5 Makanan yang Sebaiknya Dikurangi agar Tidak Jerawatan

Endah Wijayanti13 Mei 2022, 11:35 WIB
Diperbarui 13 Mei 2022, 11:37 WIB
jerawat saat hamil

Fimela.com, Jakarta Pemicu jerawat bisa dikarenakan sejumlah faktor atau penyebab. Mulai dari gen, gaya hidup, dan pola makan bisa memengaruhi munculnya jerawat di wajah. Bagi yang rentan mengalami jerawat atau kulitnya sangat mudah berjerawat, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

Tentu saja makanan hanya salah satu faktor yang memengaruhi munculnya jerawat. Namun, menjaga pola makan yang lebih sehat bisa memberi pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan kulit wajah. Melansir laman webmd.com, berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika tak ingin muncul banyak jerawat di wajah.

 

1. Susu

Susu Beruang
Ilustrasi Susu./Credit: pexels.com/pixabay

Makin banyak susu yang dimimun, makin rentan wajah kita berjerawat khususnya bila jenis susu yang diminum adalah susu skim. Para ilmuwan masih mencari tahu penyebab pastinya. Ada kemungkinan penyebabnya adalah adanya pengaruh hormon pada sapi saat hamil yang memengaruhi kandungan susu yang diproduksi.

2. Gula

gula pasir
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Kulit wajah makin rentan berjerawat bila makanan yang kita konsumsi mengandung banyak gula. Jenis makanan dan minuman seperti soda, roti manis, nasi, dan kue manis bisa memicu munculnya jerawat. Jadi, kalau ingin jerawat berkurang, bisa coba kurangi pula makanan yang mengandung banyak gula.

 

3. Karbohidrat Tertentu

nasi putih
ilustrasi nasi putih/copyright By nafterphoto from Shutterstock

Tubuh kita tetap butuh karbohidrat dalam kadar cukup agar bisa punya energi untuk beraktivitas. Akan tetapi kalau ingin mengurangi risiko munculnya jerawat, ada baiknya mengurangi konsumsi jenis karbohidrat seperti nasi putih dan roti manis karena indek glisemik yang dimiliki tinggi. Saat tubuh memproduksi lebih banyak insulin untuk menurunkan gual darah, maka pengaruhnya bisa memengaruhi hormon lain yang meningkatkan produksi minyak di kulit.

4. Cokelat yang Mengandung Gula dan Susu

Ilustrasi cokelat  (sumber: Pixabay)
Ilustrasi cokelat (sumber: Pixabay)

Kokoa sendiri tidak memicu munculnya jerawat. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi cokelat yang kandungan kokoanya 10 kali lipat lebih tinggi tidak gampang jerawatan dibandingkan orang yang mengonsumsi cokelat biasa. Cokelat murni (dark chocolate) dengan kandungan susu dan gula yang sedikit bisa jadi piihan yang lebih tepat bila tak ingin wajah gampang jerawatan.

 

 

5. Makanan Cepat Saji

7 Burger Termahal di Dunia Versi Majalah Luxatic, Salah Satunya dari Indonesia
Ilustrasi makanan cepat saji. (dok. Engin Akyurt/Pexels.com)

Makanan cepat saji sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan jika tak ingin wajah gampang jerawatan. Sebagai gantinya, pilihan makanan kaya serat untuk membantu mengontrol gula darah sehingga bisa menjaga kulit tidak gampang jerawatan.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Saatnya untuk menjaga pola makan lebih baik lagi dengan kesehatan kulit yang bebas jerawat.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela