Sukses

Beauty

Ketahui 5 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah, bukan hanya Dehidrasi

Fimela.com, Jakarta Ada penyebab utama bibir kering dan beberapa kebiasaan buruk yang bisa memperparahnya. Saat suhu dingin, ada baiknya menghentikan kebiasaan ini untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Salah satu perbedaan utama antara kulit bibir dan bagian tubuh lainnya adalah kulit bibir jauh lebih tipis, biasanya terdiri dari 3-5 lapisan secara total, dibandingkan dengan 16 lapisan di wajah. Bibir juga kekurangan lapisan atas epidermis, yang dikenal sebagai stratum korneum, yang berfungsi sebagai pelindung, mencegah dehidrasi, dan memerangi radiasi UV.

Perbedaan utama lainnya adalah bibir tidak mengandung kelenjar yang ditemukan di tempat lain pada kulit. Dingin, suhu yang keras, berkurangnya kelembapan karena pemanasan, dan menjilat berulang kali untuk melembapkan bibir bisa berkontribusi mengeringkannya.

 

 

1. Kekurangan vitamin

Vitamin B2 sangat penting untuk fungsi sel dan pada gilirannya menjadikan bibir sehat. Makan banyak makanan yang kaya vitamin B2, seperti telur dan daging tanpa lemak untuk menjaga kesehatan. Kekurangan seng dan zat besi juga dikaitkan dengan bibir kering, jadi tambahkan sayur untuk membantu menjaga keseimbangan.

2. Menjilat bibir

Menjilat bibir sebenarnya akan memperburuk keadaan. Hindari menjilat bibir, saat kelembapan menguap dari permukaan bibir, ia akan semakin mengering.

3. Menggunakan lip balm wangi

Periksa bahan-bahan dari produk lip balm yang kamu gunakan. Beberapa produk yang mengandung wewangian membuat bibir sensitif dan mengering.

Jika bibir sangat perih atau sensitif, hindari produk dengan rasa atau wewangian yang kuat karena hal ini terkadang bisa memperburuk keadaan. Sesuaikan produk dengan perawatan yang kamu lakukan.

4. Dehidrasi

Kerutan kering bisa menunjukkan bahwa kamu perlu menambahkan asupan H2O. Alasan dehidrasi bisa terlihat pada kulit dan bibir, karena kerusakan yang ditimbulkannya pada kadar mineral. Dianjurkan untuk minum antara 8 sampai 12 gelas sehari.

5. Kondisi medis

Jika gejala tidak membaik dengan banyak perawatan, kamu mungkin memiliki kondisi medis seperti eksim dan harus berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter kulit. Bibir kering terutama di sekitar sudut mulut bisa menjadi indikator bahwa tubuh memproduksi terlalu banyak jamur dan kamu mengalami infeksi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading