Sukses

Beauty

Dari Produk Skincare Hingga Bahan Alami, Ini Cara Ampuh Menghilangkan Komedo di Pinggir Bibir

Fimela.com, Jakarta Komedo merupakan gumpalan kecil yang menyerupai beruntusan. Munculnya komedo pada kulit biasanya disebabkan oleh minyak, bakteri, dan kulit mati yang menghambat pori-pori. Hal tersebut menyebabkan pori-pori kulit menjadi terbuka yang mengakibatkan rentan terekspos oleh udara. Sehingga pada akhirnya menyebabkan pori-pori menjadi terlihat lebih gelap dan menyerupai titik-titik hitam.

Komedo dikategorikan sebagai jenis jerawat ringan dan dapat muncul dimana saja, mulai dari hidung, jidat, dada, leher, hingga punggung. Sebagian orang bahkan memiliki komedo yang muncul di sekitar bibir, biasanya di bagian pinggir bibir. Hal ini dapat terjadi jika tangan, rambut, handphone, atau benda lain seperti sarung bantal mentransfer minyak dan bakteri ke bagian tersebut.

"Komedo adalah hasil dari penyumbatan pori-pori kulit yang terbuka lebar, sehingga minyak yang terperangkap dapat terlihat dengan jelas. Tidak jarang ditemui komedo yang muncul di sekitar bibir, karena konsentrasi kelenjar minyak tergolong tinggi pada bagian ini," ungkap Joshua Zeichner, seorang Dermatologist seperti yang dikutip dari wellandgood.com.

Komedo di pinggir bibir atau di bagian tubuh lain dapat berubah menjadi jerawat yang meradang jika tidak segera diobati. Ini dapat terjadi karena minyak dan bakteri dibiarkan menumpuk. Oleh karena itu, berikut merupakan cara ampuh menghilangkan komedo di pinggi bibir yang dirangkum dari berbagai sumber.

Rangkaian Skincare yang Tepat untuk Menghilangkan Komedo di Pinggir Bibir

Salicylic Acid

Salicylic acid merupakan obat jerawat yang umum digunakan. Ia berfungsi untuk mengurangi minyak dan menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyebabkan munculnya komedo. Salicylic acid dapat ditemukan di banyak produk skincare seperti face wash, krim, gel, salep, cleansing pads, toner, dan scrub.

Namun, mengutip dari healthline.com, jika salicylic acid terlalu banyak mengurangi minyak, maka kulit akan terasa kering. Oleh karena itu, mulailah dengan melakukan patch test untuk melihat reaksi kulit terhadap bahan yang satu ini.

Sulfur

Sulfur dapat menghilangkan komedo dengan membuka pori-pori. Sifat antibakteri yang dimiliki sulfur sangat bermanfaat untuk melawan bakteri yang menyebabkan jerawat. Biasanya, sulfur tersedia sebagai spot treatment. Terdapat anjuran penggunaan pada packaging produk sulfur yang harus diperhatikan. Meskipun sulfur tidak begitu keras, namun produk yang satu ini tidak boleh diaplikasikan ke seluruh wajah karena hanya merupakan spot treatment saja.

Retinoid

Untuk komedo yang membandel di pinggir bibir, dapat menggunakan retinoid sebagai solusinya. Retinoid bekerja dengan mengontrol minyak berlebih dan meluruhkan sel kulit mati. Terbuat dari vitamin A, retinoid dapat menembus lapisan bawah kulit dan membuka pori-pori.

Mengutip dari medicalnewstoday.com, retinoid dapat diaplikasikan langsung ke bagian munculnya komedo yang nantinya akan bekerja dengan mengecilkan ukuran komedo dan mencegah munculnya komedo baru. Retnoid terdapat pada produk skincare dalam bentuk gel, krim, ataupun serum. Hindari paparan sinar matahari ketika menggunakan retinoid karena dapat menyebabkan iritasi, kekeringan, dan pengelupasan kulit.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo di Pinggir Bibir

Madu

Madu merupakan antibiotik alami yang dapat melawan bakteri penghambat pori-pori yang menyebabkan komedo. Selain itu, madu juga memiliki kandungan hydrogen peroxide yang dapat membunuh bakteri pada kulit. Cara menggunakan madu untuk menangani komedo membandel pada pinggir bibir adalah dengan menggunakannya sebagai masker.

Oleskan madu ke pinggir bibir atau bagian lain yang terdapat komedo denga menggunakan jari. Pastikan jari sudah bersih agar terhindar dari bakteri. Setelah itu, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat atau bisa juga menggunakan kain yang sudah dicelup ke air hangat. Untuk hasil yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan madu mentah.

Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan bahan alami yang sangat baik untuk menghilangkan komedo. Memiliki sifat antibakteri, tea tree oil mampu membunuh semua bakteri yang menyebabkan munculnya komedo. Terkenal sangat ampuh untuk treatment komedo, tea tree oil juga dapat menyebabkan iritasi jadi harus diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Cara mengaplikasikan tea tree oil sangat mudah yaitu hanya dengan mencampurkan 2 tetes tea tree oil dengan carrier oil seperti grapeseed oil, lalu aplikasikan ke wajah sebagai moisturizer. Cara lainnya adalah mencampurkan 3 tetes tea tree oil dengan 2 ons witch hazel atau air. Lalu plikasikan ke wajah atau area pinggir bibir dengan menggunakan kapas.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading