Sukses

Beauty

Bahaya yang Ditimbulkan dari Penggunaan Makeup Kedaluwarsa

Fimela.com, Jakarta Memperhatikan tanggal kedaluwarsa pada makeup adalah hal wajib untuk dilakukan bagi setiap perempuan. Karena tanpa disadari, kebanyakan perempuan sering menyimpan makeup sampai waktu yang lama. Selain itu, jika kita meremehkan masa kedaluwarsa sebuah produk makeup yang setiap hari kita gunakan untuk waktu yang lama, akan memberikan efek negatif yang berbahaya bagi kesehatan kulit kita.

Mulai dari primer, foundation, lipstik, eyeshadow, eyeliner, maskara, dan alat makeup lainnya, perlu kita perhatikan masa berlakunya. Biasanya banyak perempuan yang cenderung suka membeli produk kecantikan yang sedang diskon tanpa tahu detail apakah produk tersebut sudah kedaluwarsa atau belum.

Melansir dari mayoclinichealthsystem.org dan womenshealthmag.com pada Senin (26/9/2022), setiap produk makeup perlu diganti jika memang sudah tidak layak. Jadi daripada membiarkan kulit wajah rusak hanya karena makeup yang sudah kedaluwarsa, ada baiknya kamu memperhatikan detail produk makeup yang dibeli.

Bahaya menggunakan makeup kedaluwarsa

Risiko yang ditimbulkan dari penggunaan makeup kedaluwarsa termasuk, pori-pori tersumbat dan pertumbuhan bakteri. Penting untuk memperhatikan berapa lama makeup telah disimpan, sehingga dapat menghindari potensi bahaya kesehatan ini.

1. Lisptik kedaluwarsa, atau yang sudah lebih dari 1,5 tahun, akan menimbulkan kembengkakan pada bibirmu.

2. Sementara bakteri yang masuk ke pori-pori wajah karena memakai bedak dan kosmetik wajah lainnya yang sudah kedaluwarsa mengakibatkan pembengkakan dan iritasi.

3. Maskara yang sudah kedaluwarsa bisa memicu perkembangbiakan bakteri yang bisa mengakibatkan matamu iritasi. Bahkan, mata juga bisa terasa sakit.

4. Hal yang serupa juga bisa terjadi karena menggunakan eye shadow kedaluwarsa. Karena dekat dengan mata, maka bakteri dan juga jamur bisa juga membuat mata gatal, sakit, dan juga merah.

5. Sementara kuteks yang bisa disimpan dan dipakai selama 1 tahun, juga bisa memberikan efek buruk kalau kamu menggunakan produk yang sudah lewat dari batas kedaluwarsa. Kukumu pasti akan menjadi kasar dan juga tidak sehat.

Berhati-hatilah saat menggunakan makeup apa pun yang melewati tanggal kedaluwarsa. Tidak ada gunanya mempertaruhkan kesehatan kulit hanya dengan menggunakan sedikit foundation atau concealer terakhir.

Berapa lama produk makeup dapat kedaluwarsa?

Karena sulit untuk mengetahui hanya dengan melihat suatu produk ketika kedaluwarsa, berikut adalah beberapa panduan bermanfaat yang perlu diingat:

  • Maskara dan eyeliner cair biasanya dianggap aman digunakan selama tiga bulan. Produk cair yang digunakan di dekat mata memiliki peningkatan risiko penyebaran bakteri.
  • Eyeliner pensil, eyeliner gel, dan pensil bibir dapat digunakan hingga satu tahun.
  • Water-based foundation biasanya baik untuk satu tahun, sedangkan oil-based foundation bagus digunakan untuk sekitar 18 bulan.
  • Pertimbangkan untuk mengganti cream-based foundation atau blushes setiap enam bulan hingga satu tahun.
  • Produk bedak, jika disimpan dengan benar dan bebas dari kelembapan, dapat bertahan hingga dua tahun.
  • Lipstik baik digunakan untuk satu hingga dua tahun, dan lip gloss dapat digunakan selama enam bulan hingga 1 tahun.

Meminimalkan penyebaran bakteri dalam riasan dimulai dengan menggunakan kuas aplikator yang bersih. Kuas yang digunakan untuk merias wajah harus dicuci setiap tujuh hingga 10 hari untuk menghindari pertumbuhan bakteri.

Mengikuti pedoman kedaluwarsa produk makeup adalah langkah pertama dalam melindungi diri dari potensi risiko kesehatan dari kosmetik.

 

*Penulis: Sri Widyastuti.

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading