Sukses

Beauty

Jangan Sampai Salah, Ini 3 Tips Memilih Pewarna Rambut yang Tepat dan Benar

Fimela.com, Jakarta Mewarnai rambut ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan diri sendiri, lho. Nggak hanya itu, kegiatan ini pun dapat dicoba untuk membuat tampilan jadi lebih cantik dan menarik. Meski begitu, sebelum masuk ke dalam proses pewarnaan, ada baiknya untuk memilih dan mempertimbangkan produk atau warna apa yang akan diaplikasikan pada rambut.

Hal ini perlu banget dilakukan supaya bisa menghindari kesalahan atau ketidaksesuaian setelah hasil akhir didapatkan. Untuk kamu yang berniat untuk mewarnai rambut, maka wajib banget menyimak beberapa tips berikut ini. Apa saja?

Pastikan Pewarna Rambut Sesuai dengan Warna Kulit

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih warna cat rambut yang sesuai dengan warna kulit yang dipunya. Pada dasarnya, warna rambut seseorang mengikuti warna bagian tubuh manusia lainnya, seperti kulit dan warna mata. Misalnya saja warna rambut gelap (hitam dan cokelat) untuk karakteristik kulit berwarna sawo matang dan hitam. 

Jika saja warna yang dipilih memiliki ketidakcocokan yang besar, maka penampilan bisa saja jadi kurang menarik dan cenderung terlihat aneh. Sebagai inspirasi, kamu bisa menggunakan warna-warna bernuansa kastanye atau cokelat muda untuk rona warna kulit yang agak gelap. Sementara itu, pilihlah warna pastel atau netral untuk kamu yang memiliki kulit dengan undertone cool. 

Perhatikan Komposisi dari Produk yang Digunakan

Selain pemilihan warna cat rambut, kamu pun juga harus memerhatikan komposisi bahan yang terkandung di dalam produk yang digunakan. Seperti yang diketahui, bahwa beberapa produk pewarna rambut mengandung sejumlah bahan kimia. 

Adanya berbagai senyawa ini sudah pasti akan memberikan dampak yang buruk pula pada kesehatan rambut. Misalnya saja, rambut bisa mudah kering, bercabang, hingga rontok. Untuk itu, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah bahan-bahan yang termuat di dalam cat rambut tersebut terbukti aman dan sudah berlabel BPOM.

Lakukan Tes Pada Kulit untuk Mengecek Reaksi Alergi

Sebelum mengaplikasikan cat rambut, ada perlunya lho untuk melakukan tes pada kulit untuk mengecek reaksi alergi yang mungkin terjadi. Meskipun sepele dan sering diabaikan, namun ini semua sudah pasti demi keamanan dan agar bisa terhindar dari efek samping yang nggak diinginkan. 

Untuk melakukan tes ini, kamu bisa mencobanya dengan meneteskan cat rambut yang sudah dibuat di permukaan kulit tangan. Lihat, apakah terdapat tanda-tanda munculnya reaksi alergi, seperti gatal-gatal, kemerahan, dan sensasi panas. Jika ada, maka urungkan niatmu untuk mengecat rambut dengan produk tersebut. Namun, jika nggak, maka kamu bisa melanjutkan aktivitas ini dengan lebih tenang.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum mewarnai rambut yang dipunya. Kalau kamu masih ragu dan nggak berani untuk melakukan aktivitas ini sendiri, maka boleh banget kok untuk pergi ke salon terdekat dari rumahmu. Semoga tips ini bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading