Sukses

Beauty

How To: 5 Cara Memakai Lidah Buaya untuk Rambut Agar Bebas Masalah

Fimela.com, Jakarta Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki daun tebal dengan zat seperti gel di dalamnya. Tanaman ini juga sangat mudah ditanam di rumah dan tidak terlalu sulit dalam perawatan.  

Lidah buaya atau aloe vera ini dipercaya bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala hingga rambutmu. Manfaatnya seperti menenangkan kulit kepala yang gatal, membersihkan rambut secara mendalam, meningkatkan pertumbuhan, memperbaiki helai rambut, dan bahkan mengurangi kerontokan rambut.

Lalu bagaimana cara menggunakan lidah buaya kepada kulit kepala dan rambutmu? Berikut ulasannya, melansir healthshots.com.

1. Semprotan lidah buaya

Caranya dengan menambahkan 1/2 cangkir gel lidah buaya segar dan 1/4 cangkir jus jahe segar ke dalam blender. Blender bahan-bahan tersebut sampai tercampur dengan baik.

Setelah selesai, pindahkan campuran ke botol semprot. Semprotkan ke seluruh kulit kepala dan pijat selama sekitar 20 menit. Biarkan semalaman dan bilas saat pagi hari

2. Membuat minyak lidah buaya

Campurkan secangkir gel lidah buaya untuk memastikan tidak ada gumpalan. Tambahkan minyak kelapa dan gel lidah buaya ke dalam panci. Panaskan campuran sampai berhenti menggelegak dan residu menjadi gelap. Biarkan minyak mendingin. Saring minyaknya dan simpan dalam botol yang mudah digunakan.

Dapat menggunakannya 3 sampai 4 jam sebelum keramas rambut. Untuk hasil yang lebih baik, biarkan semalaman.

3. Kondisioner tanpa bilas dengan lidah buaya

Campurkan 1/2 cangkir gel lidah buaya dan 15 tetes minyak esensial lavender dalam mangkuk. Pindahkan ke botol pompa yang mudah digunakan. Oleskan di seluruh panjang rambut dan di kulit kepala setelah mencuci rambut.

4. Gunakan langsung ke kepala

Cara terbaik untuk menggunakan lidah buaya adalah dengan mengambil langsung gel lidah buaya dan langsung menerapkannya gel tersebut pada kulit kepala.

Caranya memotong daun dari tanaman lidah buaya fresh, gunakan sendok untuk mengumpulkan gel. Gosok gel atau campuran langsung ke kulit kepala dan diamkan selama satu jam.

Setelah itu, gunakan sampo ringan untuk mencuci rambut dan kulit kepala. Ulangi proses ini 2-3 kali seminggu, sesuai kebutuhanmu.

Jika sensitif terhadap lidah buaya, sebaiknya lakukan dengan hati-hati dan coba gosokkan sedikit gel ke pergelangan tangan terlebih dahulu, untuk melihat apakah ada reaksi, sebelum mengoleskannya ke kulit kepala.

5. Masker rambut

Masker rambut juga merupakan cara populer menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut. Lidah buaya dicampur dengan salah satu dari berikut ini, minyak jojoba atau putih telur.

Campuran kemudian dipijat ke kulit kepala dan rambut, lalu pakai topi mandi, dibiarkan selama 15 menit sampai 1 jam, setelah itu dibilas dengan sampo ringan.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading