7 Panduan Skincare Selama Ramadan Agar Glowing di Hari Lebaran

Vinsensia Dianawanti21 Apr 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 21 Apr 2022, 21:00 WIB
ramadan perempuan hijab

Fimela.com, Jakarta Ramadan selalu menjadi momen spesial karena bukan sekadar menunaikan ibadah puasa, melainkan juga momen untuk kembali berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Ini menjadi momen yang tepat pula untuk menunjukkan pesona glowing-mu.

Namun selama menjalani puasa di bulan Ramadan, tubuh cenderung kekurangan cairan yang berdampak pada kondisi kulit. Itu sebabnya, tetap penting untuk melakukan rutinitas skincare selama puasa sehingga dapat tampil glowing hari Lebaran.

Karena Lebaran yang masih lumayan jauh, kamu masih memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan kulit glowing di hari raya.

Adanya potensi kekurangan cairan dan nutrisi slama puasa, Sociolla pun menghadirkan panduan skincare yang bisa kamu lakukan di rumah. Dengan melakoni rutinitas skinare berikut ini, kamu akan terhindar dari masalah kulit yang tidak diinginkan selama Ramadan.

1. Gunakan face mist saat sahur

karakter zodiak
ilustrasi perempuan berhijab/Photo by Ahmad Qime on Unsplash

Di bulan puasa ini pasti banyak yang sulit bangun saat sahur. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyegarkan wajah dengan mudah adalah dengan menyemprotkan face mist favoritmu ketika bangun tidur. Kini, kamu bisa lebih semangat untuk menyiapkan dan menikmati sahur dengan orang terkasih.

2. Jangan lupa mandi

Pilih Jenis Kain Hijab yang Bersahabat
Ilustrasi Perempuan Berhijab Credit: freepik.com

Saat berpuasa, menjaga kebersihan merupakan hal yang penting karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Salah satu cara untuk membuat tubuh bersih dan segar sepanjang hari adalah dengan mandi pagi dengan air dingin.

Faktanya, jika dilakukan setiap pagi, hal ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan ketika berpuasa, salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi ditambah dengan produk perawatan diri seperti shower gel serta shampoo dan conditioner yang dapat menjawab kebutuhan kulit tubuh seperti menghaluskan dan membersihkan tubuh dari kotoran serta menguatkan kulit kepala.

3. Aplikasikan lotion dan pelembap berulang

Meskipun saat puasa kita harus menahan haus dan lapar, bukan berarti kulit juga tidak diberikan nutrisi yang dibutuhkan. Agar kulit wajah dan tubuh tetap terhidrasi dengan sehat sepanjang hari di bulan puasa, pastikan untuk gunakan moisturizer dan body lotion yang memiliki kandungan alami dan sesuai dengan kebutuhan kulit. Dengan ini, tidak usah takut kulit akan kering ataupun pecah-pecah meskipun kamu sedang berpuasa. 

Selain itu, agar tetap terlindungi dari sinar UV matahari ketika beraktivitas outdoor maupun indoor, jangan lupa untuk gunakan sunscreen dengan SPF tinggi dan aplikasikan ulang di siang hari nanti.

4. Pakai Lipbalm di Siang Hari

Menahan minum dari fajar hingga waktu berbuka datang seringkali membuat bibir terasa kering, pecah-pecah bahkan mengelupas. Salah satu produk perawatan bibir yang terkenal dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah lip-balm. Oleh karena itu kamu perlu siapkan lip-balm yang dapat menghidrasi dan melembabkan bibir untuk perawatan bibir sehari-hari.

5. Makeup saat buka puasa bersama

Tidak jarang di momen bukber ini banyak yang berdandan penuh serta tampil dengan berbagai dresscode. Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk berdandan penuh dan ingin agar kulit wajah bisa lebih bernafas, kamu tetap bisa terlihat cantik dengan makeup yang tipis dan natural.

Gunakan BB Cream atau concealer saja sebagai base, produk yang bisa digunakan sebagai cheek and lip tint sekaligus untuk memberikan warna pada wajah, serta tidak melupakan eyeliner dan mascara untuk mempertegas definisi mata. Selain itu, pastikan untuk tetap jaga protokol kesehatan ketika berkumpul untuk bukber dengan orang tercinta ya!

6. Semprotkan parfum favorit

Parfum bisa menjadi sarana untuk merefleksikan kepribadian diri. Selain itu, parfum akan membantu meningkatkan kepercayaan diri saat bukber. Aplikasikan parfum di area tertentu untuk meningkatkan aroma tubuh.

Selain tentunya menggunakan deodoran dan parfum, kamu juga bisa menggunakan hair mist ataupun dry shampoo yang dapat disemprotkan ke rambut dengan mudah. Tampil harum yang maksimal tentunya akan membantu kamu agar lebih percaya diri lagi ketika bersilaturahmi dengan orang tercinta di bulan Ramadan ini.

7. Lakukan rutinitas skincare malam

Memasuki bulan puasa, jam tidur pun akan berubah, di mana terkadang tidur lebih malam karena memperbanyak ibadah dan bangun lebih pagi dari biasanya untuk sahur. Hal ini dapat menimbulkan kantung mata ataupun lingkaran hitam di bawah mata yang diakibatkan kurangnya waktu tidur .

Agar wajah tetap segar dan terlihat cukup istirahatnya, gunakan eye mask sebelum tidur untuk melembabkan area mata dan mengurangi adanya kantung mata maupun menyamarkan lingkaran hitam.

Simak video berikut ini

#women for women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela