Mitos atau Fakta? Ketahui 6 Hal Seputar Jerawat

Fimela Reporter16 Mei 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 16 Mei 2022, 14:45 WIB
jerawat-kezo

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling sering dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut terjadi karena Indonesia memiliki iklim tropis, sehingga kondisi udara yang lembap sangat cocok bagi bakteri penyebab jerawat untuk tumbuh. Selain itu, karena kondisi udara yang lembap dan selalu mendapatkan sinar matahari. Mayoritas masyarakat Indonesia memiliki tipe kulit berminyak dan jerawat cenderung muncul pada area kulit yang banyak menghasilkan minyak.

Banyaknya orang yang memiliki masalah kulit berupa jerawat, membuat berbagai rumor dan mitos tentang jerawat bermunculan. Agar tidak termakan mitos mentah-mentah, mari kita kupas tuntas 6 mitos tentang jerawat ini, yuk!

1. Makanan berminyak dapat menyebabkan jerawat

Mencegah Jerawat Tumbuh
Ilustrasi jerawat

Jika seseorang menyentuh wajah dengan tangan yang digunakan untuk mengonsumsi makanan berminyak, maka hal tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Tapi, jika seseorang mengonsumsi makanan berminyak dan tetap menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh wajah, maka konsumsi makanan tersebut tidak begitu berpengaruh pada kondisi kulit, khusus nya jerawat. Hal tersebut bukan berarti jerawat hanya ditimbulkan oleh tangan yang tidak bersih saat menyentuh wajah. Tetapi, kemungkinan besar jerawat akan muncul karena konsumsi makanan dengan kandungan gula yang berlebihan, bukan konsumsi makanan berminyak.

2. Minum air 8 gelas setiap hari dapat membuat kulit bersih

Minum air secukupnya tentu dibutuhkan setiap makhluk hidup untuk tetap terhidrasi dan menjaga kadar cairan dalam tubuh. Tetapi, tidak ada data yang menunjukkan bahwa delapan gelas air setiap hari merupakan jumlah konsumsi cairan yang ideal, terlebih untuk mendapatkan kulit yang bersih. Konsumsi cairan harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tubuh. Selain itu, beberapa faktor yang menyebabkan jerawat diantaranya adalah konsumsi makanan, minuman, olahraga, dan perawatan kulit. Jadi, meminum air 8 gelas setiap hari tidak akan menjamin seseorang memiliki kulit bersih bebas jerawat.

3. Jerawat hanya muncul di wajah

Jerawat memang sering muncul di kulit wajah, tetapi hal tersebut tidak berarti jerawat tidak dapat muncul di bagian tubuh lainnya. Jerawat dapat muncul di dada, bahu, punggung, bahkan kulit kepala. Pada umumnya, jerawat muncul pada area yang menghasilkan banyak minyak. Jerawat yang tumuh pada bagian tubuh lain biasanya berkaitan dengan keringat. Kemudian, tidak semua jerawat yang tumbuh di area tubuh adalah jerawat, bisa jadi itu adalah bentuk infeksi dari lapisan folikel rambut atau bulu halu yang ada di bagian tubuh tertentu. Rutin mengganti pakaian saat berkeringat dan menggunakan produk perawatan tubuh anti jerawat adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat di area tubuh.

4. Area munculnya jerawat dapat menjadi tolak ukur penyebab munculnya jerawat

ilustrasi kandungan spot treatment yang ampuh mengatasi jerawat/ANN PATCHANAN/shutterstock
Ilustrasi jerawat

Acne face map yang banyak beredar di internet seringkali dipercaya sebagai salah satu indikator penyebab jerawat muncul di beberapa area wajah. Sayangnya, tidak ada cara atau data yang secara spesifik membuktikan bahwa munculnya jerawat di area wajah tertentu disebabkan oleh gangguan organ tertentu. Kenyatannya, produksi hormon dan penggunaan produk tertentu lan yang dapat berpengaruh pada munculnya jerawat pada area wajah tertentu. Contohnya, penggunaan produk perawatan rambut mungkin dapat memicu munculnya jerawat pada area dahi atau garis rambut.

5. Jika jerawat tidak muncul saat pubertas, maka jerawat tidak akan muncul saat seseorang tumbuh dewasa

Jerawat pada umumnya muncul pada masa pubertas dan bagi beberapa orang jerawat akan hilang setelah melalui masa pubertas. Tetapi, bagi beberapa orang lainnya, jerawat bisa muncul kapan saja, baik saat masa pubertas maupun tidak. Beberapa hal yang memengaruhi munculnya jerawat pada orang dewasa adalah perubahan hormon, diet, dan stres.

6. Jerawat muncul karena tidak bisa menjaga kebersihan

Jerawat adalah salah satu gangguan kulit yang kompleks, dan kebersihan adalah salah satu faktor penyebabnya, tetapi bukan menjadi satu-satunya faktor penyebab. Jadi mitos ini tidak sepenuhnya benar dan salah. Akan menjadi salah jika mitos ini dipercayai mentah-mentah dan seseorang yang memiliki jerawat mulai membersihkan wajahnya secara berlebihan. Membersihkan wajah secara berlebihan untuk menjaga kebersihan wajah akan membuat wajah mudah iritasi dan akan membuat jerawat lainnya muncul.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela