Sukses

Beauty

5 Tips agar Hasil Catokan Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Saat ini mencatok rambut sudah menjadi rutinitas harian bagi banyak perempuan. Mencatok membuat tampilan rambut terlihat lebih rapi dan lebih stylish. Untuk menunjang penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri, banyak perempuan yang rela menyisihkan waktunya untuk mencatok rambut sebelum memulai beraktivitas. Tapi sayangnya terkadang waktu yang disisihkan untuk mencatok rambut terasa terbuang sia-sia karena hasil catokan tidak tahan lama.

Buat kamu yang masih struggle dengan hasil catokan yang tidak tahan lama, kamu bisa simak lima tips di bawah ini agar waktu mencatok rambut tidak terbuang sia-sia.

1. Bersihkan Rambut Terlebih Dahulu Menggunakan Shampo dan Kondisioner yang Melembapkan

Sebelum mencatok pastikan rambutmu dalam kondisi yang bersih. Rambut yang kotor dan berminyak akan membuat hasil catokan menjadi lepek dan cenderung susah diatur. Sebelum mencatok kamu bisa membersihkan rambutmu terlebih dahulu menggunakan shampo yang melebapkan. Memilih shampo yang melembapkan sangat penting karena rambut yang lembap akan lebih mudah diatur. Setelah membersihkan rambut menggunakan shampo, gunakanlah kondisioner untuk memaksimalkan kelembapan rambut.

2. Jangan Berlebihan dalam Menggunakan Heat Protection

Memakai heat protection memang sangat penting untuk melindungi rambut dari panasnya alat catok. Namun penggunaan heat protection yang berlebihan dapat membuat rambut lepek dan terlalu berminyak. Hal ini akan menyulitkanmu dalam proses mencatok dan membuat catokan tidak tahan lama. Ada baiknya gunakanlah heat protection secukupnya.

 

3. Keringkan Rambut dengan Benar

Hal yang harus kamu lakukan agar hasil catokanmu tahan lama adalah sebelum mencatok rambut, pastikan bahwa kamu sudah mengeringkan rambutmu dengan benar. Mencatok rambut dalam kondisi basah dapat membuat rambutmu menjadi rusak dan lebih mudah rontok. Mencatok rambut dalam kondisi basah juga membuat waktu yang diperlukan untuk mencatok jadi lebih lama dan hasil catokan jadi kurang maksimal.

4. Catok Rambut dengan Suhu Yang Tepat

Hal keempat yang harus diperhatikan saat mencatok rambut adalah memastikan bahwa kamu sudah mengatur suhu yang tepat saat mencatok rambutmu. Mencatok rambut dengan suhu yang tinggi lebih dari 150 derajat akan mengurangi kelembapan rambutmu yang dapat membuat rambutmu menjadi kering sehingga rambutmu menjadi rusak, kasar dan susah diatur. Sedangkan mencatok rambut dengan suhu yang terlalu rendah akan membuat proses mencatok menjadi lebih lama dan hasilnya pun kurang maksimal.

5. Jangan Langsung Dilepas, Kunci Dahulu Rambut yang Baru Selesai Dicatok

Setelah mencatok satu bagian rambut sebaiknya tahan dulu hasil catokan dan jangan langsung dilepaskan atau dibiarkan menggantung kebawah. Agar hasil catokan awet, kamu dapat mengunci hasil catokan dengan cara dipegang dengan menggunakan jari, atau bisa juga dengan menggunakan rol rambut. Hal ini memang memakan waktu cukup lama, karena sebelum melanjutkan mencatok bagian lain, kamu harus mengunci terlebih dahulu rambut yang baru selesai dicatok dengan jari dan menunggunya sampai dingin, atau harus memasang rol rambut terlebih dahulu. Tetapi dengan melakukan cara ini hasil catokanmu akan tahan lama.

Nah, itulah lima tips yang bisa sahabat Fimela terapkan agar hasil catokanmu bisa tahan lama. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading