5 Cara Menggunakan Madu untuk Wajah, Jadi Masker Alami Bikin Kulit Glowing

Nabila Mecadinisa04 Agu 2022, 20:30 WIB
Diperbarui 04 Agu 2022, 20:30 WIB
Masker madu

Fimela.com, Jakarta Madu adalah produk alami yang baik untuk kesehatan, termasuk kulit. Oleh sebab itu, penggunaan madu sering dimanfaatkan untuk merawat kulit, mengatasi ragam problematika kulit mulai dari kulit kering, kusam, hingga berjerawat. Untuk memaksimalkan khasiatnya, Sahabat Fimela bisa memanfaatkan madu sebagai masker. 

Penggunaan masker madu ke wajah juga sangat sederhana. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit dan jenis kulit. Baik bagi kamu pemilik kulit kering, berminyak, hingga berjerawat, siapkan madu dan bahan pendukung lainnya untuk dijadikan masker wajah dengan khasiat yang menjanjikan. 

1. Madu untuk kulit berjerawat

Bagi kanu yang memiliki kulit berjerawat, penggunaan madu  bisa dibantu dengan baking soda. Baking soda bersifat untuk meredakan peradangan pada kulit. Pastikan untuk mencampurkan madu murni dan baking soda pada wadah dan campur dengan sedikit air. 

Jika sudah berbentuk pasta, oleskan pada wajah hingga leher dan diamkan selama 15 menit. Jika sudah, bilas dengan air dingin.

2. Madu untuk kulit berminyak

Khasiat Masker dari Bahan Madu dan Susu
Madu dan Susu / Sumber: iStockphoto

Di saat kamu ingin menggunakan madu untuk kulit berminyak, maka kamu bisa mencampur madu dengan clay mask. Caranya sangat mudah, cukup campurkan madu dan clay mask secukupnya, tambahkan sedikit cuka apel. Jika sudah, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin. 

 

3. Madu untuk kulit sensitif

Khasiat Masker dari Bahan Madu dan Susu
Manfaat madu untuk kulit / Sumber: iStockphoto

Teh hijau dan madu adalah 2 bahan yang bisa memiliki sifat antiperadangan. Jadi, 2 bahan ini akan sangat membantu kulit Moms yang sensitif dan sedang meradang atau merah. Campurkan bubuk teh hijau dan madu, lalu oleskan pada wajah. Jika sudah, diamkan selama beberapa detik dan bilas dengan air. 

4. Madu untuk kulit kering

Masker madu
Cara menggunakan madu untuk wajah. | via: ahlanwasahlan.co.uk

Kombinasikan madu dan alpukat untuk memaksimalkan kondisi kulit kering kamu. Lemak baik pada alpukat secara seketika akan melembapkan kulit dan khasiat madu akan membantu melembakpan sekaligus mencerahkan kulit. 

 

5. Madu untuk anti aging

Menggunakan Masker Madufi
Ilustrasi Madu Credit: unsplash.com/Alexander

Telur mengandung lutein yang bisa membantu menghidrasi dan memperbaiki sel kulit mati. Perpaduan antara madu dan putih telur pun bisa menjadi perpaduan sempurna untuk memperlambat proses penuaan kulit wajah. Campurkan putih telur, madu dan frankincense hingga merata. Kemudian aplikaskan ke wajah dan juga leher. Hindari area mata.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela