Terobosan Kiehl’s Ciptakan Butik yang Dibangun Secara Berkelanjutan

Nabila Mecadinisa06 Okt 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 14:00 WIB
Kiehl's

Fimela.com, Jakarta Isu lingkungan tak hanya menjadi sebuah wacana, namun kini seluruh dunia merasakan efek buruk global warming yang semakin nyata. Sejumlah konsep hidup ramah lingkungan perlahan mulai diterapkan. Hal ini juga berlaku bagi para pelaku bisnis di segala lini industri. Salah satu yang memegang penuh komitmen ini adalah L’Oréal Group yaitu L’Oréal for the Future. 

Pada kesempatan ini, Kiehl’s yang menjadi salah satu brand di bawah naungan L’Oreal grup berhasil melakukan sebuah gebrakan penuh komitmen untuk menciptakan sebuah butik di Central Park Mall, Jakarta, dengan proses, desain, hingga operasional, dengan prinsip-prinsip sustainability. Langkah yang dilakukan dimulai dari konsep awal, proses konstruksi, hingga pengelolaan daur ulang atau end-of-life recycling. 

“Di L’Oréal Luxe Division, kami memiliki visi untuk memimpin perubahan menuju mindful & sustainable luxury beauty di Indonesia. Selama bertahun-tahun, kami telah melakukan transformasi mendalam untuk lebih berkelanjutan dalam seluruh proses bisnis kami. Salah satunya dalam aspek ritel, kami menggabungkan keunggulan operasional ritel kami dengan tanggung jawab terhadap lingkungan,” jelas Caroline Foo, General Manager, L’Oréal Luxe Indonesia. “Didesain dengan menerapkan L’Oréal Group’s retailing sustainability guideline, renovasi butik Kiehl’s di Central Park Mall Jakarta menjadi bukti bagaimana kami mewujudkan komitmen sustainability kami, L'Oréal for The Future, dengan menghormati batas-batas planet. Kami berkomitmen terhadap keragaman dan inklusivitas, dimana kami memastikan pengalaman berbelanja yang mudah diakses oleh seluruh konsumen. Kami harap inisiatif ini dapat menginspirasi pelaku bisnis untuk merancang tranformasi ritel menjadi lebih hijau.”

 

Ritel berkelanjutan

Kiehl's
Sebuah terobosan dengan komitmen bijak agar Kiehl’s bisa menjadi sebuah brand yang lebih ramah terhadap lingkungan.

L'Oréal telah mengembangkan parameter untuk ritel berkelanjutan yang diadaptasi dari dua international sustainable retail labels, yaitu US Green Building Council LEED dan International WELL Building Institute Rating. Program Retail Sustainably dari L'Oréal Group bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan di butik, meningkatkan keamanan dan kenyamanan staff dan konsumen sekaligus menjawab kepedulian konsumen akan pembangunan berkelanjutan. 

Proses renovasi butik menerapkan strategi berkelanjutan, dengan implementasi zero waste to landfill, yaitu: 

  • 82% material yang digunakan di butik Kiehl’s Central Park Mall Jakarta menggunakan bahan yang disertifikasi ramah lingkungan, digunakan atau didaur ulang. Sebagai contoh, dinding bata di butik digunakan kembali dari bekas bongkahan bangunan tua, sedangkan lantai butik dikonstruksi dari kayu bekas yang diolah kembali dan dilapisi dengan water-based wood coating.
  • Butik ini dirancang agar dapat diakses oleh semua Friends of Kiehl's, termasuk pelanggan yang menggunakan kereta bayi dan kursi roda agar mampu bergerak di sekitar butik tanpa hambatan.
  • Butik menggunakan 100% LED, sistem lampu otomatis dan dilengkapi dengan perangkat elektronik yang menggunakan jumlah energi yang sedikit agar butik menjadi lebih hemat energi. Kualitas dan level pencahayaan pada setiap bagian butik seperti color temperature hingga color rendering index diatur dan didesain untuk memastikan kenyamanan penglihatan staf dan konsumen.
  • Dekorasi butik dengan tema New York khas Kiehl’s dilukis tangan oleh seniman lokal dengan cat berbahan dasar air yang menggunakan bahan-bahan bersertifikasi ramah lingkungan sehingga tidak mengandung efek kimia yang berbahaya bagi kesehatan.Layanan daur ulang di dalam butik juga tersedia melalui program Kiehl's Recycle and Be Rewarded. Melalui program ini, kami mendorong konsumen untuk membawa produk kecantikan mereka yang sudah habis kembali ke butik untuk didaur ulang.

Sejumlah produk dengan kemasan berkelanjutan

Kiehl's
Sebuah terobosan dengan komitmen bijak agar Kiehl’s bisa menjadi sebuah brand yang lebih ramah terhadap lingkungan.

The Pouch Refillables menghemat rata-rata 80% lebih banyak plastik daripada produk sekali pakai yang biasa Kiehl’s gunakan dan mengandung 2-5 kali formula dari botol 250ml standar. Konsumen dapat membeli kemasan isi ulang dan mengisinya sendiri di rumah.

  • Crème de Corps – pelembab tubuh yang diperkaya dengan cocoa butter dan squalene, yang membantu merawat kulit kusam dan kering menjadi kulit bercahaya, serta membuat kulit terasa lembut dan halus.
  • Amino Acid Shampoo–sampo ini diformulasikan dengan kandungan Minyak Kelapa dan Amino Acid yang membersihkan semua jenis rambut dengan lembut, membantu membuat rambut tampak lebih tebal dan bervolume.
  • Ultra Facial Cream – Salah satu krim pelembab terlaris Kiehl’s, diperkaya dengan Squalane dan Glycerin untuk merawat kekuatan skin barrier dan memberikan hidrasi hingga 24 jam.
  • Ultra Facial Oil-Free Gel Cream – Krim gel yang dapat mengurangi kilau dan memberikan sensasi dingin untuk jenis kulit normal dan berminyak. Mengandung Gliserin dan Glikoprotein Glasial yang diformulasikan secara ramah lingkungan. 

Kiehl’s concentrated cleansing bars mengandung setidaknya satu bahan terbarukan atau bahan yang diperdagangkan secara adil dan diformulasikan dengan 5x less water dibandingkan pembersih cair Kiehl's, dengan menggunakan kemasan plastik yang minimum. 96% dari setiap batang sabun dapat terurai secara hayati.

  • Rare Earth Deep Pore Detoxifying Concentrated Cleansing Bar – Fairly-traded Amazonian White Clay and renewable Bamboo dipadukan untuk menciptakan sabun batang yang memiliki 80% kandungan pemurni yang dapat mengeksfoliasi kulit, membuatnya terasa sangat bersih, sembari menyeimbangkan minyak berlebih dan meminimalkan pori-pori yang terlihat.
  • Calendula Calming and Soothing Concentrated Cleansing Bar - Cocok untuk kulit berjerawat dan bermasalah, formula ini mengandung hingga 100 kelopak Calendula yang dipanen secara bertanggung jawab dan membantu mengurangi munculnya kemerahan di kulit, membuat kulit terasa nyaman, dan bersih sempurna.

 

 

 

 

 

 

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela