Sukses

Beauty

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas Selain Karena Kondisi Kulit Kering

Fimela.com, Jakarta Ada tiga tipe kulit, yaitu normal, kering dan berminyak. Ketiga tipe kulit tersebut bisa dilihat dari banyaknya minyak yang ada di wajah. Kulit berminyak tentunya memiliki kandungan paling banyak di antara tipe kulit yang lain. Sebaliknya, kulit kering punya sedikit sekali minyak atau bahkan tidak ada sama sekali. Sementara tipe kulit normal kandungan minyaknya cukup, tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit.

Pada tipe kulit kering, karena kandungan minyak di wajah hanya sedikit, maka ada beberapa permasalahan yang cukup sering dihadapi. Contohnya kulit yang terlalu kering bisa membuat kulit wajah jadi mengelupas. Namun kulit yang mengelupas tidak selalu karena kulit yang kering. Bisa juga karena hal lainnya.

Lalu apa penyebab kulit wajah yang mengelupas? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

1. Cuaca dingin

Ketika berada di daerah dingin, kulit akan cenderung lebih cepat kering. Bahkan, hal ini juga dapat terjadi ketika kamu seharian bekerja di kantor dan pengaturan pendingin ruangannya terlalu dingin. Nah kalau kulitmu terlalu kering, lama kelamaan kulitmu bisa mengelupas.

2. Sunburn

Tidak hanya kulit kering, kulit wajah mengelupas juga dapat disebabkan oleh sunburn. Sunburn merupakan sebuah kondisi ketika kulit terbakar matahari karena mendapatkan paparan sinar matahari terlalu banyak. Akibatnya, sinar UV membunuh sel-sel kulit, sel yang sudah mati pun dihilangkan, sehingga membuat kulit wajah mengelupas untuk digantikan oleh sel kulit baru.

Pada beberapa kasus, kulit wajah yang terbakar akan melepuh terlebih dahulu sebelum mengelupas untuk menghilangkan sel kulit mati.

3. Menggunakan obat jerawat

Kalau kamu sedang menggunakan obat-obatan tertentu, seperti obat jerawat, mungkin saja hal ini yang menjadi penyebab kulit wajah mengelupas. Biasanya, produk untuk mengobati jerawat dan mengurangi kerutan berisiko membuat kulit wajah terkelupas.

4. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme atau hipotiroid merupakan sebuah kondisi ketika tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Akibatnya, proses metabolisme tubuh menjadi lambat dan menimbulkan berbagai gejala yang cukup mengganggu.

Menurut American Academy of Dermatology, salah satu gejala yang sangat erat hubungannya dengan kulit wajah mengelupas adalah kulit menjadi cepat kering. Hal tersebut dikarenakan hormon tiroid berperan penting dalam pembentukan sel kulit baru yang menggantikan sel kulit mati.

Oleh karena itu, para penderita hipotiroidisme cenderung memiliki kulit yang kering, hingga dapat menyebabkan kulit mereka terkelupas, termasuk wajah.

5. Gangguan kesehatan kulit

Beberapa kondisi kesehatan berikut juga bisa menjadi penyebab kulit wajah mengelupas.

  • Eksim. Kondisi peradangan ini dapat membuat kulit Anda memerah, mengelupas, dan terasa gatal. Bahkan, kulit Anda bisa terlihat retak dan mengeluarkan cairan.
  • Alergi menggunakan produk perawatan kulit tertentu membuat wajah terasa gatal dan mengelupas.
  • Rosacea yang menyebabkan kemerahan dan menimbulkan benjolan di wajah, sehingga membuat kulit menjadi kering dan terkelupas akibat terlalu sensitif.

Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Mengelupas

1. Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut

Gunakan pembersih yang lembut dan bebas pewangi. Beralih pada produk pembersih yang soap-free dan pembersih ringan yang membantu menyembuhkan kulit wajah mengelupas. Hindari menggunakan antibacterial atau fragranced cleanser karena bisa meningkatkan kekeringan pada kulit.

2. Hindari Produk yang Membuat Kulit Kering

Saat kulit wajah terkelupas, hindari menggunakan produk yang tidak menghilangkan minyak pada kulit atau membuat kulit semakin kering. Hindari produk yang mengandung astringent, alkohol, alpha hydroxy acid (AHA), benzoyl peroxide, dan retinoid. 

3. Keringkan Wajah dengan Lembut

Gunakan handuk lembut saat akan mengeringkan wajah. Tepuk-tepuk perlahan dan jangan digosok. Cara mengeringkan wajah dengan lembut ini dapat membantu kulit tetap halus, serta mencegah pengelupasan atau nyeri lebih lanjut.

4. Mengaplikasikan Pelembap Wajah

Menggunakan pelembap tepat setelah mencuci dan mengeringkan wajah bisa membantu mengunci kelembapan wajah. Cara ini bisa mengobati kulit wajah mengelupas akibat kekeringan. 

Menurut American Academy of Dermatology, pelembap yang mengandung satu atau lebih bahan berikut ini bisa membantu menenangkan kulit kering: shea butter, lactic acid, hyaluronic acid, dimethicone, glycerin, lanolin, dan mineral oil. 

Jika kamu mengalami sunburn, hindari pelembap dan produk skincare lain yang mengandung oil atau petroleum yang bisa menjebak panas di dalam kulit. Skincare yang mengandung oil ini juga bisa memicu pembentukan jerawat. Maka pilihlah pelembap yang bebas pewangi, oil free, dan non comedogenic!

5. Aplikasikan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya bertindak sebagai obat anti-inflamasi dan memberi efek pendinginan untuk kulit terbakar. Siapapun yang mengalami sunburn, harus menghindari paparan sinar matahari berlebihan saat dalam proses penyembuhan. Sebisa mungkin tetap di dalam ruangan dan kenakan pakaian pelindung saat di luar. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading