8 Fakta Perawatan Kecantikan Ultherapy yang Bikin Kulit Lebih Kencang dan Awet Muda

Novi Nadya09 Des 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 09 Des 2022, 19:00 WIB
Meningkatkan produksi kolagen

 

Fimela.com, Jakarta Dunia kecantikan lewat industri skincare memberikan penawaran menjaga tanda-tanda penuaan dini. Sementara itu dalam industri klinik perawatan klinik kecantikan menawarkan jasa yang langsung menuju sasaran untuk membuat kulit kencang.

Ya, proses penuaan memang hal yang tidak bisa kita hindari. Namun, kita bisa memperlambat proses tersebut, baik dengan topikal atau perawatan di klinik kecantikan.

Salah satunya, yuk, kita kenalan dengan treatment Ultherapy. Kita mulai dengan mengenal, apa, sih, perawatan Ultherapy?

1. Apa sih Ultherapy treatment?

Ultherapy treatment ini berasal dari Amerika Serikat dan sudah mendapat sertifikasi US FDA, adalah sebuah treatment kecantikan yang menggunakan teknologi ultrasound yang aman, dan tanpa operasi. Ultherapy dapat mengangkat dan mengencangkan kulit secara bertahap dari dalam keluar tanpa harus operasi. Ultherapy menghantarkan energi ultrasound non-invasif (tanpa bedah) untuk memanaskan kolagen yang melemah pada berbagai lapisan kulit yang akan memicu regenerasi alami dan merangsang pertumbuhan kolagen baru. Hasilnya pun akan nampak secara bertahap setelah 2 – 3 bulan dan peningkatan akan terus berlangsung hingga 6 bulan setelah perawatan. Dan hasilnya bertahan hingga 1-2 tahun tergantung kondisi.

2. Ultherapy treatment ini bisa dilakukan oleh siapa saja? Kapan waktu terbaik untuk mulai treatment Ultherapy?

Treatment ini bisa dilakukan oleh kita yang mulai mengalami penuaan kulit. Ada banyak faktor penyebab kulit menua, antara lain : paparan sinar matahari, gaya hidup, gravitasi dan waktu. Pada saat kita berusia 20 tahun ke atas sebenarnya telah terjadi penurunan produksi kolagen, serat kolagen melemah dan kulit mulai kehilangan elastisitas. Kemudian di usia 30 tahun, mulai terlihat tanda-tanda penuaan seperti: garis halus dan keriput, pipi turun atau kendur, mata berkantung, leher mengendur dan rahang bergelambir. 

Karena sebenarnya di usia 30 tahun ke atas itu, jaringan kolagen di kulit kita mulai lebih banyak yang rusak ketimbang terbentuk. Jadi, untuk “menabung” kolagen bisa dilakukan di usia 30.

 

Keistimewaan Ultherapy

Kenalan dengan treatment Ultherapy
yuk, kita kenalan dengan treatment Ultherapy

3. Apa keistimewaan Ultherapy dibandingkan dengan treatment pengencangan kulit lain (laser, radio frequency)?

Berdasarkan riset dan uji klinis yang juga sudah di-approved oleh US FDA, hanya Ultherapy yang bisa memberikan perawatan optimal jauh ke dalam lapisan kulit tanpa membedah atau melukai permukaan kulit. Tempat produksi kolagen dan perlekatan kulit di dalam tubuh kita itu berada di kedalaman 4,5 mm. Maka, ada 3 jenis kedalaman kulit yang bisa dijangkau oleh Ultherapy yaitu kedalaman 1,5mm, 3,0mm dan 4,5mm. Ultherapy dapat menjangkau baik lapisan luar maupun mencapai lapisan kulit paling dalam (mencapai jaringan SMAS yaitu area di bawah kulit, tempat diproduksinya kolagen).

Hanya Ultherapy yang bisa memanaskan kolagen yang melemah hingga 60-70 derajat Celsius. Ini adalah suhu optimal untuk menstimulasi tumbuhnya kolagen baru atau neokolagenesis.

 

4. Kenapa Ultherapy menjadi pilihan terbaik untuk aging treatment di QUICKGLAM Klinik ?

“Salah satu tindakan yang diminati pasien ketika datang ke klinik kecantikan adalah memiliki kulit yang kencang tapi tidak mau menjalani pembedahan atau face lift surgery.

Ada beberapa pilihan treatment dengan memakai energy device (alat yang bisa mengencangkan kulit), diantaranya :

- Energy device berbasis radio frequency

- Energy device berbasis ultrasound

Dan alat terbaik dari energy device berbasis ultrasound ini adalah Ultherapy karena bisa memberikan hasil tightening dan lifting. Selain itu, ada juga teknologi laser yang bertujuan untuk membersihkan kulit, bila dikerjakan rutin sebanyak 4-5 kali juga bisa berfungsi mengencangkan dan menaikkan kulit kendur. Kedua treatment ini pun dapat dikombinasikan untuk hasil lebih optimal. Laser membersihkan kulit, sedangkan Ultherapy mengencangkan. Bila laser itu pengerjaannya harus sebulan sekali rutin dan dikerjakan minimal 5 kali, baru terlihat hasilnya bertahan untuk 1 tahun. Ultherapy cukup dilakukan 1 kali dan hasilnya permanen, dan diulang setelah 1 tahun.  

5. Apa yang terjadi di lapisan kulit bagian dalam ketika dilakukan Ultherapy?

Saat ditembakkan, Ultherapy memberikan hantaran energy ke jaringan SMAS, di bawah kulit yang membentuk kolagen. Jadi jaringan SMAS tersebut dirusak atau dihancurkan sedikit demi sedikit, sehingga kolagen yang baru terstimulasi terbentuk

 

 

Bisa Membakar Lemak?

6. Bagi mereka yang berusia 30-an dan ingin mencoba Ultherapy, bagian mana sajakah yang akan di-treatment? Apakah juga seluruh wajah?

“Sebelum melakukan treatment, dokter akan melakukan analisis pada wajah pasien sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi pasien. Kemudian dengan mesin scanner Ultherapy akan menunjukkan bagian-bagian wajah pasien yang perlu “ditembak” dengan ultrasound. Pada umumnya, treatment Ultherapy tidak hanya di area wajah tapi juga double chin. Tetapi, jika double chinnya masih kencang, dapat kita skip. Atau bila double chin-nya bermasalah sekali, dapat diberikan double pulse di area tersebut. Jadi, Ultherapy ini memang sangat bisa di-customized. Atau bila klien hanya menginginkan area-area tertentu, misal kantung mata saja juga dapat dikerjakan.”

7. Treatment Ultherapy bisa dikombinasi dengan treatment kecantikan apa saja?

“Salah satu keunggulan Ultherapy dibanding treatment RF, adalah bisa dikombinasikan dengan aman dengan treatment apapun, mulai dari treatment laser, botox dan filler. Biasanya untuk Botox, dapat lakukan dalam hari yang sama dengan treatment Ultherapy. Karena walaupun Ultherapy menghasilkan panas, tapi panasnya itu tidak akan menghancurkan efek dari treatment lain, seperti Botox dan Filler. Namun, tidak demikian halnya dengan Radio Frequency.

Ultherapy ini bekerja dengan menggunakan gelombang suara atau ultrasound. Bila menggabungkan Ultherapy dengan filler, maka dapat dikerjakan filler-nya terlebih dulu. Kemudian, menunggu sekitar 2-3 bulan, setelah kulit mengencang, baru kemudian akan dilakukan Ultherapy. 

8. Ada yang berpendapat bahwa Ultherapy bisa bikin peyot wajah karena ternyata bisa berefek membakar lemak.

Ultherapy itu tidak bekerja membakar lemak. Contohnya, untuk membakar lemak di area double chin, dapat dilakukan cool sculpting atau mesolipo (suntik untuk menghancurkan lemak) lebih dulu. Setelah itu, baru dikencangkan dengan Ultherapy. 

 

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela