Sukses

Beauty

Jangan Dilupakan, Ini Serba-Serbi Perawatan Kulit Tangan agar Terbebas dari Kering dan Kasar

Fimela.com, Jakarta Perawatan kulit mungkin sudah jadi bagian dari rutinitas self-care yang dilakukan setiap hari. Tapi, coba diingat-ingat lagi, kulit area mana saja sih yang selama ini rutin kamu jaga dan rawat agar tetap sehat? Bukan hanya wajah dan tubuh saja, kulit di area tangan juga perlu dijaga dan dirawat agar tetap sehat dan lembap.

Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk bekerja, mulai dari membereskan rumah, memasak, dan memegang berbagai benda yang ada di sekitar. Kebiasaan mencuci tangan untuk menjaga kesehatan ternyata juga memberikan dampak yang bikin tangan jadi gampang terasa kering, kasar, hingga pecah-pecah. Jadi, jangan lupakan kebiasaan merawat kulit tangan yang bisa dimulai dengan beberapa cara sederhana ini, yuk!

Gunakan Sarung Tangan

Menjadi bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas rumah tangga, seperti mencuci piring, baju bahkan membersihkan rumah, tangan membutuhkan perlindungan ekstra selama menjalankan tugasnya. Saat sedang melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga, gunakan sarung tangan demi menjaga kelembapan alaminya.

Bahan kimia yang terkandung dalam sabun pencuci piring, deterjen, hingga produk pembersih rumah lainnya bisa mengikis minyak alami dan membuat tangan jadi terasa sangat kering. Nggak sedikit juga yang mengalami gatal hingga iritasi akibat paparan zat kimia tersebut. Jadi, pastikan kamu menggunakan sarung tangan selama mengerjakan tugas rumah tangga sebagai bentuk perlindungan terhadap area yang satu ini.

Jangan Lupa Aplikasikan Sunscreen Juga

Saat sedang mengaplikasikan sunscreen untuk wajah dan tubuh, jangan lupa berikan perlindungan yang dibutuhkan di area tanganmu juga. Hal ini sama pentingnya lho karena radiasi sinar UV juga bisa menyebabkan tangan jadi kering dan kasar.

Nggak hanya itu saja, sunscreen juga sudah teruji secara klinis dapat mengurangi tanda penuaan dini di area tangan yang bisa dilihat dari kulit tangan yang terlihat kusam dan berkerut. Demi memberikan perlindungan maksimal yang dibutuhkan, pilih sunscreen dengan kandungan SPF yang nggak hanya dapat memproteksi dari sinar UVA dan UVB saja, tapi juga menjaga kelembapan alami kulit.

Jaga Kelembapan dengan Hand Cream

Ini dia salah satu kunci menjaga kelembapan tangan dengan maksimal, yaitu rutin mengaplikasikan hand cream. Produk ini biasanya juga dikemas dalam ukuran yang handy, sehingga praktis di bawa ke mana saja. Secara umum, hand cream merupakan krim khusus untuk menjaga kelembapan dan menutrisi kulit di area tangan.

Nah, saat memilih produk hand cream yang terbaik, jangan lupa perhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Beberapa formula yang baik untuk menjaga kelembapan tangan antara lain shea butter yang berasal dari pohon shea di Afrika Barat. Memiliki asam lemak alami tinggi, sehingga dapat menutrisi kulit sekaligus merangsang regenerasi sel baru. Alternatif lainnya adalah glycerine yang diekstrak dari lemak hewan atau minyak bumi yang sudah dikenal dengan kemampuannya untuk menghidrasi kulit dalam waktu singkat. Jadi, pilih formula yang tepat demi menjaga kesehatan kulit tangan yang maksimal.

Overnight Treatment

Salah satu langkah perawatan yang bisa dicoba untuk menjaga tangan agar lembap dan halus adalah overnight treatment alias perawatan pada malam hari. Sebelum tidur, cuci tangan dan rendam tangan di dalam baskom berisi air hangat selama beberapa menit. Keringkan dengan handuk lembut, lalu aplikasikan petroleum jelly secara merata di area tangan. Setelah itu, gunakan sepasang sarung tangan berbahan katun untuk membantu kandungan petroleum jelly meresap dengan baik ke dalam kulit dan biarkan semalaman.

Tangan yang terlihat halus, lembap, dan sehat nggak hanya memberikan kenyamanan saja. Tapi juga dapat membantu penampilan sehari-hari jadi lebih maksimal. Yuk, mulai lakukan berbagai langkah perawatan di atas, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading