Sukses

Beauty

5 Cara Mudah Mengatasi Kulit Ketiak yang Gelap

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang memiliki ketiak yang halus dan cerah. Beberapa di antaranya mengalami perubahan warna ketiak atau hyper pigmentasi pada kulit ketiak yang disebabkan oleh berbagai hal. Faktor tersebut antara lain penggunaan pisau cukur, iritasi, dan kondisi kulit tertentu. Selain itu menggunakan pakaian ketat, deodoran, atau bakteri dan jamur juga dapat memperparah kondisi kulit ketiak yang semakin gelap. Sedangkan beberapa orang secara alami memiliki kondisi kulit ketiak yang gelap dan itu adalah hal normal.

Kulit ketiak termasuk kulit yang sensitif. Maka dari itu perawatannya pun perlu diperhatikan. Melansir dari Mindbodygreen dermatologi mengatakan ada beberapa cara untuk mencerahkan warna kulit ketiak. Simak penjelasan berikut ini.

1. Eksfoliasi

Mencukur bulu ketiak dengan pisau cukur berisiko melukai kulit ketiak dan menyebabkan benjolan atau iritasi pisau cukur. Untuk menghindari hal ini, lakukan eksfoliasi kulit ketiak terlebih dahulu. Eksfoliasi dapat mencegah hiperpigmentasi dengan mencegah kulit ketiak terluka. Selain itu, proses mencukur akan terasa lebih halus.

2. Gunakan Deodoran Bebas Pewangi

Deodoran biasanya diformulasikan untuk mengatasi bau tak sedap pada ketiak sehingga kebanyakan produk deodoran menawarkan berbagai pilihan aroma untuk menambah kesegaran ketiak. Namun, aroma yang berasal dari pewangi tambahan ini dapat menyebabkan kulit ketiak gelap. Oleh karena itu, hindarilah menggunakan deodoran yang mengandung wangi tambahan.

3. Gunakan Serum Niacinamide

Bahan niacinamide adalah anti-inflamasi dan mampu menghambat transfer melanosom ke keratinosit. Hal ini mampu membantu mencerahkan warna kulit ketiak yang gelap. Penggunaan serum niacinamide akan memberi hasil kulit ketiak cerah walaupun tidak secara instan. Cara ini cocok digunakan oleh pemilik kulit sensitif untuk menghindari risiko efek samping apapun.

4. Tea Tree Oil

Melansir dari Health Line, mencerahkan ketiak juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami, salah satunya tea tree oil. Campurkan lima tetes tea tree oil dan 8 ons air dalam wadah semprot kecil. Semprotkan campuran tersebut pada ketiak. Bahan ini dapat digunakan setiap hari setelah mandi saat ketiak dalam keadaan kering.

5. Minyak Kelapa

Tak hanya tea tree oil, minyak kelapa juga dapat jadi pilihan untuk membantu mencerahkan warna ketiak. Pijat ketiak menggunakan beberapa tetes minyak kelapa selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas ketiak dengan air dan sabun. Lakukan cara ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Tidak ada perempuan yang sempurna dan perubahan warna kulit adalah hal normal. Tetap cintai dirimu apa adanya ya, Sahabat Fimela.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading