Micellar Water, Oil Cleanser, dan Foam Cleanser: Cara Memilih Pembersih Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Fimela Reporter16 Okt 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 16 Okt 2022, 11:45 WIB
Membersihkan wajah

Fimela.com, Jakarta Dalam rangkaian perawatan kulit, pembersih wajah tidak boleh terlewat. Apalagi bagi yang sering menggunakan makeup, mencuci wajah saja tidak cukup untuk mengangkat sisa makeup di wajah. Saat ini semakin banyak produk perawatan kulit yang ditawarkan. Dalam satu jenis saja memiliki berbagai macam bentuk.

Seperti pembersih wajah, terdapat berbagai jenis seperti micellar water, oil cleanser, foam cleanser, hingga cream cleanser. Di antara semua pilihan ini, beberapa harus digunakan sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Melansir dari InStyle, berikut cara memilih pembersih wajah menurut dokter kulit dan ahli kecantikan.

Oil Cleanser

Oil Cleanser
Cleansing oil untuk mengangkat dan membersihkan makeup (c) Shutterstock

Pembersih wajah berbentuk minyak ini bekerja dengan menyerap kotoran dan menutrisi kulit. Biasanya untuk membersihkan wajah setelah menggunakan heavy makeup, oil cleanser akan diikuti dengan pemakaian pembersih berbusa. Oil cleanser cocok untuk membersihkan makeup, terutama bagi yang menggunakan primer dan foundation. Kulit sensitif, kering, dan rentan eczema direkomendasikan untuk menggunakan oil cleanser. Bagi kulit berminyak, hindari menggunakan pembersih yang satu ini.

Tips : Pilih oil cleanser yang berbahan ringan dan non–komedogenik agar tidak menyebabkan jerawat.

Foam Cleanser

Foam Cleanser
Foam cleanser untuk membersihkan wajah dari makeup/copyright shutterstock

Pembersih busa ideal untuk menghilangkan minyak, riasan, dan residu sunscreen. Sebagian besar foam cleanser memiliki kandungan yang keras karena diformulasikan untuk mengangkat seluruh kotoran dan menyebabkan kulit sedikit kering. Pembersih jenis ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat namun buruk untuk kulit kering dan sensitif.

Tips : Bila memberi efek kulit kering setelah menggunakan foam cleanser, gunakanlah pelembap.

Micellar Water

Micellar water
Micellar water adalah pembersih yang banyak digunakan dan mudah dicari. (thehealthsite.com)

Micellar water adalah pembersih wajah non-sabun berbasis air. Pembersih ini direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif dan rentan berjerawat. Micellar water tidak efektif untuk digunakan membersihkan makeup tebal, namun cocok bila digunakan sehari-hari sebelum mencuci wajah. Untuk kulit berminyak, pembersih jenis ini bukan pilihan yang ideal.

Tips : Gunakan pelembap untuk mengembalikan pH alami kulit setelah menggunakan micellar water.

Cream Cleanser

Cream cleanser
Membersihkan wajah dengan cream cleaner/Credits: pexels.com by Ron Lach

Pembersih wajah berbentuk krim memiliki tekstur lembut, melembapkan, dan tidak berbusa. Cream cleanser diformulasikan untuk membersihkan makeup dan kotoran pada wajah secara bersamaan. Pembersih jenis ini cocok untuk pemilik kulit sensitif, kulit kering, dan penderita rosacea. Namun tidak direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak.

Tips : Setelah menggunakan cream cleanser, gunakan toner atau facial wipe untuk menghilangkan residu.

Menggunakan pembersih berdasarkan jenis kulit dapat membantu memaksimalkan kebersihan kulit. Gunakan dengan rutin dalam rangkaian skincare terutama saat sedang menggunakan makeup.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela