Sukses

Beauty

Menjawab Rasa Penasaran Mengapa Uban Bisa Muncul

Fimela.com, Jakarta Uban muncul itu alami, semua orang pasti akan mendapatkannya dan biasanya muncul secara bertahap dari waktu ke waktu. Namun, mengapa rambut bisa menjadi uban?

Sebenarnya penjelasannya sederhana, sama seperti warna kulit dan mata, rambut terdiri dari melanin yang menentukan warna. Seiring bertambahnya usia, folikel rambut menghasilkan lebih sedikit melanin, yang mengakibatkan tidak adanya pigmen alami, pada akhirnya menjadi uban, seperti dilansir dari byrdie.com.

Tapi penuaan bukanlah satu-satunya penyebab munculnya uban. Ada alasan multifaktorial, seperti genetik, stres oksidatif, dan metabolisme. Setiap orang memiliki kombinasi faktor yang berbeda, yang bisa berkontribusi pada penyebab munculnya uban.

1. Genetika

Seperti yang telah disebutkan, gen adalah faktor utama kapan kamu mulai mendapati uban muncul. Folikel rambut menghasilkan lebih sedikit warna seiring bertambahnya usia, jadi setelah melewati siklus alaminya, ia akan mulai memunculkan uban di beberapa titik, yang dipengaruhi oleh genetika.

2. Stres

Sebuah studi menemukan bahwa saat tikus berada di bawah tekanan, bulu mereka berubah menjadi abu-abu, tapi belum jelas bagaimana kaitannya dengan manusia.

3. Merokok

Penelitian telah menemukan bahwa perokok lebih mungkin mengalami uban dini.

 

Usia rambut menjadi uban

Tidak ada angka usia tertentu saat orang mulai melihat munculnya uban. Sebagian besar uban cenderung terjadi pada usia 30an, tapi genetika juga berperan.

Sementara gen memiliki dampak besar, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan sejak orang mulai melihat uban pada usia yang berbeda, yaitu stresor dan faktor lingkungan yang berbeda. Yang pasti, kamu tidak bisa mencegah rambut berubah menjadi uban.

Tapi kamu bisa menyehatkan tubuh untuk menghindari kekurangan vitamin yang bisa menyebabkan uban dini. Tampaknya ada hubungan antara kekurangan vitamin D dan B12 dengan munculnya uban.

Suplemen dan diet kaya nutrisi ini bisa membantu mengurangi uban dini. Penting juga untuk mengelola stres karena ini bisa membahayakan kesehatan, yang berpotensi pada munculnya uban.

Sayangnya, tidak ada cara untuk mencegah uban muncul. Setelah sel induk melanosit di daerah tonjolan folikel habis, ini tidak bisa diubah lagi.

 

Cara merawat rambut uban

Rambut uban cenderung menjadi kekuningan dan teksturnya lebih kering. Ini mudah diperbaiki dengan menggunakan sampo ungu satu hingga dua kali seminggu untuk mengimbangi kekuningan.

Berinvestasilah juga dalam masker yang menghidrasi dan menutrisi yang sesuai untuk jenis rambut, mengatasi rambut kusut dan kasar. Apakah kamu juga sudah mulai mendapati uban muncul, Sahabat FIMELA?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading