Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Essence dan Serum

Fimela Reporter28 Okt 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 28 Okt 2022, 14:45 WIB
Tips Menggunakan Serum Vitamin C yang Benar, Biar Kulit Makin Cerah dan Terus Glowing

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa macam produk skincare yang dapat melengkapi step by step skincare routinemu, diantaranya adalah essence dan serum. Bagi kamu yang sudah berkecimpung lama dalam dunia perskincarean pastinya sudah tidak asing lagi dengan essence dan serum. Namun bagi kamu yang newbie di dunia perskincarean pasti akan sedikit bingung dengan dua produk skincare ini. Pasalnya dua produk skincare ini memiliki banyak persamaan. Karena bentuknya yang sekilas sama, banyak orang yang sedikit kesulitan dalam membedakan antara essence dan serum.

Untuk para newbie dalam dunia perskincarean yang masih bingung dengan perbedaan antara essence dan serum, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini

Fungsi

Avoskin Hydrating Treatment Essence
Ilustrasi produk essence

Meski sama-sama memiliki fungsi untuk melembapkan dan menghaluskan kulit namun ada fungsi lain yang membedakan antara essence dan serum. Dilansir dari laman Healthline fungsi essence adalah membantu mempersiapkan kulit sehingga produk skincare yang dipakai setelahnya dapat meresap dengan baik dan dapat bekerja dengan lebih ampuh.

Sedangkan fungsi serum adalah untuk mengatasi masalah kulit yang lebih spesifik. Serum memiliki lebih banyak bahan aktif dibandingkan essence. Oleh karenanya, selain berfungsi melembapkan serum juga dapat menutrisi kulit dari dalam dan melawan berbagai masalah kulit.

Biasanya serum dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kandungan apa yang ada di dalamnya dan masalah kulit apa yang akan diatasi. Sebagai contoh serum yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit, serum yang mengandung hyaluronic acid untuk melembapkan kulit kering, dan serum yang mengandung retinol digunakan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini.

Tekstur

Skincare
Ilustrasi produk skincare serum

Baik essence maupun serum sama-sama berbentuk cair dan berbahan dasar air. Namun ada hal yang membedakan antara essence dan serum dari segi teksturnya.

Essence yang fungsinya untuk mempersiapkan kulit sehingga dapat memaksimalkan penyerapan produk skincare yang dipakai setelahnya membuat tekstur essence jauh lebih ringan daripada serum.

Sedangkan serum memiliki tekstur yang lebih kental karena konsentrasi bahan aktif yang terdapat dalam serum lebih banyak.

Cara Pakai

Baik essence maupun serum keduanya dapat kamu gunakan pada rangkaian skincare pagi dan malam, sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Jika kamu menggunakan essence dan serum dalam satu rangkaian skincare, kamu dapat mengaplikasikan essence terlebih dahulu setelah itu kamu bisa mengaplikasikan serum. Hal ini dikarenakan essence memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan serum dan memiliki fungsi untuk memaksimalkan penyerapan produk yang dipakai setelahnya.

Itulah perbedaan antara essence dan serum. Semoga dengan menyimak penjelasan diatas kamu jadi tidak bingung lagi mengenai dua produk skincare ini.

Penulis: Diah Ayu V.

Lanjutkan Membaca ↓