Cara Membuat Gel Lidah Buaya Sendiri dan Rangkaian Manfaatnya Untuk Kecantikan

Senjie Nuraini17 Okt 2022, 11:26 WIB
Diperbarui 17 Okt 2022, 21:37 WIB
ilustrasi manfaat lidah buaya/suriya yapin/shutterstock

Fimela.com, Jakarta Gel lidah buaya atau dikenal juga dengan sebutan aloevera gel sudah sangat populer di dunia kecantikan. Ada banyak merk produk kecantikan yang menggunakan gel lidah buaya sebagai salah satu bahan dalam produk mereka. Tidak hanya produk kecantikan di luar negeri namun banyak merk lokal yang juga menggunakan tanaman ini.

Biasanya lidah buaya digunakan sebagai bahan dalam pembuatan skincare. Namun tidak jarang juga ditemukan sebagai bahan pembuatan kosmetik.

Pemakaian gel dari tanaman lidah buaya sebagai bahan dalam pembuatan skincare atau makeup bukan tanpa alasan. Gel lidah buaya sering digunakan karena mengandung banyak manfaat di dalamnya. Tanaman lidah buaya mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan maupun kecantikan.

Nah sebenarnya kamu bisa membuat gel lidah buaya sendiri di rumah. Pembuatan gel lidah buaya pun tidak terlalu sulit dan bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak. Bagaimana caranya? Yuk simak cara membuat gel lidah buaya berikut ini.

Cara Membuat Gel Lidah Buaya

lidah buaya
Cara membersihkan lidah buaya./Copyright shutterstock.com

Untuk membuat gel lidah buaya, kamu membutuhkan dua bahan yaitu:

  • Daun lidah buaya
  • 500 gram vitamin C dalam bentuk serbuk vitamin E 400 IU

Cara membuat gel lidah buaya adalah sebagai berikut ini:

1.Cuci tangan terlebih dulu.

Perlu diingat bahwa gel lidah buaya ini nantinya bisa kamu gunakan untuk wajah. Jadi untuk melindungi wajahmu dari infeksi bakteri atau kuman yang ada di tangan, pastikan untuk membersihkan tanganmu sebelum mulai membuat gel lidah buaya ya, Sahabat Fimela.

2. Potonglah daun yang tumbuh di bagian paling luar dari tanaman lidah buaya

Daun di bagian tersebut biasanya telah tumbuh membesar atau menebal dan lebih matang, serta banyak mengandung gel dalam kondisi yang masih baik dan segar. Pilihlah daun yang tumbuh di bagian paling luar dari tanaman lidah buaya dengan pangkal yang langsung tumbuh dari tanah. Gunakan pisau yang tajam untuk mendapatkan potongan yang rapi di sekitar pangkal tanaman.

Cukup potong 1 atau 2 buah daun lidah buaya yang berukuran besar. Daun tersebut bisa menghasilkan gel sebanyak 120-240 ml.

3. Diamkan dalam mangkuk selama 10 menit

Letakkan daun di dalam mangkuk dengan posisi tegak lurus dan biarkan resin yang berwarna kuning gelap mengalir keluar sampai habis. Resin tersebut mengandung getah yang dapat menyebabkan iritasi ringan pada kulit. Oleh karena itu, sebaiknya keluarkan semua resin dari daun agar tidak tercampur dengan gel yang akan kamu buat.

4. Kupas daun

Gunakan alat pengupas sayuran untuk mengupas bagian kulit daun yang berwarna hijau secara perlahan. Pastikan untuk mengiris lapisan daging yang transparan untuk mendapatkan gel di baliknya. Kupaslah kulit daun hanya pada satu sisi untuk setiap daun sehingga berbentuk hampir seperti sebuah sampan yang dipenuhi dengan gel.

Potong daun yang berukuran besar menjadi potongan yang lebih kecil terlebih dahulu agar lebih mudah ketika mengupas kulitnya. Segera buang kulit daun yang telah terkupas sehingga tidak tercampur ke dalam gel.

5. Kerok gel menggunakan sendok

Pisahkan semua daging dan gel dari kulit daunnya sampai tidak ada yang tersisa ke dalam sebuah mangkuk bersih.

6. Gunakan Vitamin C sebagai pengawet alami

Jika gel lidah buaya yang dihasilkan sangat banyak dan kamu ingin menyimpannya selama satu atau dua bulan, campurkan dengan 500 mg vitamin C dalam bentuk serbuk atau vitamin E 400 IU untuk setiap 60 ml gel. Campurkan semua bahan sekaligus sampai merata dengan menggunakan blender dan gel akan terlihat berbusa setelahnya.

7. Tuangkan gel ke dalam botol kaca bersih yang telah disterilkan

Gel tersebut akan bertahan selama beberapa bulan di dalam kulkas jika Anda menggunakan pengawet. Jika tidak, gel hanya akan berumur satu sampai dua minggu.

Manfaat Gel Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Lidah Buaya
Ilustrasi Lidah Buaya Credit: pexels.com/Santorio

1. Melembapkan kulit

Apapun jenis kulitmu, pelembap tetap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan lainnya adalah mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit. Kandungan kalsium dan antioksidan dalam lidah buaya diketahui dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan luka adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan gel lidah buaya hingga mengering selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

3. Menghaluskan kulit

Kulit halus bisa kamu dapatkan dengan menggunakan gel lidah buaya. Pembelahan sel-sel keratinosit tidak hanya mampu mempercepat penyembuhan luka, tetapi juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati untuk digantikan dengan sel kulit baru yang sehat dan kuat.

4. Menangkal serangan radikal bebas

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus.

5. Meredakan radang dan gatal

Daun lidah buaya memiliki sifat antiradang dan antimikroba. Kedua sifat tersebut diketahui dapat meredakan berbagai keluhan pada kulit, seperti jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, dan psoriasis.

Itu dia cara membuat gel lidah buaya serta manfaatnya untuk kecantikan. Yuk coba buat sendiri gel lidah buaya di rumah.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela