Sukses

Beauty

Bisa Bikin Rambut Rusak, Hindari 3 Kesalahan Ini Saat Mencatok Rambut

Fimela.com, Jakarta Membuat penampilan semakin on point kini bisa dilakukan dengan mencatok rambut. Meskipun banyak perempuan yang sudah tahu risiko seperti apa yang akan didapatkan dari proses ini, namun mereka tetap nggak bisa jika nggak meluruskan rambut untuk memulai hari yang baru. 

Selain itu, banyak perempuan yang juga mengaku bahwa mereka bisa menjadi seseorang yang kurang percaya diri jika nggak merapikan rambut menggunakan catokan. Ada pula yang memang sengaja meluruskan rambut agar bisa mengikuti tren kekinian di kalangan para selebriti. 

Meski begitu, ternyata ada hal yang harus diperhatikan agar nggak salah dalam kegiatan mencatok rambut ini. Apa saja itu?

Menyetel Suhu Catokan yang Terlalu Panas

Mencatok biasanya menggunakan suhu 185 derajat Celcius agar tetap aman dan nggak terlalu berdampak buruk pada rambut. Namun terkadang, para perempuan suka nggak tahu dan malah menyetel suhu catokan di atas 185 derajat celcius.

Padahal, jika kamu mengatur suhu di atas angka tersebut, maka folikel atau kutikula rambut bisa mengalami kerusakkan, mulai dari kering hingga bercabang. Maka dari itu, hindarilah penggunaan alat catokan di suhu yang terlalu ekstrem, ya. 

Selain karena untuk mencegah kerusakkan yang berat pada rambut, hal ini juga perlu diterapkan agar kulit di sekitar kepala nggak mengalami imbas suhu yang terlalu panas.

Mencatok Rambut Saat masih Basah

Mencatok rambut di saat masih basah adalah hal yang salah besar untuk dilakukan. Bukan tanpa alasan, hal ini karena folikel rambut akan dipaksa untuk cepat mengering dalam waktu yang super singkat. Hasilnya, rambut pun jadi rapuh dan mudah patah.

Sebagai solusinya, kamu dapat mengeringkan dahulu rambut yang basah tersebut selama beberapa saat. Gunakan hair dryer yang mampu keringkan rambut dengan lebih cepat. Setelah kering total, baru kamu bisa melanjutkan rangkaian proses meluruskan rambut ini. 

Nggak Menggunakan Vitamin atau Heat Protection Lebih Dulu

Nggak mengaplikasikan vitamin dan heat protection pada rambut sebelum mencatok merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak perempuan. Suhu catokan yang panas diyakini dapat membuat kelembaban pada rambut semakin lama semakin berkurang. Agar nggak sampai terjadi permasalahan lainnya, maka wajib banget lho untuk rutin menggunakan berbagai rangkaian perawatan rambut ini.

Oleh karena itu, untuk melindungi lapisan pada rambut, maka kamu memerlukan produk vitamin dan heat protection yang tepat. Jangan hanya yang wangi saja, namun juga yang bisa memberikan perlindungan optimal supaya rambut nggak cepat rusak saat dicatok. 

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat meluruskan rambut. Biarpun demikian, ada baiknya untuk nggak terlalu sering mencatok rambut yang dimiliki. Pasalnya rambut sendiri adalah mahkota perempuan yang wajib dijaga dan dipelihara kesehatannya. Jadi, jika tampilan rambut indah dan shiny, yang bangga akan kamu juga, bukan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading