Sukses

Beauty

5 Jenis Makanan Ini Bisa Cegah Munculnya Jerawat

Fimela.com, Jakarta Menjaga pola makan sehat menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat. Bagi yang punya wajah gampang jerawatan, mengatur pola makan yang lebih baik bisa jadi upaya paling aman untuk menjaga kesehatan kulit.

Melansir laman webmd.com, ada jenis makanan tertentu yang bila dikonsumsi dengan baik bisa bantu mencegah munculnya jerawat. Meski makanan bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi munculnya jerawat, setidaknya dengan memilih dan memilah makanan yang tepat dapat memengaruhi kondisi kesehatan kita secara keseluruhan dengan lebih baik lagi.

 

 

1. Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat bisa bantu mengontrol gula darah, yang baik untuk mencegah munculnya jerawat. Makanan kaya serat seperti oatmeal, kacang-kacangan, apel, dan wortel bisa dikonsumsi untuk menambah serat dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3. Semakin rendah inflmasi di dalam tubuh, semakin kecil risiko wajah berjerawat. Selain itu, ikan salmon juga dapat bantu menurunkan kadar protein yang diproduksi tubuh, bernama IGF-1, yang dapat memicu munculnya jerawat.

 

3. Kacang Almond

Orang yang kulit wajahnya gampang jerawatan biasanya kadar antioksidan seperti vitamin E dan selenium di dalam tubuhnya rendah. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kacang almond. Kacang-kacangan seperti kacang almond mengandung nutrisi yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan infeksi. Tentu saja konsumsinya jangan sampai berlebihan, atau maksimal 24 biji kacang almond per hari.

 

 

 

4. Rumput Laut

Rumput laut mengandung yodium uang baik untuk kelenjar tiroid kita. Rumput laut kering yang dinikmati bersama sushi atau salad juga bisa dikonsumsi sehari-hari. Hanya saja sebaiknya tidak sampai berlebihan, atau maksimal 150 mikrogram per hari, emski ibu hamil dan menyusui mungkin akan butuh lebih banyak.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh. Kandungannya yang kaya akan beta karoten, vitamin A, vitamin E, dan antioksidan sangat baik untuk dikonsumi secara rautin. Vitamin E bisa membantu produksi kolagen di dalam kulit dan antioksidan dapat mencegah inflamasi penyebab kerusakan kulit.

Menjaga pola makan yang lebih sehat bisa bantu menjaga kesehatan kulit lebih baik lagi. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading