Manfaat Menggunakan Gua Sha dan Cara Tepat Menggunakannya

Fimela Reporter27 Nov 2022, 15:45 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 15:45 WIB
Gua Sha

Fimela.com, Jakarta Gua sha atau disebut juga dengan batu giok sebenarnya adalah benda yang biasa digunakan untuk teknik perawatan wajah sejak berabad-abad lalu. Gua sha adalah sebutan untuk teknik menggores wajah dengan batu khusus. Gua sha sendiri berkembang menjadi terapi wajah untuk kecantikan yang mulai terkenal beberapa waktu belakangan. Banyak orang menggunakannya untuk melengkapi proses perawatan kulit.

Melansir dari Byrdie, batu genggam kecil ini dikenal memberikan hasil nyata yang nyata seperti kulit lebih kencang, halus dan kerutan berkurang, jerawat, noda, dan eksim hilang. Apa saja manfaat lain dari gua sha sehingga menjadi salah satu alat kecantikan yang banyak digemari? Simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Gua Sha

Gua Sha
Ilustrasi gua sha/copyright shutterstock/Marharyta Manukha

1. Merangsang Sirkulasi

Studi menemukan bahwa gua sha dapat merangsang sirkulasi di area yang ditargetkan. Bukti anekdotal telah menemukan bahwa gua sha juga dapat membantu meringankan munculnya selulit yaitu timbunan lemak di bawah kulit.

2. Membantu Memproduksi Kolagen

Gua sha terbukti dapat membantu mengurangi bengkak, melembutkan garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Tak hanya itu, ia juga mampu membantu memproduksi lebih banyak kolagen sehingga memberi manfaat kulit yang lebih cerah dan mengurangi efek penuaan.

3. Mengurangi Lingkaran Hitam

Bila memiliki lingkaran hitam pada kantung mata, menggunakan gua sha dapat membantu menghilangkannya. hal ini dilakukan karena gua sha mampu membantu melembutkan garis-garis halus dan merangsang kolagen. Selain itu, sesaat setelah menggunakan gua sha kulit akan terasa lebih kencang.

 

Cara Menggunakan Gua Sha yang Tepat

Gua sha
Teknik menggunakan gua sha/copyright shutterstock/tativophotos

Gua sha dapat digunakan dengan mudah di rumah. Skincare expert mengatakan cara terbaik menggunakan gua sha adalah dengan tekanan lembut dan sapuan menyeluruh pada wajah. Gua sha memiliki banyak bentuk sehingga kepastian cara menggunakannya disesuaikan dengan bentuk gua sha yang digunakan. Umumnya gua sha pasti memiliki sisi melengkung untuk digoreskan pada kulit.

Pegang alat gua sha dengan sisi melengkung ke wajah dan sapukan dengan lembut. Gunakan pada area leher, rahang, dagu, dan sekitar mulut. Lakukan gerakan lima kali per area. Kemudian sapukan di pipi dan dengan lembut meluncur di bawah mata, melintasi alis dan dari dahi hingga garis rambut. Menggunakan gua sha dengan tekanan lembut sangat penting karena tekanan berlebih akan memberi bekas merah. 

Untuk hasil maksimal, menggunakan gua sha disesuaikan dengan adaptasi kulitmu terhadap benda kecantikan yang satu ini. Ahli menganjurkan untuk menggunakan gua sha sebanyak seminggu sekali. Namun bila sudah terbiasa dan merasa nyaman, menggunakannya lebih dari satu kali pun diperbolehkan.

Waktu penggunaannya bisa kapan saja, seperti siang hari, saat menggunakan skincare, atau malam hari sebelum tidur. Bila ingin menggunakan gua sha, cobalah untuk mengoleskan minyak wajah atau pelembap terlebih dahulu. Jangan gunakan gua sha pada kulit yang sedang kering, gesekan antara gua sha dan kulit akan menyebabkan iritasi.

Bagaimana sahabat Fimela, tertarik menggunakan gua sha?

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela