Sukses

Beauty

Membiarkan Rambut Basah Kering Sendiri juga Ada Triknya

Fimela.com, Jakarta Siapa yang sering membiarkan rambut basah setelah keramas, kering dengan sendirinya? Ini adalah cara yang paling mudah, karena kamu hanya perlu keluar dari kamar mandi dan membiarkan udara mengeringkan rambut.

Namun, waktu yang dibutuhkan, tampilan saat rambut benar-benar kering, dan manfaat melewatkan alat penataan rambut menggunakan alat bisa sangat bervariasi tergantung pada cara mengeringkan rambut itu sendiri. Cara mengeringkan rambut juga bisa berbeda dari satu jenis dan tekstur rambut ke yang lain.

Membiarkan rambut kering dengan sendiri dinilai lebih cocok untuk kamu yang tinggal di iklim yang lebih hangat dan jika rambutmu tidak memiliki porositas rendah, serta pemilik rambut bertekstur, bergelombang, dan keriting. Dilansir dari byrdie.com, berikut ini adalah beberapa cara terbaik mengeringkan rambut basah tanpa alat.

1. Mulai dengan rambut yang telah dibersihkan

Jika kamu berencana mengeringkan rambut tanpa alat, pastikan rambut sudah benar-benar bersih, karena penumpukan produk akan mencegah kelembapan kondisioner atau produk lainnya mencapai rambut. Rambut harus dilembapkan dengan tepat agar berhasil dikeringkan dengan udara.

2. Pentingnya melembapkan rambut

Apapun jenis dan tekstur rambutmu, kelembapan adalah kunci keberhasilan mengeringkan rambut. Mulailah dengan kondisioner saat mandi dan keramas, lalu kondisioner tanpa bilas sesudahnya ke rambut basah. Rambut lurus atau bergelombang berisiko terlihat lebih lepek, jadi sesuaikan dengan jenis rambut dan hindari mengaplikasikan kondisioner di akar rambut.

 

 

3. Sisir rambut hanya saat basah

Prioritas saat mengeringkan rambut dengan udara adalah meminimalisir keriting. Mereka yang memiliki rambut keriting hampir selalu hanya menyisir rambut saat basah untuk menghindari gangguan pada ikal rambut.

Untuk rambut keriting, hindari menyisir rambut saat kering, ini akan mengendurkan ikal dan menciptakan definisi yang tidak merata di seluruh rambut. Rambut keriting dan tidak keriting sebenarnya tidak boleh disisir saat kering, terutama tanpa bantuan hidrasi atau pelembap. Dan gunakan sisir anti kusut atau yang bergigi lebar untuk digunakan pada rambut basah.

4. Menggunakan produk styling yang tepat

Jenis produk styling untuk diaplikasikan saat mengeringkan rambut akan bervariasi berdasarkan jenis rambut. Untuk rambut keriting, kamu mungkin membutuhkan produk kondisioner tanpa bilas, sedangkan untuk rambut lurus, penting untuk tidak membebani rambut dengan produk.

5. Hanya gunakan handuk microfiber

Menggunakan handuk microfiber akan membantu mempersingkat waktu pengeringan tanpa menyebabkan rambut kusut. Handuk katun biasanya bisa menciptakan lebih banyak gesekan dan lebih mengganggu rambut. Pastikan juga memeras kelebihan air dengan handuk untuk memastikan waktu pengeringan yang lebih singkat.

6. Jangan pernah tidur dengan rambut basah

Bahkan jika kamu tidur di atas sarung bantal sutra untuk mengurangi gesekan, kamu bisa membuat rambut kusut jika tidur dengan rambut basah. Pastikan jika kamu berencana mencuci rambut di malam hari, ada cukup waktu agar rambut benar-benar kering terlebih dahulu sebelum pergi tidur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading