Pakai Krim Dokter, 6 Trik Ini Bisa Bantu Makeup Tetap Menempel Sempurna

Nabila Mecadinisa20 Sep 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 19:00 WIB
makeup-kezo

Fimela.com, Jakarta Kulit yang sehat bagaikan kanvas sempurna untuk melukis. Artinya, dengan kulit yang sehat maka makeup akan menempel dengan baik dan memberikan hasil akhir riasan yang tampak flawless. Meskipun kita sudah menggunakan produk makeup sultan sekalipun, namun di saat kulit sedang tidak dalam kondisi optimal, maka makeup yang diaplikasikan tidak akan terlihat bagus. 

Banyak perempuan yang menyerahkan kondisi kulit mereka kepada dokter terpercaya. Namun sayangnya, formulasi krim dokter kerap menyebabkan kulit menjadi terkelupas dan menjadikan makeup sulit menempel pada permukaan kulit. Selain itu, masalah kulit lainnya yang bisa terjadi adalah kulit menjadi kering dan jadikan makeup tidak tahan lama. 

Lalu, apa yang harus dilakukan agar kulit yang menggunakan krim dokter tetap bisa memiliki makeup yang bagus dan flawless? Simak cara yang harus diikuti berikut ini. 

Hentikan penggunaan krim dokter sementara

Ilustrasi Pengaplikasian Primer/Makeup
Ilustrasi krim dokter. (Ilustrasi: Shutterstock)

Saat ada agenda khusus yang mengharuskan kamu menggunakan makeup, maka pastikan untuk menghentikan sementara penggunaan krim dokter. Menurut sejumlah makeup artist ternama, ada baiknya untuk memberi waktu setidaknya satu bulan sebelum hari penting tersebut untuk berhenti memakai krim dokter.

Jika kamu merasa takut kulit kembali kusam atau jerawat kembali muncul, setidaknya hentikan dua minggu sebelum hari H. 

Pastikan hidrasi kulit dengan baik

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menghidrasi kulit dengan baik. Usahakan untuk mencukupi asupan air agar kulit tetap sehat, kenyal, dan bercahaya, yang menjadikan makeup bisa menempel sempurna. 

Gunakan masker wajah seminggu dua kali

Ilustrasi sheet mask
Gunakan sheet mask secara teratur (pexels/sorashimazaki).

Gunakan masker wajah yang fokus untuk menghidrasi kulit secara mendalam. Pastikan untuk memakai masker tersebut minimal dua kali dalam satu minggu. Dengan cara ini, maka akan membantu menghidrasi kulit dan memperkuat skin barrier, sehingga kulit jadi lebih sehat dan kuat. 

Pastikan untuk selalu gunakan moisturizer

Memiliki kulit kering, berminyak, bahkan berjerawat sekalipun, penggunaan pelembap sangat tidak boleh disepelekan. Jangan lupa untuk menggunakan moisturizer pada pagi dan malam hari untuk menjaga kelembapan kulit dan mengoptimalkan kulit jadi lebih kuat. Pilihlah pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit sehingga tidak menimbulkan masalah kulit lainnya saat lepas dari krim dokter dan membuat makeup lebih menempel dengan baik.

 

Gunakan primer sebelum menggunakan foundation

Ilustrasi primer
Ilustrasi primer Credit: pexels.com/shutterstock.com

Jangan lupa untuk menggunakan primer sebelum memakai foundation. Pilihlah primer yang bisa memberikan hidrasi pada kulit dan berikan waktu agar primer meresap sempurna di kulit sehingga bisa membantu makeup jadi lebih nempel serta tahan lama. 

Pilih foundation sesuai jenis kulit

Pilih foundation sesuai dengan jenis kulit. Di saat kulit sedang dalam kondisi terkelupas atau kering, maka foundation dengan infusi skincare bisa jadi pilihan yang menjanjikan untuk digunakan, sehingga kulit tampak lebih sehat dan bisa menghindari makeup jadi cracking. 

 

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela