Sukses

Beauty

Cara Mengetahui Kamu Menggunakan Terlalu Banyak Produk Skincare

Fimela.com, Jakarta Menggunakan terlalu banyak produk skincare bisa menimbulkan masalah. Produk seperti retinoid bisa menimbulkan masalah yang lebih serius, karena penggunaan terlalu banyak bisa menimbulkan risiko iritasi kulit.

Penggunaan retinol secara berlebihan, baik dalam jumlah yang diterapkan atau dalam frekuensi aplikasi, tidak akan memberikan manfaat anti penuaan atau mengurangi jerawat lebih cepat. Itu hanya akan menyebabkan kekeringan, kemerahan, mengelupas, atau kulit terbakar.

Saat kandungan produk skincare menyerap ke lapisan atas kulit, ia perlahan-lahan menyerap ke lapisan bawah seiring waktu. Saat lapisan atas jenuh, tambahan apapun tidak akan memberi manfaat apapun.

Ini tidak terjadi dengan retinoid yang lebih kuat, karena retinoid sudah sangat mengiritasi sebelum titik jenuh tercapai. Tapi dengan banyak produk skincare lain, ini berarti menerapkan sesuatu 5 kali sehari tidak akan memberikan manfaat lebih banyak daripada menerapkannya 2 kali.

 

 

Bersabar dengan penggunaan retinoid

Jika kamu khawatir tentang penggunaan retinol yang berlebihan, batasi aplikasi ke ukuran kacang atau titik kecil di salah satu jari tangan. Baurkan di dahi, pipi, hidung, dan dagu. Mulailah menggunakan produk retinol hanya 1 atau 2 malam dalam seminggu di awal dan tingkatkan frekuensi yang lebih tinggi seiring waktu.

Saran menggunakan pelembap, toner, dan serum

Produk skincare lain, bahkan pelembap juga membutuhkan aplikasi yang hati-hati. Jika kamu menggunakan pelembap oklusif yang bisa menyumbat pori, mengoleskan lapisan yang sangat tebal bisa menyebabkan jerawat atau masalah lain dengan penyumbatan pada kulit.

Toner juga harus diterapkan dalam jumlah yang tepat. Jika kamu tidak menggunakan kapas, gunakan seukuran uang receh atau nikel di telapak tangan, lakukan tekan ke dalam kulit.

Serum tidak membutuhkan banyak produk agar efektif. Biasanya hanya dibutuhkan beberapa tetes untuk seluruh wajah dan aplikasikan dengan tangan.

Pengecualian untuk tabir surya

Kebanyakan orang hanya menggunakan 25 sampai 50% dari jumlah tabir surya yang disarankan. Untuk tubuh, aplikasikan sekitar 1 gelas dan gunakan sesendok seukuran nikel ke wajah.

Lapisi dan perhatikan

Perhatikan juga urutan pengaplikasiannya. Mulailah dengan double cleansing, toer, produk lainnya seperti serum, pelembap, lalu terakhir tabir surya.

Rutinitas penggunaan produk skincare harus selalu dimulai dengan produk yang paling tipis hingga yang paling tebal. Dan bersabarlah, rata-rata kulit membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 4 minggu untuk menunjukkan reaksi terhadap penggunaan produk.

Lambat, tapi stabil

Pastikan juga untuk membaca label produk sebelum menggunakannya. Gunakan hanya produk yang telah teruji secara klinik dalam jumlah tertera dan ikuti petunjuk produknya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading