4 Efek Samping Memakai Masker Wajah Setiap Hari

Fimela Reporter01 Jul 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 21:00 WIB
Masker Wajah

Fimela.com, Jakarta Banyak orang kebingungan tentang seberapa sering seseorang harus menggunakan masker wajah. Sederhananya, sesuatu yang berlebihan bukan berarti memberikan segudang manfaat. Hal ini berlaku juga bagi masker wajah. 

Masker wajah adalah produk kecantikan yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Variasi masker pun beragam, mulai dari masker buatan sendiri, sheet mask, hingga peel-off. Masing-masing varian masker memiliki keunggulannya tersendiri.

Namun, menggunakan masker wajah terlalu sering dapat memberikan efek samping pada kulit wajah. Ingin tahu apa saja efek samping memakai masker wajah setiap hari? Yuk, simak penjelasannya melalui artikel ini dikutip dari stylecraze.com!

 

Efek samping memakai masker wajah setiap hari

Pakai Masker
Ilustrasi perempuan sedang menggunakan masker wajah jenis sheet mask. Credits: pexels.com by Sam Lion

1. Dapat mengganggu keseimbangan pH kulit 

Memahami seberapa sering kamu harus menggunakan masker wajah adalah hal yang penting. Setiap jenis masker memiliki efek yang berbeda setiap kamu aplikasikan ke kulit. Apabila terlalu sering menggunakan tipe masker tertentu, kulitmu bisa kehilangan keseimbangan pH.

2. Menghilangkan minyak alami kulit

Salah satu fungsi masker wajah adalah menyerap minyak dan kotoran yang ada di pori-pori. Tentunya, hal tersebut sangat berguna apabila kamu menggunakan masker secara ideal. 

Ada saatnya, minyak alami pada kulitmu berdampak baik supaya kulit tetap terhidrasi. Penggunaan masker wajah yang berlebihan bisa menghambat produksi minyak alami kulit yang sebenarnya bermanfaat bagi kelembapan kulit.

 

 

Efek samping memakai masker wajah setiap hari

Sheet Mask
Ilustrasi jenis masker sheet mask yang banyak digemari. Credits: pexels.com by Sora Shimazaki

3. Menghilangkan nutrisi penting dari kulit

Masker wajah memang memiliki segudang manfaat bagi kulitmu. Terlebih lagi, beberapa jenis masker berkhasiat mengobati jenis permasalahan kulit tertentu. Sangat menggiurkan, ya?

Namun, kamu tetap harus mengetahui frekuensi ideal penggunaan jenis masker tersebut. Bisa jadi, apa yang masker tersebut anggap sebagai “masalah” tak seharusnya menghilang dari wajahmu. Salah satu contohnya ialah minyak alami dalam kulit. 

4. Menimbulkan jerawat

Efek samping memakai masker setiap hari yang satu ini adalah permasalahan wajah yang banyak orang takuti. Yup, menggunakan masker secara berlebihan bisa menimbulkan jerawat.

Jika kamu tak membersihkan masker hingga bersih, sisa masker bisa menutup pori dan akhirnya berubah menjadi jerawat. Oleh karenanya, kamu patut memperhatikan frekuensi pemakaian sekaligus membersihkan masker secara keseluruhan.

 

*Penulis: Ersya Fadhila Damayanti.

 

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓