Fakta Unik Kayu Manis yang Bisa Hempas Jerawat Bandel

Nabila Mecadinisa23 Nov 2022, 21:30 WIB
Diperbarui 23 Nov 2022, 21:30 WIB
Gambar Ilustrasi Bubuk Kayu Manis

Fimela.com, Jakarta Masker organik merupakan alternatif perawatan kulit yang dianggap ampuh dalam mengatasi permasalahan pada kulit termasuk jerawat dimana ini merupakan sebuah kondisi kulit yang dianggap abnormal. Sebagian dari kita mungkin menganggap jerawat sebagai sesuatu yang wajar terjadi pada kulit sehingga keberadaannya tidak menjadi masalah. Tapi tahukah kamu bahwa hal ini harus segera diatasi ?

Jerawat terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit yang disebabkan oleh produksi sebum berlebihan, daerah yang biasanya sering terdapat jerawat ialah bagian wajah, punggung, dada, dan lengan. Selain karena penyumbatan pada pori, jerawat disebabkan karena area yang berjerawat di tumbuhi oleh bakteri yang kemudian menimbulkan peradangan kulit. Pada hal ini kayu manis yang memiliki sifat antibakteri dipercaya dapat menghambat pertumbuhan jerawat.

Lalu, Seberapa efektif kayu manis dalam mengatasi jerawat dengan sifat antibakteri yang dimiliki ?

Ilustrasi Kayu Manis dan Lemon (sumber: pixabay)
Ilustrasi Kayu Manis (sumber: pixabay)

Berdasarkan penelitian pada 2018 dalam jurnal Ekologia yang berjudul “ Uji Antibakteri dan Formulasi Sediaan Masker Anti Jerawat ynag Mengandung Kayu Manis” dari hasil pengujiannya lewat pengujian fitokimia tidak ditemukan adanya steroid, kemudian melalui hasil pengujian alkaloid, flavonoid dan tanin hasilnya positif. Adanya alkaloid ditandai dengan adanya endapan coklat, senyawa alkaloid yang terkandung dalam kayu manis menandakan bahwa kayu manis mempunyai potensi sebagai antibakteri.

Pada hasil pengujian fitokimia ini kayu manis juga positif mengandung senyawa flavonoid, adanya flavonoid ditandai dengan adanya hijau kehitaman, endapan kuning dan terbentuknya warna jingga. Senyawa flavonoid terbesar jumlahnya dan juga lazim ditemukan pada tumbuhan. Flavonoid adalah polyphenol yang nyata berpengaruh untuk sifat antibakteri. 

Diformulasi ke dalam skincare

Salah satu produk masker organik yang menggunakan kayu manis sebagai salah satu bahan dasar dalam pembuatannya ialah “Acne Care Face and Body Mask” Mako by Seris. Masker organik tersebut memang diformulasikan untuk menyembuhkan jerawat pada wajah dan juga badan. Dengan pemakaian rutin 2 – 3 kali dalam seminggu dengan estimasi waktu 10 – 15 menit terbukti dapat menghambat pertumbuhan pada jerawat.

 

 

 

 

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓