Sukses

Beauty

5 Produk Skincare yang Harus Ada dalam Rutinitas Perawatan Kulitmu untuk Dapatkan Hasil Maksimal

Fimela.com, Jakarta Tujuan dari penggunaan rutin produk skincare adalah untuk membuat kondisi kulit wajah menjadi membaik. Penggunaan skincare juga ditargetkan untuk menyelesaikan masalah kulit wajah yang ada di area tertentu. Selain ditujukan untuk mengatasi masalah kulit, penggunaan skincare juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan kulit wajah.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang salah dalam urutan pengaplikasian skincare yang menimbulkan pertanyaan seperti "mengapa tidak ada perubahan yang signifikan di wajah saya?" dan "mengapa skincare saya tidak bekerja?" Oleh karena itu, langkah-langkah menggunakan skincare wajib dipahami agar skincare dapat bekerja secara maksimal. 

Terdapat tiga hal utama yang wajib dilakukan dalam pengaplikasian skincareyaitu cleansing, toning, dan moisturizing. Berikut merupakan 5 tips rutinitas perawatan kulit yang wajib diketahui agar skincare dapat bekerja secara maksimal yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cleansing

Mencuci wajah merupakan hal yang paling mendasar dalam urutan skincare routine yang benar. Seorang dokter di New York City, Dr. Carlos Charles mengatakan bahwa kulit kita rentan untuk terkena polusi dan kotoran setiap harinya yang mengharuskan kita untuk membersihkannya secara rutin.

Mengutip dari The New York Times, ada beberapa hal yang harus diperhatikan soal mencuci wajah, salah satunya yaitu menemukan facial wash yang tepat sesuai dengan kondisi dan tipe kulit. Hindari produk yang dapat menyumbat pori-pori wajah (comedogenic). Perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam facial wash yang akan digunakan. Jika mengandung coconut oil dan cocoa butter, kemungkinan besar produk tersebut merupakan produk comedogenic karena kedua bahan tersebut diketahui dapat menyumbat pori-pori wajah. 

Mencuci wajah tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena akan membuat kulit menjadi kering bahkan sampai mengelupas. Cucilah wajah dua kali sehari pada pagi dan malam untuk mengatasi pori-pori yang tersumbat, kulit kusam, dan jerawat.

2. Toning

Langkah kedua yang wajib dilakukan dalam skincare routine adalah penggunaan toner. Selain untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel setelah selesai mencuci muka, toner juga berfungsi sebagai suplemen wajah. Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh toner diantaranya adalah memberikan nutrisi ekstra, membantu produk lain dalam urutan skincare routine untuk dapat menyerap lebih baik dan juga membantu untuk menyeimbangkan pH kulit wajah.

Cara mengaplikasikan toner sangat mudah yaitu dengan menggunakan telapak tangan secara langsung dan menepukkannya dengan lembut ke wajah atau dengan menggunakan kapas. Toner dapat diaplikasikan dua kali sehari pada pagi dan malam tergantung jenis dan kandungan yang ada di dalam produk toner tersebut. Jika toner mengandung bahan untuk eksfoliasi, maka penggunaanya harus dikurangi menjadi satu kali sehari. 

3. Serum

Serum merupakan produk sahabat wajah yang sangat berpengaruh bagi kulit. Mengandung bahan aktif yang terkonsentrasi, serum bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, bintik hitam, hingga masalah kerutan di wajah. Mengutip dari MasterClass.com, terdapat beberapa kandungan serum yang memiliki fungsi berbeda untuk kulit, berikut penjelasannya.

- Kandungan Vitamin C dalam serum cocok digunakan bagi yang memiliki masalah hyperpigmentation dan ingin mencerahkan kulitnya. Serum ini juga cocok untuk digunakan di pagi hari karena dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat hinggap di kulit saat berkegiatan di luar ruangan.

- Serum yang cocok digunakan di malam hari adalah serum yang memiliki kendungan hyaluronic acid di dalamnya. Hal ini akan membantu menjaga kulit untuk tetap lembab dan tidak kering selama tertidur. 

- Untuk eksfoliasi wajah menggunakan serum, dapat menggunakan serum yang memiliki kandungan alpha-hydroxy acids (AHA) atau lactic acid.

4. Moisturizing

Moisturizer berfungsi sebagai pelembab yang dapat melembutkan kulit. Produk yang satu ini dapat berperan sebagai pencegah berkurangnya cairan yang ada di lapisan kulit wajah. Selain itu, moisturizer juga dapat menjadi pelengkap minyak alami yang biasanya dihasilkan dalam kulit. Kemampuan kulit dalam mempertahankan kelembapan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, penggunaan moisturizer merupakan hal yang wajib ada dalam rejimen skincare routine.

Terdapat beberapa rekomendasi jenis moisturizer untuk tipe kulit yang berbeda. Untuk kulit berminyak disarankan menggunakan moisturizer gel. Lalu, untuk kulit noermal-kombinasi, moisturizer yang cocok adalah moisturizer lotion. Tipe kuli kering lebih cocok menggunakan moisturizer dengan bahan cream. Sedangkan tipe kulit sensitif disarankan untuk menggunakan moisturizer balm.

5. Sunscreen

Urutan terakhir yang wajib ada dalam skincare routine adalah sunscreen. Mengaplikasikan sunscreen setiap hari secara rutin dapat membantu mencegah munculnya garis-garis halus pada kulit, ketidamerataan tekstur, dan juga mengecilkan tampilan pori-pori wajah. Menggunakan sunscreen setiap hari juga diklaim dapat mencegah pembentukan kanker kulit tertentu. Para ahli menyarankan untuk menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30.

 

*Penulis: Frida Anggi Pratasya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading