Sukses

Beauty

4 Cara Mudah Menghilangkan Kulit Kering Bersisik

Fimela.com, Jakarta Kulit kering bersisik merupakan kondisi dimana proses pembaruan alami kulit terganggu, sehingga menimbulkan penumpukan sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit bersisik. Kondisi kulit kering berisisik seringkali merupakan hasil dari kombinasi berbagai faktor, seperti skin barrier yang rusak. Proses penuaan alami, iklim, perendaman dalam air dalam waktu lama, dan iritasi eksternal juga dapat menyebabkan bercak kulit kering atau bersisik.

Kulit bersisik biasanya terjadi di area wajah dan tubuh (paling sering muncul di kaki dan tangan). Bercak bersisik pada kulit di area ini dapat disebabkan oleh kulit kering serta berbagai kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan lainnya. Kondisi kulit bersisik dapat sangat mengganggu karena tampilan dan teksturnya yang kasar. Oleh karena itu, inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kulit bersisik yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Perhatikan Waktu Mandi

Melansir dari aad.org, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mandi agar kulit kering bersisik dapat teratasi dan menjadikannya lebih halus dan lembut. Hal tersebut di antaranya adalah:

- Gunakan air dengan suhu ruangan, jangan menggunakan air panas ketika mandi.

- Batasi waktu mandi hanya sekitar 5 hingga 10 menit.

- Mandi menggunakan sabun dengan kandungan lembut dan bebas pewangi (fragrance-free).

- Gunakan sabun secukupnya untuk membersihkan kotoran dan minyak pada tubuh. Hindari menggunakan sabun terlalu banyak hingga menghasilkan busa yang sangat tebal karena dapat membuat kondisi kulit semakin kering.

- Keringkan kulit dengan lembut menggunakan handuk.

- Segera oleskan pelembap saat kulit sudah dalam kondisi kering setelah mandi. 

2. Rutin Menggunakan Pelembap

Rutin menggunakan pelembap (moisturizer) merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan agar bisa menghilangkan kulit bersisik. Hal ini dikarenakan setiap produk moisturizer memiliki kandungan yang berfungsi untuk melembapkan kulit sehingga sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kondisi kulit kering. Gunakan moisturizer dengan cara mengoleskannya secara lembut pada kulit. Untuk mengunci kelembapan kulit, segera gunakan moisturizer setelah melakukan hal berikut ini:

- Setelah selesai mandi.

- Setelah mencuci muka ataupun tangan.

 

3. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Lembut

Beberapa produk perawatan kulit mengandung formula yang terlalu keras untuk mereka yang memiliki tipe kulit kering. Menggunakan produk yang mengandung pewangi dapat memperparah kondisi kulit bersisik. Melansir dari aad.org, Dermatologis menyarankan kepada mereka yang memiliki kondisi kulit kering bersisik untuk menggunakan produk yang berlabel "fragrance-free" atau bebas pewangi. Berikut merupakan kandungan yang harus dihindari oleh kulit kering bersisik:

  • Alkohol (kecuali dalam produk hand sanitizer).
  • Alpha-hydroxy Acid (AHA)
  • Fragrance
  • Retinoids.

Selain itu, produk dengan label "unscented" kemungkinan mengandung bahan kimia yang dapat menetralkan atau menyembunyikan bau lain dari produk tersebut. Bahan kimia ini juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang kering dan sensitif.

 

4. Gunakan Produk dengan Formula Pelembap Tinggi

Menghilangkan kulit bersisik juga dapat dilakukan dengan menggunakan hydrating skincare yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Dengan memperhatikan kandungan yang terdapat dalam produk skincare yang dipakai, maka akan dapat menghilangkan kulit kering bersisik lebih cepat. Berikut beberapa formula dalam produk perawatan kulit yang dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan kulit bersisik seperti yang dilansir dari cerave.com, di antaranya adalah:

- Ceramides: bermanfaat untuk mengembalikan fungsi skin barrier sehingga membantu kulit untuk dapat mengunci kelembapan.

- Hyluronic Acid: Membantu melembapkan kulit dan menahan kelembapan hingga 1000 kali beratnya dalam air.

- Salicylic Acid dan Lactic Acid: Membantu melembutkan dan menghaluskan kulit yang kering dan bersisik. 

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading