Sukses

Beauty

4 Tips Menggunakan Makeup Bagi Pemilik Kondisi Kulit Eczema

Fimela.com, Jakarta Memiliki kondisi kulit eczema atau eksim membuat permukaan kulit menjadi bertekstur dan kering. Kondisi kulit yang kering akan membuat makeup pecah, bergaris, dan tidak mulus. Tentu hal ini mempengaruhi hasil akhir dari makeup yang jadi tidak sempurna. Belum lagi beberapa kandungan pada makeup yang dapat mengiritasi kulit penderita eczema seperti yang mengandung wewangian atau comedogenic. Efek samping yang ditinggalkan riasan malah akan memperburuk keadaan kulit.

Melansir dari Makeup, penata rias profesional mengatakan ada beberapa trik yang dapat dilakukan saat mengaplikasikan makeup pada penderita eczema. Simak penjelasan berikut ini.

1. Awali dengan Penggunaan Skincare

Penata rias profesional mengatakan sebelum mulai mengaplikasikan makeup, selalu awali dengan rangkaian skincare yang menghidrasi kulit. Penderita eksim umumnya memiliki kondisi kulit kering yang akan berpengaruh pada hasil akhir makeup. Maka cara terbaik adalah menghidrasi kulit dengan menggunakan pelembap dan primer. Gunakan primer yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Kamu bisa gunakan produk primer dengan label hypoallergenic.

2. Gunakan Pelembap Berwarna atau Foundation Serum

Untuk alas bedak, pilihlah yang berbahan ringan agar tidak menyebabkan kulit iritasi. Foundation terbaik adalah yang memiliki kemampuan menghidrasi kulit atau yang mengandung serum. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan pelembap atau tabir surya berwarna sebagai pengganti foundation. Formula terbaik dalam kandungan alas bedak yang ramah untuk penderita eksim adalah hyaluronic acid atau glycerin. Dua bahan tersebut merupakan humektan yang mampu meningkatkan hidrasi kulit. 

3. Aplikasikan Makeup dengan Lembut

Saat menggunakan makeup, hindari cara yang terlalu ekstrem atau menepuk wajah dengan kasar. Hal ini akan membuat eksim semakin parah dan mungkin akan muncul ruam kulit yang sulit untuk dilapisi makeup. Sebaliknya, aplikasikan makeup dengan lembut seperti menepuk lembut wajah. Pilihlah alat rias berbahan halus dan empuk agar tidak menggeser makeup.

4. Hindari Produk yang Mengandung Bahan Keras

Bahan keras pada produk makeup mungkin memberi efek samping pada kulit penderita eksim. Untuk itu, hindari bahan-bahan keras dan pilihlah produk yang mengandung bahan alami. Produk yang sebaiknya tidak digunakan adalah produk yang mengandung wangi tambahan, alkohol, mengandung BHA, dan asam salisilat. Sebaiknya pilih produk makeup yang berbahan dasar air dan memiliki sedikit kandungan. Kandungan yang sedikit tidak berisiko karena mampu meminimalkan efek samping. 

Selain hasil akhir, kondisi kulit dan kandungan dalam produk makeup juga perlu diperhatikan. Terutama bagi pemilik kulit sensitif dan eczema, produk makeup harus dapat mendukung kesehatan kulit.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading