Sukses

Beauty

How To: Cara Mengaplikasikan Skincare yang Tepat di Pagi Hari Menurut Dermatologis

Fimela.com, Jakarta Kesadaran masyarakat akan pentingnya mengaplikasikan skincare yang semakin meningkat turut menghasilkan deretan tren, mulai dari produk hingga teknik mengaplikasikannya. Meski dunia skincare sudah berkembang, tidak semua orang memahami cara mengaplikasinya dengan tepat.

Dikutip dari Women Health Mag, setiap belahan dunia memiliki cara mengaplikasikan skincare yang berbeda. Di Korea Selatan, terkenal dengan 7 hingga 10 langkah mengaplikasikan skincare. Sementara di Amerika Serikat cukup tren dengan produk retinoid yang memiliki efek mencerahkan kulit.

Ada begitu banyak informasi soal skincare membuat yang masyarakat sering bingung. Namun menurut dr. Hadley King, dokter kulit dari New York City penting untuk menggunakan bahan yang berbda. Mulai dari retinol, asam hialuronat, vitamin C, hingga SPF.

"Secara umum, idenya adalah beralih dari produk paling ringan yang paling cepat diserap ke produk yang lebih berat. Saya tidak berpikir bahwa banyak langkah yang diperlukan untuk mencapai rejimen perawatan kulit yang menyeluruh,” kata Dr. King.

Untuk memastikan produk skincare yang diaplikasikan memberikan hasil maksimal, berikut cara mengaplikasikan skincare menurut dermatologis.

 

Rutinitas skincare di pagi hari

1. Pembersihan

Jangan pernah melewatkan tahapan ini saat bangun tidur. Banyak orang yang mengira tidak perlu mencuci wajah setelah bangun tidur. Padahal saat tidur, kulit tetap memproduksi minyak dan keringat. Sehingga saat bangun tidur bisa mencuci wajah dengan pembersih yang ringan, seperti pembersih gel atau foam.

 

2. Khusus kulit kering dan jerawat

Ketika menggunakan obat topikal untuk jerawat atau kondisi kulit lainnya, dermatologis merekomendasikan untuk mengaplikasikannya di pagi hari. Namun tetap perhatikan resep dokter sebelum digunakan, terutama yang diresepak dokter, seperti retinoid.

 

3. Toner

Menurut dr. King, toner menjadi langkah skincare yang opsional. Namun jika kamu memasukkannya dalam rutinitas skinare, harus diaplikasikan saat kulit bersih setelah cuci muka. Saat ini sudah banyak toner yang membantu melembabkan kulit dan eksfoliasi kulit. Gunakan toner di pagi hari sebagai rutinitas bahkan kamu bisa mengaplikasikannya sebagai primer.

 

4. Serum

Serum menjadi produk yang paling membingungkan dalam skincare. Beberapa dirancang untuk hidrasi, antioksidan tinggi, dan kandungan bahan aktif lainnya dengan konsentrasi tinggi. Dr. Mraz Robinson merekomendasikan untuk menggunakan serum antioksidan yang mampu mengatasi hiperpigmentasi dan penuaan dini.

 

5. Eye Cream

Produk ini cenderung lebih tipis dan ringan dibanding krim tebal. Kulit di sekitar mata sangat halus sehingga menjadi area pertama yang menunjukkan garis-garis halus dan kerutan. Sehingga krim mata harus menghidrasi area bawah mata dan mengatasi tanda-tanda penuaan. Cara mengaplikasikannya dengan mengetuk lembut ke tulang orbital menggunakan ujung jari manis dan hindari menarik kulit.

 

6. Pelembap

Kulit jenis apapun tetap membutuhkan pelembap untuk membantu terhidrasi dan lembap. Selain itu akan membantu menangkal kerutan, menjaga penghalang kelembapan, serta mengunci skincare sebelumnya yang sudah diaplikasikan. Gunakan pelembap dengan tekstur ringan di pagi hari.

 

7. Sunscreen

Terlepas dari usia, jenis kulit atau gaya hidup, semua orang harus memakai sunscreen setiap hari. Sunscreen menjadi mineral yang berada di atas kulit untuk menangkal sinar matahari sehingga tidak menembus kulit. Sunscreen mineral menjadi salah satu jenis sunscreen yang aman bagi kulit sensitif.

Simak video berikut ini

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading