5 Jenis Makanan Ini Bisa Cegah Munculnya Jerawat

Endah Wijayanti15 Mei 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 15 Mei 2022, 14:45 WIB
Skincare untuk Merawat Diri

Fimela.com, Jakarta Menjaga pola makan sehat menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat. Bagi yang punya wajah gampang jerawatan, mengatur pola makan yang lebih baik bisa jadi upaya paling aman untuk menjaga kesehatan kulit.

Melansir laman webmd.com, ada jenis makanan tertentu yang bila dikonsumsi dengan baik bisa bantu mencegah munculnya jerawat. Meski makanan bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi munculnya jerawat, setidaknya dengan memilih dan memilah makanan yang tepat dapat memengaruhi kondisi kesehatan kita secara keseluruhan dengan lebih baik lagi.

 

 

1. Makanan Kaya Serat

sarapan dengan oatmeal
Manfaat sarapan dengan oatmeal./Copyright shutterstock.com/g/puhhha

Makanan kaya serat bisa bantu mengontrol gula darah, yang baik untuk mencegah munculnya jerawat. Makanan kaya serat seperti oatmeal, kacang-kacangan, apel, dan wortel bisa dikonsumsi untuk menambah serat dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

2. Ikan Salmon

Daging Ikan Salmon
Ilustrasi Daging Ikan Salmon Credit: pexels.com/Huy

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3. Semakin rendah inflmasi di dalam tubuh, semakin kecil risiko wajah berjerawat. Selain itu, ikan salmon juga dapat bantu menurunkan kadar protein yang diproduksi tubuh, bernama IGF-1, yang dapat memicu munculnya jerawat.

 

3. Kacang Almond

Menggunakan Almond
Ilustrasi Kacang Almond Credit: pexels.com/pixabay

Orang yang kulit wajahnya gampang jerawatan biasanya kadar antioksidan seperti vitamin E dan selenium di dalam tubuhnya rendah. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kacang almond. Kacang-kacangan seperti kacang almond mengandung nutrisi yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan infeksi. Tentu saja konsumsinya jangan sampai berlebihan, atau maksimal 24 biji kacang almond per hari.

 

 

 

4. Rumput Laut

onigiri
ilustrasi nasi kepal/copyright Shutterstock

Rumput laut mengandung yodium uang baik untuk kelenjar tiroid kita. Rumput laut kering yang dinikmati bersama sushi atau salad juga bisa dikonsumsi sehari-hari. Hanya saja sebaiknya tidak sampai berlebihan, atau maksimal 150 mikrogram per hari, emski ibu hamil dan menyusui mungkin akan butuh lebih banyak.

5. Ubi Jalar

ilustrasi ubi jalar merupakan tanaman herbal/pexels
ilustrasi ubi jalar/pexels

Ubi jalar bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh. Kandungannya yang kaya akan beta karoten, vitamin A, vitamin E, dan antioksidan sangat baik untuk dikonsumi secara rautin. Vitamin E bisa membantu produksi kolagen di dalam kulit dan antioksidan dapat mencegah inflamasi penyebab kerusakan kulit.

Menjaga pola makan yang lebih sehat bisa bantu menjaga kesehatan kulit lebih baik lagi. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela