Tips Makeup pada Kulit Berminyak untuk Hasil Tahan Lama dan Flawless

Fimela Reporter02 Des 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 02 Des 2022, 10:04 WIB
Tips Makeup untuk Kulit Berminyak

Fimela.com, Jakarta Memiliki tipe kulit berminyak terkadang menjadi salah hal yang cukup membuat frustasi. Pasalnya, tipe kulit berminyak erat kaitannya dengan pori-pori besar dan area T-zone wajah yang sering mengkilap. Hal ini tentunya akan menghambat seseorang dalam mengaplikasikan makeup ke wajahnya. Selain itu, orang dengan tipe kulit berminyak juga sering kesulitan untuk memastikan makeup mereka teraplikasikan dengan baik dan juga tahan lama sepanjang hari.

Disamping memilih produk yang cocok, orang dengan tipe kulit berminyak juga harus teliti dalam menentukan jenis makeup yang sesuai dengan tipe kulitnya. Tentunya tidak ingin 'kan melihat makeup luntur di tengah-tengah kegiatan dan berujung terlihat berantakan. Oleh karena itu, inilah tips makeup untuk kulit berminyak agar hasil tahan lama dan flawless yang telah dirangkum dari berbagai sumber: 

1. Gunakan Basic Skincare

Moisturizer
Simak tips makeup untuk kulit berminya berikut ini. Credit: shutterstock.com

Selain menentukan produk makeup, rahasia memiliki tampilan makeup yang sempurna adalah dengan fokus pada basic skincare. Jika kulit lebih tenang, cerah, dan halus, maka pengaplikasan makeup pun akan lebih mudah. Pastikan kulit sudah dibersihkan dengan benar, lalu aplikasikan serum, moisturizer, dan SPF. Meskipun tipe kulit adalah berminyak, penting untuk tidak melewatkan step utama untuk menjaga kelembapan kulit. Jika kulit lembap, maka kulit akan memproduksi lebih sedikit minyak atau sebum.

Mengutip dari stylecraze.com, moisturizer yang cocok digunakan oleh orang dengan tipe kulit berminyak adalah oil-free moisturizer dengan tekstur gel-cream ringan. Gunakan moisturizer dengan mengoleskannya pada kulit wajah sebelum mengaplikasikan makeup.

2. Wajib Menggunakan Primer

Menggunakan primer pada saat mengaplikasikan makeup merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan bagi orang yang memiliki kulit berminyak karena primer dapat bekerja sebagai pengontrol sebum pada wajah. Selain itu, primer juga mampu membuat kulit terlihat lebih halus dan juga membuat makeup tahan pada tempatnya (tidak luntur). Primer berkerja dengan mengurangi tampilan pori-pori dan minyak pada wajah, serta membangun lapisan pelindung di antara kulit wajah dan makeup. 

Mengutip dari webmd.com, primer dapat diaplikasikan di area wajah yang paling berminyak, seperti T-zone (dahi, hidung,dan dagu). Pilihlah produk primer oil-free dan antishine. Aplikasikan primer pada wajah sebelum menggunakan foundation, bedak, atau produk  makeup lainnya.

 

 

3. Pilih Produk Foundation dengan Formula Matte

Mengaplikasikan Foundation
Simak tips makeup untuk kulit berminya berikut ini. Credit: shutterstock.com

Tips yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang dengan tipe kulit berminyak. Ya, produk makeup dengan formula matte merupakan produk yang cocok digunakan untuk kulit berminyak. Hal ini dikarenakan produk ini dibuat tanpa menggunakan kandungan minyak dan biasanya mengandung bahan yang dirancang untuk bekerja menyerap atau menangkal minyak pada wajah. Oleh karena itu, produk foundation matte merupakan produk yang cocok untuk kulit berminyak agar mendapatkan hasil yang flawless.

4. Pilih Produk Powder dibanding Cream

Melansir dari beautybay.com, tekstur produk formulasi krim ataupun liquid akan lebih mungkin mempengaruhi kulit berminyak dibandingkan dengan produk berbentuk powder (bubuk). Oleh karena itu, orang dengan kulit berminyak sangat dianjurkan untuk menggunakan powder blush, highlighter, dan bronzer karena produk powder ini akan melekat lebih baik pada kulit dan tahan lama.

 

5. Set Makeup dengan Benar

setting spray
Simak tips makeup untuk kulit berminya berikut ini. /copyright shutterstock/vijay solanki photography

Kebanyakan orang menggunakan setting spray setelah mereka selesai mengaplikasikan makeup. Namun, melansir dari Vogue.in, Daniel Bauer, seorang Makeup Artist mengungkap tipsnya untuk membuat foundation tahan lama di kulit berminyak. Ia mengatakan bahwa untuk kulit berminyak, menggunakan setting spray sebelum mengaplikasikan base makeup dapat membantu foundation lebih tahan lama, melembapkan kulit, dan menghilangkan minyak berlebih.

Selain itu, Gianluca Casu yang juga merupakan seorang Makeup Artist mengatakan bahwa untuk step akhir makeup yakni setting, ia menyarankan untuk menggunakan bedak atau powder bagi orang dengan tipe kulit berminyak dan gunakan brush kecil untuk touch-up di bagian hidung, dahi, dan bagian tengah pipi. Itulah beberapa tips makeup pada kulit berminyak untuk mendapatkan hasil yang tahan lama dan flawless.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela