Diary Fimela: Berawal dari Keresahan Seorang Ibu, Perawatan Tubuh dan Wajah Organik Diciptakan agar Aman Digunakan Seluruh Keluarga

Anisha Saktian Putri24 Jun 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 08:00 WIB
Eucalie Organics

Fimela.com, Jakarta Setiap ibu tentu ingin memberikan yang terbaik kepada keluarganya terutama untuk anak-anaknya, mulai dari apa yang dikonsumsi hingga apa yang dikenakan sehari-hari.

Hal serupa pun dirasakan oleh perempuan bernama Imelda yang ingin memberikan perawatan terbaik untuk keluarganya, salah satunya memilih perawatan tubuh yang tepat dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan jangka pendek dan panjang.

Sayangnya, ketika ia sedang hamil begitu sulit untuk mencari perawatan tubuh dari bahan organik dan bebas kimia. Apalagi ia memiliki pengalaman selama 10 tahun di bidang Chemical Engineering & Skin Care Expert Fomulator, maka tak heran jika ia sangat peduli terhadap kandungan yang ada di dalam suatu produk yang akan dikenakan.

Keresahan tersebut pun membuat dirinya berpikir untuk membuat produk perawatan tubuh dengan bahan-bahan natural yang aman dikenakan oleh seluruh anggota keluarga. Bermodalkan pengalaman, di tahun 2019 ia memberanikan diri untuk membuat brand personal care yang diberi nama Eucalie Organics.

"Dulu saat hamil cari-cari produk yang bebas bahan kimia itu sulit, kalau pun ada tidak 100 persen alami. Karena punya pengalaman di bidang chemical dan skincare saya pasti baca dulu kandungan yang ada di produk aman tidak dipakai saya hingga keluarga," ujar Imelda saat dihubungi Fimela.com.

Imelda menceritakan, setelah memulai bisnisnya, produk pertama yang diluncurkan ialah produk perawatan tubuh yang bisa digunakan untuk seluruh keluarga, ibu hamil, menyusui, anak-anak, serta seseorang dengan permasalahan kulit sensitive, eksim, maupun psoriasis.

"Karena fokus kami bikin untuk semua keluarga, jadi produk pertama kami itu perawatan tubuh mengedepankan formulasi yang aman dari anak-anak hingga dewasa. Mulai dari facial wash, body wash, anti aging hand & body cream. Semua produk ini cocok untuk bayi hingga yang memiliki kulit sensitif," tambahnya.

Alasan pentingnya bahan organik untuk perawatan tubuh

Eucalie Organics, credit: @eucalie_id
Eucalie Organics, credit: @eucalie_id

Setelah serangkai produk tersebut diluncurkan di pasaran melalui online, Imelda mengatakan respon dari masyarakat cukup baik. Tak mau berhenti di situ, ia dan tim pun meluncurkan kembali produk organik seperti hair care, skin care, body care, anti nyamuk, sanitizer, serta stress relief aromaterapi.

Memiliki komitmen untuk selalu menghasilkan produk berkualitas tinggi, maka semua produk tersebut menggunakan bahan-bahan organik premium yang diformulasikan melalui tahap research yang ketat.

Imelda memberi alasan mengapa ia sangat mengedepankan produk organik, karena impactnya terhadap kesehatan sangatlah besar. Bila tubuh terus menerus terpapar bahan kimia maka memiliki risiko jangka pendek dan panjang yang harus dihadapi.

"Jangka pendeknya itu kulit bisa iritasi, gatal, merah, hingga mual. Jangka panjang itu kita tidak sadari bisa terjadi 10 tahun setelahnya seperti bahan-bahan tidak bisa dihancurkan tubuh dan terjadi tumor hingga kanker. Maka dari itu saya punya pengetahun, jadi ingin mengajak masyarakat menggunakan produk organik, karena lebih baik mencegah dibandingkan mengobati," papar Imelda.

Selain itu, Eucalie Organics juga menerapkan konsep vegan friendly dan sustainable ingredients, yaitu dengan tidak menggunakan tumbuhan yang dilindungi/hampir punah, serta tidak menggunakan/menyakiti hewan dalam proses produksinya.

Diklaim produk organik yang beda dari yang lain

Eucalie Organics, credit: @eucalie_id
Eucalie Organics, credit: @eucalie_id

Jika biasanya produk organik memiliki teksture yang tidak berbusa dan licin digunakan, hingga aroma yang kurang enak. Namun, Imelda mengatakan jika Eucalie Organics ini memiliki teksture yang nyaman di kulit serta aroma menyegarkan.

Fimela pun telah mencoba shampo yang diklaim best seller, body wash, serta facial wash. Untuk shampo yang dikemas dengan botol warna hitam saat dibuka aroma peppermint pun langsung terasa.

Tak heran jika shampo ini memang mengandung peppermint, sphingony, serta rosemary. Saat diaplikasikan pada rambut, busa pun cukup banyak dibandingkan produk shampo organik dari brand berbeda yang pernah dicoba.

Ketika dibilas, aroma pun cukup lama bertahan dan membuat rambut cukup halus setelah busa dibilas. Begitu pun dengan body wash yang diformulasikan dengan lavender, bergamot, dan coconut oil, saat digunakan busa pun cukup banyak dan tidak licin di kulit setelah dibilas. Aroma essential pun cukup menyegarkan.

Lalu, facial wash yang mengandung baobab, lavender, dan bergamot pun setelah dibilas membuat wajah lembap, kenyal, tanpa rasa kering.

Mempermudah dalam mencari produk tubuh dan wajah alami

Imelda founder Eucalie Organics
Imelda founder Eucalie Organics

Imelda mengatakan produk ini dibuat pun untuk mempermudah masyarakat mengetahui kandungan yang alami untuk tubuh dan wajah. Tanpa harus kebingungan melihat label kandungan di produk.

Sebab, Imelda mengatakan goalsnya bukan hanya untuk keuntungan pribadi semata. Melaninkan untuk menyadarkan dan mengedukasi masyarakat pentingnya health lifestyle dari produk yang digunakan.

"Kami ingin mempermudah masyarakat memilih kandungan alami, karena produk kami sudah benar-benar diteliti. Bahkan beberapa produk kami cocok untuk new born," paparnya.

#women for women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela