Sukses

Beauty

5 Bahan Alami untuk Mencerahkan Siku dan Lutut yang Gelap

Fimela.com, Jakarta Siku dan lutut adalah dua bagian tubuh yang rawan berwarna gelap. Tampilannya yang lebih gelap ketimbang kulit lain seringkali membuat kita tidak percaya diri dan mencari berbagai cara untuk mencerahkannya. 

Dikutip dari healthline, beberapa faktor yang dapat menyebabkan siku dan lutut gelap antara lain penumpukan sel kulit mati, hiperpigmentasi yang disebabkan paparan sinar matahari, konsumsi pil KB, dan juga bekas luka yang tidak hilang seutuhnya. Orang dengan tone asli yang gelap memiliki potensi tinggi siku dan lutut yang lebih gelap. 

Namun Sahabat Fimela gak perlu pusing lagi memikirkan hal tersebut. Berikut adalah 5 bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan siku dan lutut gelapmu.

Lidah Buaya

Sebuah penelitian pada tahun 2012 menunjukkan bahwa lidah buaya dapat mencerahkan kulit. Hal ini terjadi karena terdapat proses bernama stimulasi reseptor alfa adrenergik pada saat mengoleskan lidah buaya ke kulit. Carilah gel lidah buaya dan oleskan ke siku dan lutut sebanyak dua kali sehari.

Baking Soda

Baking soda memiliki dua fungsi sekaligus yaitu untuk eksfoliasi dan juga pencerah kulit yang dapat membantu merawat siku dan lutut yang gelap. Caranya cukup dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan air dan oleskan langsung ke siku dan lutut. Diamkan sekitar 10 sampai 15 menit dan kemudian bilas. Ulangi dua kali per minggu.

Jeruk

Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa produk yang mengandung ekstrak buah jeruk sangat membantu dalam mencerahkan kulit gelap akibat paparan sinar matahari. Kamu bisa memanfaatkan lemon atau buah jeruk lainnya untuk lutut dan siku gelap. Cukup peras buah jeruk ke dalam cangkir. Lalu gunakan kapas atau kain lap untuk mengoleskan air perasan langsung ke siku dan lutut. Kamu bisa melakukan proses ini setiap hari.

Oatmeal dan Yogurt

Sifat menenangkan dari oatmeal dan yogurt dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit kering. Hal tersebut juga dapat terjadi pada lutut dan siku kamu. Campurkan oatmeal dan yogurt dengan perbandingan yang sama hingga tercampur rata, lalu oleskan pada siku dan lutut, kemudian biarkan hingga 20 menit sebelum dibilas.

Kunyit

Bubuk kunyit dapat membantu berbagai kondisi kulit saat digunakan sebagai pasta, salah satu satunya adalah kulit gelap. Campur pasta kunyit dengan air, lalu oleskan langsung ke siku. Diamkan hingga 10 menit lalu bilas.

Sahabat Fimela bisa memanfaatkan 5 bahan di atas untuk hasil siku dan lutut yang lebih cerah. Selamat mencoba!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading