Fimela Awards Local Beauty & Personal Care Product of The Year: ESQA Cosmetics Jadi Makeup Vegan Lokal Pertama, Tembus Pasar Asia Tenggara

Vinsensia Dianawanti03 Okt 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 18:56 WIB
5 Rekomendasi Setting Spray Lokal yang Bikin Makeup Tetap Cetar dan On Point

Fimela.com, Jakarta Di tengah perkembangan industri makeup lokal di Indonesia, ternyata tidak banyak merek lokal yang hadir dengan konsep vegan. Meski sebenarnya konsep beauty vegan sudah mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia.

ESQA Cosmetics berawal dari cerita persahabatan dua orang, Kezia Toemion dan Angelina Cindy. Keduanya kompak mendirikan bisnis kecantikan dengan nama ESQA pada 2016.

Kehadiran ESQA Cosmetics sebagai merek makeup sendiri berawal dari kurangnya produk makeup yang cocok bagi kulit perempuan Indonesia. Menurut Kezia, kebanyakan merek makeup yang ada cenderung terlalu terang sehingga kurang cocok bagi kulit perempuan Indonesia.

Selain itu, Kezia juga melihat sudah banyak merek kecantikan di Amerika Serikat yang sudah melirik konsep vegan. Dengan memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya agar bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Namun, konsep vegan cosmetics ini belum berlaku di Indonesia. Sehingga di 2016 ESQA Cosmetics resmi hadir sebagai vegan cosmetics pertama di Indonesia.

 

Makeup berbasis vegan

Semangat Wonder Woman Hadir di Makeup Brand Kosmetik Lokal
ESQA Cosmetics mempersembahkan makeup koleksi Wonder Woman. (dok. ESQA Cosmetics)

Menghadirkan produk berbasis vegan bukan hanya sekadar menggunakan bahan natural atau organik. Melainkan juga bagaimana merek kosmetik sama sekali tidak menggunakan bahan hewani di dalamnya. Terlebih, Kezia memiliki kondisi kulit sensitif yang alergi terhadap banyak kandungan. Ia pun mulai mempelajari soal kandungan yang berbasis vegan.

Semua produk yang dirilis ESQA Cosmetics tidak hanya melalui uji klinis dermatologi, melainkan juga formulasinya sudah disetujui oleh Food and Drug Administration di Amerika Serikat. Sehingga dipastikan setiap produk ESQA tidak mengandung parabens, triclosan, sodium lauryl sulfate, dan gluten.

Selain itu, ESQA juga mengikuti banyak tren global seputar dunia kecantikan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Seperti misalnya Flawless Cushion Serum yang dirilis dengan 10 shade skin tone orang Indonesia. Lalu ada juga 3 in1 Cheek Palette yang berisikan bronzer, highlighter, dan blush.

 

Vote Now!

ESQA Cosmetics sendiri debut di 2016 dengan dua lipkitnya, yakni Satin Lip Crayon dan Matte Lip Liquid. Dikemas bernuansa rose gold membuat lipstik keluaran ESQA kala itu sukses mencuri perhatian. Dari produk bibir, ESQA mulai melirik kategori lain, seperti produk riasan mata dan kompleksi.

Berkat inovasi yang dihadirkan ESQA di setiap produknya, kini merek makeup vegan lokal itu sudah merambah pasar Asia Tenggara. Ya! ESQA Cosmetics sudah mulai hadir di Vietnam, Singapura, dan Malaysia.

ESQA Cosmetics terpilih sebagai nominasi Fimela Awards 2022 untuk kategori Local Beauty & Personal Care Product of The Year. Yuk dukung ESQA Cosmetics sebagai Local Beauty & Personal Care Product of The Year pilihan Sahabat Fimela. Klik di sini, untuk berikan suara dan dukunganmu.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela