Sukses

Beauty

Rambut Kering, Haruskah Sering-Sering Pakai Masker Rambut?

Fimela.com, Jakarta Cuaca yang terik dan lembap khas negara tropis, seperti Indonesia memang mudah bikin rambut kering. Hal ini belum ditambah dengan minimnya perawatan rambut yang tepat, sehingga memperparah kondisi rambut kering hingga menyebabkan kerusakan.

Untungnya, di masa sekarang ini sudah banyak produk perawatan rambut, seperti sampo dan kondisioner yang dikhususkan untuk menjaga kelembapan rambut, sehingga membuat rambut jadi tak mudah kering.

Tak cukup sampai di situ, beberapa orang kadang juga menggunakan perawatan rambut tambahan, seperti masker rambut. Lantas, haruskah sering-sering menggunakan masker rambut untuk mengatasi rambut kering ini?

Masker Rambut Berbeda dengan Kondisioner Biasa

Sama halnya kulit wajah dengan tipe kering, tekstur rambut yang kering juga perlu perawatan khusus. Selain menggunakan sampo, ada baiknya juga menggunakan kondisioner.

Fungsi penggunaan kondisioner usai keramas ini dapat membantu melengkapi rangkaian perawatan rambut kering. Manfaatnya bisa menjaga kelembapan rambut, agar tidak mudah kering, terutama saat berada di luar ruang atau di bawah paparan sinar matahari langsung.

Bila perlu, perawatan tambahan pun dibutuhkan untuk menjaga rambut tetap terjaga kelembapannya. Di sinilah akhirnya keberadaan masker rambut dibutuhkan. Selain untuk melembapkan, masker rambut dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut hingga menutrisi rambut secara optimal.

Keberadaan masker rambut ini juga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan deep conditioning atau kondisioner rambut yang lebih intensif. Bedanya dengan kondisioner biasanya, biasanya kandungan masker rambut ini lebih lengkap.

Selain itu, secara aplikasi, masker rambut perlu didiamkan lebih lama dibandingkan menggunakan kondisioner biasa. Minimal 15-30 menit atau sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan masker rambut, umumnya rambut akan lebih terhidrasi, kuat, lembut dan terlindungi dari kerusakan.

Durasi Pemakaian Masker Rambut yang Tepat

Kendati banyak manfaatnya, nyatanya penggunaan masker rambut terlalu sering juga kurang bagus. Yang benar, penggunaannya perlu disesuaikan dengan tipe dan kondisi rambut.

Apabila memiliki rambut normal dan tanpa masalah, maka pemakaian masker rambut ini cukup seminggu sekali saja. Sebaliknya, jika rambut tampak rusak, kering dan butuh perawatan ekstra, maka bisa menggunakan masker rambut sebanyak 2-3 kali seminggu, tergantung tingkat kerusakannya.

Sementara untuk aplikasinya, masker rambut bisa digunakan selama 5-15 menit bilamana menggunakannya sendiri di rumah. Sedangkan saat di salon, bisa saja prosesnya lebih lama.

Selain itu, masing-masing produk masker rambut punya aturan pemakaian yang berbeda. Ada yang bisa digunakan sampai ke kulit kepala, tetapi ada pula yang cukup sampai batang rambut hingga ujung rambut saja. Jadi, bacalah petunjuk penggunaannya secara saksama sebelum menggunakannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading