Sukses

Beauty

4 Alasan Mengapa Rambut Beruban Sebaiknya tidak Dicabut

Fimela.com, Jakarta Tumbuhnya uban pada rambut adalah proses alami dalam kehidupan. Seiring bertambahnya usia pigmen pada rambut akan semakin berkurang. Hal ini umumnya dialami orang pada usia 28 sampai 40 tahun. Beberapa orang mungkin mengalami rambut beruban pada usia lebih muda. Hal ini disebabkan oleh genetika dan stres.

Tumbuhnya uban membuat banyak orang merasa kurang nyaman karena berpengaruh pada penampilan. Sudah menjadi kebiasaan untuk mencabut rambut beruban yang tumbuh di kepala untuk menghilangkannya. Namun ternyata mencabut rambut beruban berpengaruh pada kesehatan rambut. Melansir dari Glam, berikut dampak buruk dari mencabut rambut beruban.

1. Mengganggu Siklus Pertumbuhan Rambut

Saat rambut dicabut dengan sengaja, siklus pertumbuhan rambut selanjutnya akan terhambat. Normalnya, rambut akan tumbuh panjang dalam 3 bulan. Namun untuk rambut beruban yang dicabut proses pertumbuhannya akan memakan waktu lebih lama bahkan sampai satu tahun. Seiring bertambahnya usia pertumbuhan rambut akan semakin lambat. Dengan mencabut rambut beruban, maka butuh waktu lebih lama untuk menunggu rambut baru tumbuh kembali. Hal ini bisa menyebabkan rambut tipis dan tidak sehat karena pertumbuhan alaminya terganggu.

2. Merusak Kulit Kepala

Rambut mulai beruban ketika pigmen warna yang diproduksi melanin mulai berkurang. Sel-sel pigmen ini melekat pada setiap folikel atau tempat tumbuhnya rambut individu. Ahli menyebutkan bahwa menyabut rambut beruban dapat membuat folikel rusak dan tidak bisa menumbuhkan rambut baru. Cara terbaik untuk mengatasi rambut beruban adalah dengan mewarnainya atau membiarkannya melalui proses alami perubahan pigmen rambut.

3. Merusak Tekstur Rambut

Rambut beruban yang dicabut tanpa merusak folikel akan tetap mampu menumbuhkan rambut baru. Namun saat rambut dicabut dengan sengaja, folikel tidak dapat memproduksi rambut secara sempurna. Hal ini menyebabkan rambut baru yang tumbuh akan lebih tipis dan mudah patah.

4. Tidak Menghilangkan Rambut Beruban

Rambut beruban yang dicabut akan tetap tumbuh menjadi rambut beruban. Mencabutnya tidak akan menyebabkan rambut baru yang tumbuh berwarna hitam. Hal ini dikarenakan pigmen pada rambut telah menyusut sehingga rambut akan kehilangan warna aslinya.

Perubahan warna rambut adalah fase normal yang akan dilalui setiap orang. Membiarkan rambut mengalami proses alami akan lebih baik agar tidak mengganggu siklus rambut lainnya. Tak perlu khawatir akan penampilan karena kamu cantik apapun warna rambutmu.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading