4 Manfaat Oatmeal untuk Merawat Kecantikan Kulit Wajah

Fimela Reporter09 Des 2022, 19:15 WIB
Diperbarui 09 Des 2022, 19:15 WIB
Makanan

Fimela.com, Jakarta Pastinya kalian sudah tidak asing lagi kan dengan oatmeal? Bahan pangan yang sering digunakan untuk menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat khususnya bagi mereka yang sedang menjalani diet.  Oatmeal memang dikenal sebagai salah satu makanan yang menyehatkan dan mengenyangkan. Selain itu oatmeal juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan lezat baik manis ataupun asin.

Namun tidak hanya dijadikan santapan lezat ketika diet saja, oatmeal juga memilki banyak manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Barikut adalah 4 manfaat oatmeal untuk merawat kecantikan kulit wajah.

1. Melembabkan Kulit

Manfaat oatmeal yang pertama adalah oatmeal dapat bantu melembabkan kulit. Dilansi dari laman Healthshots kandungan vitamin E pada oatmeal dapat bantu melembapkan kulit. Kandungan yang ada di dalam oatmeal membuat kulitmu terhidrasi dan bercahaya. Selain itu oatmeal juga dapat bantu menenangkan kulit.

2. Mencerahkan Kulit

Manfaat oatmeal yang kedua adalah mencerahkan kulit. Oatmeal memiliki kandungan asam amino di dalamnya yang dapat meringankan bekas luka, perubahan warna kulit, dan flek hitam. Kandungan vitamin E dalam oat selain berguna untuk melembapkan kulit juga membantu memperbaiki perubahan warna kulit, membuat kulit menjadi lembab, dan bercahaya.

3. Membantu Mengurangi Jerawat

Manfaat oatmeal yang ketiga adalah oatmeal dapat bantu mengurangi jerawat.  Dilansir dari laman simplyoatmeal dalam banyak kasus, oatmeal efektif untuk mengurangi jerawat. Oatmeal juga mengurangi jumlah minyak, sebum, dan kotoran yang biasanya menyumbat pori-pori kulit. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung saponin. Saponin adalah bahan kimia penghasil busa yang ditemukan di soapwort dan bertindak sebagai agen pembersih alami.

4. Melindungi dari Iritasi

Manfaat oatmeal yang keempat adalah melindungi kulit dari iritasi. Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat bantu meringankan gejala iritasi kulit seperti gatal dan kulit kering akibat iritasi. PH ringan oatmeal dapat membantu menenangkan kulit yang meradang karena iritasi.

Cara Memanfaatkan Kebaikan Oatmeal untuk Merawat Kecantikan Kulit Wajah

[Bintang] Ingin Hilangkan Kusam di Wajah? Pakai Masker Alami yang Satu Ini!
Masker oatmeal . (Via: www.agoodhue.net)

Kamu bisa memanfaatkan kebaikan oatmeal untuk kulit dengan menggunakan produk skincare yang menggunakan oatmeal sebagai salah satu ingridientnya. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan oatmeal dengan menggunakan masker oatmeal yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Berikut cara membuat masker oatmeal.

Bahan- bahan

  • 2 -3 sendok teh oatmeal
  • air

Cara mengaplikasikan masker oatmeal

  • Campur bahan dalam mangkuk untuk membuat masker oatmeal.
  • Bersihkan wajah dan oleskan masker.
  • Gosok dengan lembut lalu biarkan selama 10–30 menit.
  • Bilas dan tepuk wajah hingga kering.

Itulah dia manfaat oatmeal untuk merawat kecantikan kulit wajahmu. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat ya sahabat Fimela.

 

Penulis: Diah Ayu V.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela