Sukses

Beauty

Bingung dengan Jenis Kulit Wajah? Lakukan 3 Tes ini untuk Mengetahuinya

Fimela.com, Jakarta Mengetahui jenis kulit wajah merupakan salah satu hal vital dalam dunia kecantikan. Pasalnya, menentukan produk dan perawatan yang cocok untuk kulit ditentunkan dengan jenis kulit wajah itu sendiri. Menyalahpahami jenis kulit wajah yang dimiliki dapat berujung pada masalah kulit yang cukup terlihat dengan mata telanjang. Contohnya saja menggunakan cleanser dan exfoliating scrub yang diperuntukkan jenis kulit berminyak, namun malah digunakan oleh orang yang memiliki jenis kulit wajah kering.

Hal tersebut tentunya dapat menimbulkan masalah kulit seperti iritasi yang mudah dilihat orang lain. Contoh lainnya adalah menggunakan moisturizer yang kaya akan kandungan pelembap diperuntukkan untuk jenis kulit kering, namun digunakan oleh orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Tentunya tidak akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan bersih seperti yang diinginkan. Mempelajari jenis kulit wajah dapat sangat bermanfaat karena akan membantu untuk memahami kebutuhan yang diperlukan kulit.

Kulit setiap orang memiliki keunikan masing-masing. Jenis kulit wajah sendiri umumnya terdiri dari 3 jenis utama, yakni oily (berminyak), Dry (kering), dan Combination (kombinasi). Untuk yang masih bingung terkait jenis kulit wajah yang dimiliki, Fimela telah merangkum dari berbagai sumber mengenai beberapa tes yang dapat dilakukan untuk mengetahui jenis kulit wajah yang dimiliki. Berikut penjelasannya:

 

1. The Day Test

Melansir dari healthline.com, Melanie Palm selaku dokter kulit dan ahli bedah kosmetik mengatakan bahwa cara paling mudah untuk mengetahui jenis kulit wajah masing-masing adalah dengan melihat bagaimana kondisi kulit wajah dari pagi hingga malam pada hari-hari biasa. Palm menjelaskan beberapa caranya melalui rangkaian pertanyaan sebagai berikut:

1. Apakah kulit wajah terasa berminyak dan mengkilap? Jika iya, maka ini menandakan jenis kulit oily (berminyak).

2. Apakah kulit area T-zone mengkilap, namun area lainnya cenderung matte? Jika iya, maka ini menandakan jenis kulit combination (kombinasi).

3. Apakah kulit kulit wajah memiliki sedikit minyak, flakiness, atau kemerahan, atau tidak sama sekali? Jika iya, maka jenis kulit wajah adalah normal.

4. Apakah kulit wajah terasa bersisik atau kencang? Jika iya, maka ini menandakan jenis kulit dry (kering).

5. Apakah kulit terasa gatal, merah, atau meradang? Jika iya, maka jenis kulit merupakan kulit sensitif.

2. Wash Test atau Metode Bare-Faced

The Day Test tentunya tidak bisa diaplikasikan jika memiliki banyak kegiatan outdoor yang mengharuskan mandi di siang hari. Oleh karena itu, wash test atau metode bare-faced dapat dilakukan untuk mengetahui jenis kulit wajah yang dimiliki. Cara yang perlu dilakukan sangatlah mudah, yaitu hanya dengan mencuci muka dengan face wash yang biasa dipakai. Mengutip dari tatcha.com, wash test dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

1. Cuci wajah secara keseluruhan dengan menggunakan mild cleanser atau face wash yang biasa digunakan sehari-hari, lalu tepuk wajah dengan lembut menggunakan handuk hingga kering.

2. Diamkan wajah dengan tidak mengaplikasikan apapun seperti moisturizer, serum, dan produk perawatan kulit lainnya setelah mencuci muka.

3. Setelah 30 menit, periksalah wajah mulai dari pipi, dagu, hidung, dan dahi. Lihat apakah terdapat kilap di bagian tersebut.

4. Setelah 30 menit berikutnya, evaluasi kulit wajah dengan melihat apakah ada area yang kering, terutama jika sedang tersenyum atau membuat ekspresi wajah lainnya.

5. Jika kulit wajah terasa kencang, maka jenis kulit wajah adalah dry (kering).

6. Jika terdapat kilap yang dapat dilihat pada hidung dan dahi, maka jenis kulit wajah merupakan combination (kombinasi).

7. Jika terdapat kilap pada area pipi, serta hidung dan dahi, maka jenis kulit wajah adalah oily (berminyak).

 

3. Metode Kertas Minyak

Tes atau metode yang satu ini merupakan tes yang lebih cepat dan tepat untuk membedakan antara jenis kulit wajah oily dan dry. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan menepukkan kertas minyak dengan lembut ke berbagai area wajah. Setelah itu, pegang kertas minyak dan arahkan ke cahaya untuk melihat seberapa banyak minyak yang ada di kertas minyak. Jika terdapat sedikit bahkan tidak ada minyak pada kertas minyak, maka jenis kulit yang dimiliki adalah kulit kering (dry).

Sebaliknya, jika kertas minyak menunjukkan banyaknya minyak dari area dahi dan hidung, maka jenis kulit yang dimiliki adalah kombinasi. Namun, jika kertas minyak dipenuhi dengan banyak minyak dari berbagai area kulit wajah, maka sudah dapat dipastikan bahwa jenis kulit yang dimiliki adalah berminyak (oily). Itulah beberapa tes mudah dan praktis yang dapat dilakukan untuk mengetahui jenis kulit wajah yang dimiliki.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Rekomendasi Skincare untuk Semua Jenis Kulit

1. Emina

Skincare merek lokal yang pertama adalah Emina. Merek lokal ini menjual serangkaian skincare, yang aman digunakan untuk remaja atau yang pertama kali menggunakan skincare. Serangkaian skincare dari Emina juga dijual dengan harga ekonomis, mulai dari 14ribuan.

2. Lacoco

Lacoco adalah salah satu skincare merek lokal yang terkenal, untuk mengatasi kantong mata dan tanda penuaan dini pada kulit. Produk dari Lacoco sering kali direkomendasikan oleh beauty enthusiast, karena memiliki kualitas yang bagus walaupun harganya sedikit tinggi. Lacoco memiliki produk seperti sunscreen, essence, serum, face mist, clay mask, moisturizer, dan facial foam. Produk Lacoco yang terkenal seperti Dark Spot Essence, Watermelon Glow Mask, Intensive Treatment Eye Serum dan lain sebagainya.

3. Somethinc

Sering dikira produk luar negeri, tetapi Somethinc adalah skincare merek lokal asal Indonesia, yang memiliki berbagai macam inovasi produk. Produk dari Somethinc terkenal dengan serumnya, yang aman digunakan untuk kulit sensitif dan tidak menyebabkan iritasi kulit, seperti Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum, Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution, Somethinc Level 1% Retinol, Somethinc Criously 24K Gold Essence dan lain sebagainya. Bahkan skincare ini juga menjual Somethinc Game Changer Tripeptide Eye Concentrate Gel untuk mengatasi kantong mata.

4. Sensatia Botanicals

Bagi pecinta skincare dengan klaim vegan dan cruelty free, kamu bisa menggunakan skincare dari Sensatia Botanicals. Kandungan alami yang terdapat dalam skincare ini, ampuh mengatasi masalah kulit secara alami dan aman untuk digunakan.

5. ElsheSkin

Terakhir, ada ElsheSkin yang memiliki produk seperti cleanser, toner, moisturizer, day & night cream dan lip care. Sebelum membeli produk dari ElsheSkin ini, kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan produk yang cocok untuk kulitmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading