Sukses

Beauty

Dear Para Pemilik Kulit Sensitif, Begini Langkah Eksfoliasi Wajah biar Bebas Iritasi

Fimela.com, Jakarta Pemilik kulit sensitif sepertinya nggak bisa terbebas dari kegalauan tentang perawatan kulit. Selain harus berhati-hati saat memilih skincare, ada juga beberapa ritual skincare yang bikin jadi insecure sendiri. Misalnya saja eksfoliasi wajah atau proses pengelupasan sel kulit mati di wajah yang dapat membantu regenerasi kulit agar lebih cerah dan sehat.

Produk eksfoliasi yang dikenal ‘keras’ selalu bikin ragu karena khawatir menyebabkan iritasi. Namun, jika tidak rutin melakukannya, sel kulit mati akan menumpuk yang malah menghalangi kandungan skincare apapun terserap secara maksimal. Untungnya nggak perlu panik, berikut ini beberapa tips melakukan eksfoliasi untuk pemilik kulit sensitif yang bisa diterapkan di rumah.

Pilih Chemical Exfoliants dengan Formula yang Lebih Mild

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan eksfoliasi adalah pemilihan produk yang tepat. Secara umum, ada 2 produk eksfoliator yang biasa digunakan, yaitu physical exfoliator seperti scrub dan chemical exfoliants.

Khusus pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan scrub karena tergolong kasar dan dapat memicu iritasi. Chemical exfoliants seperti produk yang mengandung AHA/BHA bisa jadi pilihan yang lebih baik karena risiko iritasi bisa diminimalisir dengan teknik penggunaan produk yang tepat.

Namun, nggak semua kandungan acids dalam produk chemical exfoliants memiliki efek yang sama. Sebagaimana yang diketahui, acids sebenarnya merupakan produk yang cukup keras, sehingga pemilik kulit sensitif harus cerdas dalam penggunaannya.

Dari berbagai macam jenis acids yang digunakan untuk eksfoliator, mulai dari BHA, AHA, glycoluc acids hingga PHA, ternyata yang lebih tepat untuk kulit sensitif adalah PHA, lho. Poly Hydroxy Acids atau PHA ini memiliki molekul yang lebih besar sehingga produk tidak terpenetrasi terlalu dalam.

Lakukan Sesuai Aturan Penggunaan

Setiap skincare memiliki aturan pemakaiannya masing-masing. Hal ini harus diperhatikan demi memberikan hasil yang sesuai harapan. Khusus untuk produk eksfoliator, salah satu rules yang harus diingat untuk mencegah iritasi adalah berapa lama produk bisa digunakan.

Chemical exfoliants nggak boleh digunakan semalaman. Jadi, kamu hanya bisa mengaplikasikannya selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Hal ini penting karena pemakaian yang terlalu lama bisa membuat kandungan produk mengiritasi kulit.

Selain itu, jangan lupa perhatikan juga frekuensi pemakaian produk. Biarpun fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati, tapi bukan berarti produk ini bisa digunakan setiap hari. Secara umum, chemical exfoliants bisa digunakan maksimal 2x dalam seminggu. Jika ingin hasilnya terlihat, bukan seberapa sering kamu menggunakannya, tapi seberapa disiplin kamu dalam menerapkan aturan skincare yang ada.

Perhatikan Juga dengan Penggunaan Skincare Lainnya

Eksfoliasi wajah saja nggak cukup untuk mendapatkan kulit glowing yang jadi impian. Kamu juga perlu melakukan perawatan wajah lain untuk mendukung kulit sensitif agar makin sehat dan cantik. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan kalau rutinitas skincare kamu sudah tepat, yaitu rutin melakukan perawatan wajah pada pagi dan malam hari.

Selanjutnya, perhatikan juga kandungan produk yang nggak boleh digunakan bersamaan dengan chemical exfoliants, misalnya saja skincare dengan kandungan vitamin C dan retinol. Jangan lupa gunakan sunscreen setiap kali beraktivitas di luar rumah, karena chemical exfoliants dapat membuat wajah lebih sensitif terhadap radiasi sinar matahari.

Perhatikan beberapa tips di atas agar eksfoliasi kulit sensitif maksimal ya, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading