Sukses

Beauty

7 Penyebab Jerawat di Bawah Bibir dan Cara Menghilangkannya

Fimela.com, Jakarta Jerawat di bawah bibir akan membuat kondisi bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Masalah kulit yang satu ini sangat mengganggu penampilan, dan membuat pemilik jerawat menjadi tidak percaya diri. Penyebab jerawat di bawah bibir bisa disebabkan karena berbagai macam faktor.

Penyebab jerawat di bawah bibir harus dihindari. Jenis jerawat yang muncul di bawah bibir adalah jerawat papula, jerawat pustula, jerawat nodul, dan jerawat batu (kistik). Peradangan jerawat yang terjadi di bawah bibir ditandai dengan warna merah dan sakit jika disentuh.

Sebenarnya jerawat di bawah bibir dapat dihilangkan dengan cara mudah. Namun Sahabat Fimela harus melakukan perawatan wajah dengan rutin dan konsisten. Berikut penyebab jerawat di bawah bibir dan cara menghilangkannya:

Penyebab Jerawat di Bawah Bibir

1. Menggunakan Lipstik Kedaluwarsa

Penyebab jerawat di bawah bibir yang pertama adalah karena menggunakan lipstik yang kedaluwarsa. Lipstik yang sudah kedaluwarsa bisa menyebabkan berbagai macam masalah kulit hingga kesehatan tubuh. Karena kandungan kimia yang terdapat di dalam lipstik kedaluwarsa memiliki efek samping yang berbahaya.

2. Jarang Membersihkan Makeup

Penggunaan makeup yang tebal di bawah bibir, bisa menimbulkan peradangan jerawat. Sehingga hindari kebiasaan jarang membersihkan makeup. Jika memiliki kulit wajah yang cenderung berjerawat, sebaiknya bersihkan makeup menggunakan cleansing oil atau micellar water terlebih dahulu. Kemudian bilas wajah menggunakan facial wash khusus jerawat.

3. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

Apakah Sahabat Fimela sering mengonsumsi makanan yang berlemak? Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berlemak seperti daging merah, produk olahan susu sapi, gorengan, makanan cepat saji, dan junk food. Makanan yang berlemak dapat menimbulkan penumpukan lemak jahat di dalam tubuh. Sehingga kelenjar minyak akan memproduksi minyak alami secara berlebih dan menjadi penyebab jerawat. Bahkan makanan berlemak bisa menjadi penyebab gagal jantung dan stroke.

4. Perubahan Hormon

Saat perempuan mengalami perubahan hormon, maka akan berisiko menimbulkan jerawat di bawah bibir. Perubahan hormon pada perempuan sering kali terjadi pada masa haid, masa kehamilan, masa kelahiran dan masa menopause. Kondisi ini sangat wajar terjadi dan kondisi kulit akan kembali normal setelah hormon stabil.

Penyebab Jerawat di Bawah Bibir

5. Faktor Keturunan

Penyebab jerawat di bawah bibir yang selanjutnya adalah karena faktor keturunan. Keturunan dari keluarga yang memiliki kulit berminyak, akan cenderung memiliki wajah yang mudah berjerawat. Sehingga jerawat di bawah bibir dapat dipengaruhi karena faktor keturunan.

6. Terlalu Banyak Gula

Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak gula, bisa menjadi penyebab di bawah bibir. Kandungan gula bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh dan bisa memproduksi minyak berlebih di wajah. Mengonsumsi banyak gula juga bisa menyebabkan hormon jadi berubah-ubah.

7. Jarang Berolahraga

Jika jarang berolahraga, maka akan berisiko terkena jerawat di bawah bibir. Saat olahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat, yang bisa membersihkan pori-pori tersumbat. Sebaiknya olahraga harus dilakukan secara rutin, untuk meningkatkan hormon endorfin, melancarkan sirkulasi darah dan mencegah jerawat. 

Cara Menghilangkan Jerawat di Bawah Bibir

Cara menghilangkan jerawat di bawah bibir sangat mudah. Namun perlu ketelatenan, kedisiplinan dan kesabaran untuk menghilangkan jerawat. Agar jerawat di bawah bibir cepat hilang dan tidak menimbulkan bekas.

Sahabat Fimela dapat menggunakan skincare khusus untuk jerawat. Skincare yang baik untuk menghilangkan jerawat di bawah bibir adalah yang mengandung retinol, AHA, BHA, benzoil peroksida, sulfur dan asam salisilat. Selain membantu menghilangkan jerawat, skincare tersebut bisa membantu mengontrol minyak di wajah.

Jangan lupa untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, untuk mencegah timbulnya jerawat di bawah bibir. Lakukan olahraga secara rutin untuk memperlancar peredaran darah, mendetoksifikasi racun, dan membersihkan pori-pori dengan keringat. Perbaiki juga pola makanmu, dengan mengonsumsi makanan yang bebas lemak dan minum air putih yang banyak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading