Sukses

Beauty

Makanan Manis Memang Enak, Tapi Yakin Sudah Tahu Efeknya pada Kulit?

Fimela.com, Jakarta Menikmati makanan manis memang bisa memberikan sensasi healing tersendiri. Ada kepuasan yang dirasakan ketika kudapan bercita rasa manis masuk ke dalam mulut. Kenikmatan dan rasa bahagia bisa bercampur jadi satu.

Namun, di balik kenikmatannya, sudah tahu kalau makanan manis juga dapat mempengaruhi kondisi kulit? Cari tahu lebih lanjut yuk, Sahabat Fimela!

Berpotensi Memicu Penuaan Dini

Kerutan halus yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia mungkin jadi salah satu hal yang wajar. Namun, kalau yang muncul adalah tanda penuaan dini jelas jadi 'mimpi buruk' tersendiri.

Ada banyak faktor yang bisa memicu penuaan dini, mulai dari radiasi sinar matahari hingga kebiasaan diet sehari-hari. Misalnya saja terlalu banyak konsumsi gula yang masuk ke dalam tubuh. Terlalu banyak kandungan gula atau glukosa ternyata bisa menurunkan elastisitas kolagen yang memicu munculnya kerutan halus.

Jerawat yang Semakin Bertambah

Tiba-tiba jerawat semakin bertambah, padahal kamu masih melakukan perawatan kulit secara rutin? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh kebiasaan diet yang dilakukan sehari-hari, seperti terlalu banyak konsumsi gula.

Berbagai penelitian telah menemukan hubungan antara tingginya asupan gula dengan munculnya jerawat pada kulit. Selain itu, ada juga penelitian yang menemukan hubungan antara pola diet yang mengonsumsi makanan olahan susu dan kadar gula yang tinggi dapat memicu hormon yang dapat menyebabkan jerawat.

Memicu Iritasi Kulit

Beberapa penelitian menunjukkan pengaruh menikmati makanan dengan kadar gula tinggi dapat memicu reaksi kulit yang berhubungan dengan inflamasi, misalnya saja psoriasis dan eczema.

Bagi yang mengalami kondisi kulit tersebut, disarankan untuk mengurangi asupan gula di dalam tubuh. Nggak hanya mencegah iritasi kulit, tapi juga berpotensi meningkatkan risiko kesehatan kulit dan bagian tubuh lainnya.

Bikin Wajah Banjir Minyak

Sebum dan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh memang berperan untuk menjaga kelembapan alami kulit. Namun, minyak alami kulit ini bisa mengalami produksi berlebihan yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah munculnya jerawat karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan indeks glikemik yang tinggi bisa mengaktifkan hormon yang memicu produksi minyak alami di dalam tubuh. Minyak alami ini sendiri fungsinya memang untuk melembapkan kulit, tapi produksi secara berlebihan tentu saja bisa menjadi salah satu penyebab jerawat.

Itu tadi beberapa hal yang bisa terjadi pada kulit jika mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi secara berlebihan. Yuk, mulai perhatikan konsumsi diet harianmu, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading