Sukses

Beauty

Apa Penyebab Flek Hitam yang Bikin Tak Percaya Diri? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Mungkin masalah satu ini kerap dialami oleh banyak orang terutama hal ini dapat menjadi musuh kebanyakan perempuan. Flek hitam atau bintik hitam dapat membandel dan disebabkan karena terlalu lama oleh paparan sinar matahari ia membuat kulit wajah menjadi kusam dan flek hitam akan semakin terlihat.

Flek hitam umumnya tidak berbahaya dan tidak membutuhkan pengobatan akan tetapi flek hitam dapat dihilangkan dengan menggunakan skin care atau sunscreen di setiap pagi hari. Meskipun tidak dapat membuat flek hitam menghilang setidaknya dapat memudarkan.

Perawatan wajah yang tidak maksimal tentu dapat memberikan bintik hitam di sekitar wajah, selain itu hal ini tentu membuat banyak perempuan tidak nyaman. Berikut beberapa penyebab flek hitam yang dapat terjadi dan perlu kamu tahu:

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari ternyata dapat memunculkan bintik hitam di sekitar wajah, apalagi jika kamu sering berada di luar ruangan tentu akan lebih sering terpapar dalam waktu yang cukup lama hal ini dapat menimbulkan flek hitam di wajah.

Sinar matahari tentu memancarkan radiasi UVA dan UVB pada kulit sehingga dapat menyebabkan berbagai dampak atau masalah buruk pada kulit melanin hal ini yang dapat merangsang produksi Melanin, pigmen main warna pada kulit yang berlebihan.

2. Faktor Genetik

Tak hanya paparan sinar matahari, ternyata kita juga dapat disebabkan oleh faktor genetik berdasarkan dari keluarga yang sedang mengalami kondisi tersebut. Saat keluarga kamu mengalami kondisi satu ini maka dapat terjadi kepadamu. Itu ternyata faktor genetik juga dapat berperan penting sekitar 20 hingga 70% pada seseorang.

3. Perubahan Hormonal

Pada kondisi tertentu ternyata tubuh dapat mengalami perubahan perubahan yang dapat mempengaruhi atau salah satu masalah hormon yang berkaitan dengan masalah kulit adalah saat mereka sedang mengalami menstruasi atau hamil. Meningkatnya hormon estrogen pada perempuan karena mempengaruhi produksi Melanin pada kulit dan memunculkan flek hitam.

4. Efek Samping Obat atau Kosmetik

Tak dipungkiri banyak perempuan yang menggunakan kosmetik, beberapa penggunaan kosmetik yang berlebih tentu dapat memberikan efek samping yang buruk. Tak hanya kosmetik beberapa diantara mereka saat mengkonsumsi obat seperti pil KB atau beberapa obat lainnya ternyata dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah.

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang mengalami bintik hitam atau flek hitam yang bikin tak percaya diri. Untuk mengatasi masalah satu ini sangat diperlukan penggunaan sun screen meskipun tidak menghilangkan flek hitam sepenuhnya akan tetapi sunscreen dapat memberikan pengaruh baik atau memudarkan flek hitam pada wajah.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading