Anak Sandra Dewi Derita Dermatitis Atopik, Ini Perawatan yang Dilakukan

Vinsensia Dianawanti19 Sep 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 19 Sep 2022, 10:00 WIB
5 Aksi Gemas Raphael Moeis Anak Sandra Dewi, Jualan Es Krim Hingga Ingin Naik Bajaj

Fimela.com, Jakarta Sandra Dewi mengakui bahwa menjadi ibu bukanlah peran yang mudah. Hal ini disampaikan dalam Anniversary ke-3 Momami beberapa waktu lalu. Sandra Dewi belajar banyak hal baru setiap harinya sebagai seorang ibu. Bukan cuma soal perkembangan anak, melainkan juga bagaimana merawat kulit mereka tetap sehat.

Sandra Dewi tidak menemukan tantangan yang berarti setelah melahirkan anak pertamanya untuk soal perawatan kulit.

"Pas lahiran anak pertama semua mulus. Dari lahiran. Mau sesar tapi jadinya normal. Anak pertama all good. Anak kedua beda banget sama pertama. Nakalnya luar biasa. Kakakmya ngapain aja jago, tapi yang kedua (adiknya) ngapain aja gamau. Pas lahir, mulus. Tiba tiba mukanya bercak," cerita Sandra Dewi.

Setelah diperiksa lebih lanjut oleh dokter anak, rupanya Mikhael Moeis, anak kedua Sandra Dewi, mengalami dermatitis atopik. Kondisi ini merupakan salah satu kelainan kulit dermatitis atau eksim yang terjadi akibatnya adanya peradangan kulit.

 

Perawatan yang dilakukan Sandra Dewi

Anak Sandra Dewi Derita Dermatitis Atopik, Ini Perawatan yang Dilakukan
Sandra Dewi lakukan perawatan ini untuk anaknya yang derita dermatitis atopik

Menurut pemeriksaan dokter, Raphael memiliki dermatitik atopik dari hormon sang ibu selama masa kehamilan. Di mana Sandra Dewi mengalami masalah kulit yang membuat kulitnya menjadi lebih kering akibat perubahan hormon.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, Sandra Dewi kemudian lebih selektif dalam memilih produk untuk perawatan kulit sang anak. Sandra Dewi pun memilih menggunakan lotion dari Momami yang juga direkomendasikan oleh dokter anak. Menurutnya, penggunaan sampo dan lotion yang tepat akan membantu mengurangi kambuhnya eksim di kulit Raphael.

Setelah tiga bulan, Raphael kembali mendapati kulitnya mulus seperti sewaktu setelah dilahirkan. Semakin besar, Sandra Dewi mengaku juga menjadi lebih intens dalam memberikan perhatian pada kondisi kesehatan kulit sang anak.

 

Terapkan kebiasaan bersih

Kedua anak Sandra Dewi termasuk anak-anak yang aktif dengan melakukan banyak aktivitas di luar ruangan. Sehingga lebih mudah berkeringat dan terpapar sinar matahari. Jika sudah begini, kulit sang anak akan lebih mudah muncul kemerahan dan eksim. Biasanya setelah berkeringat, Sandra Dewi akan langsung membasuh anak-anak dengan handuk basah kemudian diaplikasikan sunscreen khusus anak-anak. Sehingga mengurangi potensi kemerahan dan eksim.

Sandra Dewi sudah menanamkan kebiasaan bersih kepada anak-anaknya sejak dini. Bahkan sebelum pandemi COVID-19 terjadi. Sehingga kini bukan hal yang sulit bagi Sandra Dewi untuk mengarahkan anak-anak segera mandi dan bebersih setelah beraktivitas di luar rumah.

"Anak dengan dermatitis atopik, apa-apa harus bersih. Habis makan cuci muka, pegang apa aja cuci muka. Pulang dari luar, mandi. Dengan kulit yang seperti itu harus menerapkan kebersihan."

"Ngga sulit menerakan kebersihan. Karena sudah dilatih sebelum pandemi," tutup Sandra Dewi.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela