit yang tipis dan lebih sensitif daripada bagian tubuh lainnya hal ini dikarenakan bibir tidak mengandung kelenjar minyak yang cukup.

Hal tersebut yang terkadang dapat membuat bibir pecah-pecah dan kering, masalah bibir satu ini dikenal sebagai “cheilitis” yang dapat terjadi karena adanya kontak dengan alergen atau kondisi medis lainnya. Meskipun perawatan bibir pecah-pecah dan kering mudah, tetapi kamu perlu mencegah dan mengetahui beberapa penyebabnya seperti berikut ini:

 

1. Mengkonsumsi Makanan Asin atau Pedas

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://unsplash.com/Mike Mayer

Bagi kamu penggemar makanan pedas dan asin tentu sulit untuk menghindari dari makanan tersebut, padahal makanan tersebut yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan kering. Makanan asin terutama yang mengandung banyak garam dapat menyebabkan bibir kering, garam sendiri dapat menahan air dan dapat menyerap dan hanya akan mengeringkannya.

2. Paparan Sinar Matahari

Sinar Matahari - Vania
Ilustrasi Sinar Matahari/https://unsplash.com/Fleur Kaan

Jika kita sering berada di bawah sinar matahari tanpa menggunakan lipbalm yang memiliki SPF maka kemungkinan kulit bibir akan mengupas. Paparan sinar matahari dapat membuat bibir menjadi lebih kering di area yang sudah kering sebelumnya, terkadang hal ini dapat menyebabkan peradangan akibat paparan sinar matahari dan membuat bibir mengelupas pada sel-sel kulit.

3. Dehidrasi

minum air putih
ilustrasi dehidrasi/photo created by jcomp - www.freepik.com

Pergantian sel sel kulit pada bibir biasanya lebih cepat dan hal ini akan rentan terhadap kekeringan jika kita tidak terhidrasi secara baik. Akan tetapi bibir kering akan lebih sering terjadi di musim dingin, ketika udara dalam ruangan yang kering dapat menghilangkan kelembapan alami kulit.

4. Obat-obatan

Minum Obat Penurun Demam
Ilustrasi Obat Penurun Deman Credit: pexels.com/pixabay

Beberapa jenis obat yang kita konsumsi ternyata dapat menyebabkan bibir kering dan mengelupas, Ada baiknya jika kamu memiliki masalah kesehatan atau sedang mengonsumsi obat obatan untuk menanyakan apa efek dari obat tersebut.

5. Pertumbuhan Ragi Berlebihan

Bibir - Vania
Ilustrasi Bibir/https://www.shutterstock.com/Tetiana Mandziuk

Apakah kamu memiliki underbite? Atau mungkin sering ngiler dalam tidur. Faktor faktor inilah yang dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih ragu atau adanya infeksi jamur di daerah mulut. Jenis infeksi ini ternyata dapat menyebabkan kulit kering dan terkelu pas di sekitar mulut yang terkadang dapat membuatnya semakin pecah.

6. Kekurangan Vitamin

Bibir - Vania
Ilustrasi Bibir/https://www.shutterstock.com/puhhha

Berbagai kekurangan vitamin Fi ternyata dapat menyebabkan bibir kering, pecah pecah, bahkan merah. Hal ini biasanya dapat disertai dengan ruang yang tampak serupa di sekitar mulut, mengkonsumsi vitamin B12 ternyata dapat membantu tubuh memiliki pertumbuhan sel maupun pergantian sek. Serta kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kekeringan dan memperlambat pertumbuhan.

7. Menjilati Bibir Terlalu Sering

Bibir - Vania
Ilustrasi Bibir/https://www.shutterstock.com/New Africa

Pasti hal ini sudah tidak asing lagi Dan mungkin sering kamu lakukan yaitu menjilati bibir. Memiliki bibir yang kering dan pecah pecah tentu membuat kita tidak percaya diri, terkadang solusi yang terlintas dipikiran kita yaitu dengan menjilati bibir agar menjadi lebih lembab. Padahal menjilati bibir yang terkena air liur terdiri dari enzim dapat memecahkan lemak, protein, dan karbohidrat dan dapat merusak bibir.

Bibir pecah pecah biasanya dapat di obati dengan mudah, akan tetapi kamu dapat melakukannya dengan cara Mengoleskan Lipan sepanjang hari, minum air lebih banyak, dan menghindari kondisi cuaca dingin. Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan bibir pecah pecah terutama seiring bertambahnya usia, ada baiknya jika Mengoleskan lip balm yang mengandung SPF minimal 15 sebelum keluar ruangan.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela