Sukses

Beauty

5 Tips Makeup untuk Pemilik Kulit Kombinasi

Fimela.com, Jakarta Untuk kamu pemilik kulit kombinasi menggunakan makeup terkadang adalah hal yang cukup tricky. Bagaimana tidak, kulit kombinasi terdiri dari area wajah yang berminyak dan juga area wajah yang kering. Pemilik kulit kombinasi akan berususan dengan minyak berlebih pada area t-zone yang membuat makeup cepat luntur dan juga area lainnya yang cenderung kering yang dapat membuat makeup mudah crack.

Oleh karena, bagi sahabat Fimela yang memiliki kulit kombinasi, kamu wajib banget simak tips-tips makeup di bawah ini agar mendapatkan hasil makeup yang terlihat flawless.

1. Gunakan Skincare Sebelum Makeup

Sebelum memakai makeup pastikan wajahmu bersih. Kamu bisa membersihkan wajahmu menggunakan micellar water dan juga facial wash. Setelah wajahmu bersih jangan lupa untuk mempersiapkan kulitmu sebelum makeup dengan menggunakan skincare. Gunakanlah produk skincare seperti hydrating toner dan pelembab sebelum mengaplikasikan makeup. Beberapa area pada kulit kombinasi memang berminyak, tapi ini bukanlah alasan untuk kamu skip menggunakan pelembab. Wajah yang terhidrasi dengan baik justru dapat mengontrol produksi minyak pada wajah agar tak berlebihan. Selain itu pelembab akan membuat makeupmu lebih menempel dan terlihat flawless.

2. Gunakan Mattifying Primer pada Area T-zone

Sebelum mengaplikasikan foundation di atas kulit wajahmu, kamu harus menggunakan primer terlebih dahulu. Untuk kamu pemilik kulit kombinasi kamu bisa menggunakan mattifying primer di daerah T-zone. Biasanya bagi para pemilik kulit kombinasi, area T-zone adalah area yang memproduksi minyak berlebih. Dengan menggunakan mattifying primer di area T-zone dapat mengontrol produksi minyak agar tak berlebihan sehingga makeupmu tidak mudah luntur. Selain itu menggunakan mattifying primer akan menyamarkan tampilan pori porimu sehingga wajahmu terlihat lebih mulus dan makupmu terlihat lebih halus.

3. Pilih Formula Foundation yang Sesuai

Memilih formula foundation untuk kulit kombinasi memang cukup tricky. Kulit kombinasi terdiri dari area wajah yang berminyak dan area wajah yang kering. Untuk kamu pemilik kulit kombinasi kamu bisa menggunakan moisturizing foundation pada area wajah yang kering. Lalu untuk area wajah yang berminyak seperti T-zone, kamu bisa menggunakan concealer dengan hasil akhir matte dan coverage medium.

Selain itu kamu bisa menggunakan foundation dengan formula satin finish. Foundation dengan formula satin finish cenderung cocok untuk semua jenis kulit. Foundation dengan satin finish merupakan gabungan dari antara dewy finish dan matte finish. Hasil akhir foundation ini tidak terlalu matte dan juga tidak terlalu memberikan efek glowing yang berlebihan seperti foundation dengan dewy finish sehingga cocok untuk kulit kombinasi.

4. Set Makeup Menggunakan Bedak

Setelah menggunakan foundation dan concealer kamu harus set makeupmu menggunakan transclucent powder. Step ini penting untuk kamu lakukan karena dengan memoleskan transclucent powder pada wajahmu maka kamu memberikan lapisan tipis ekstra pada area t-zone yang berfungsi untuk menahan minyak berlebih.

Jika di tengah hari makeup di area T-zonemu memudar karena produksi minyak berlebih, kamu bisa menggunakan blotting paper atau tissue sebelum kamu mengaplikasikan transclucent powder untuk touch up.

5. Gunakan Setting Spray

Setelah kamu menyelesaikan seluruh makeupmu, gunakanlah setting spray sebagai finishing. Setting spray akan membuat makeupmu terlihat lebih flawless dan dapat membantu mengontrol minyak berlebih sehingga makeupmu tahan lama. Untuk kamu pemilik kulit kombinasi kamu bisa menggunakan setting spay yang diformulasikan untuk semua jenis kulit.

Itulah beberapa tips makeup untuk kamu pemilik kulit kombinasi. Semoga penjelasan di atas dapat membantumu mendapatkan hasil makeup yang flawless.

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading