Sukses

Beauty

4 Penyebab Rambut Lepek dan Berminyak yang Kerap Terjadi

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin punya rambut indah berkilau dan tampak sehat setiap saat? Apalagi jika sehari-hari aktivitasnya banyak bertemu orang lain, memiliki rambut yang sehat tentu akan meningkatkan rasa percaya diri saat bersosialisasi. Hanya saja, kadang ada beberapa hal yang tanpa disadari dapat memicu permasalahan rambut.

Salah satunya adalah masalah rambut berminyak yang menjadi biang lepek. Ketika mengalaminya, tentu akan membuat mood bagus auto sirna. Malah yang ada bisa menyebabkan berkegiatan jadi tak semangat lagi. Supaya tak sampai mengalaminya, berikut ini beberapa penyebab rambut lepek berminyak yang kerap terjadi.

Terlalu Sering Keramas dan Pakai Air Panas

Penyebab rambut lepek dan berminyak pertama yang jarang disadari adalah terlalu sering keramas. Memang, kebiasaan satu ini perlu dilakukan secara rutin, agar rambut tetap terawat dan terjaga kesehatannya.

Akan tetapi jika terlalu sering mencuci rambut, justru dapat meningkatkan produksi minyak di kulit kepala. Akibatnya, rambut menjadi lepek. Selain itu, jenis rambut juga amat memengaruhi. Sebab, pada beberapa orang kebiasaan sering keramas justru membuat rambut lebih kering.

Selain itu, hindari keramas dengan air panas. Sebab, hal tersebut dapat memicu produksi minyak berlebihan pada kulit kepala. Kekuatan rambut juga akan menurun, sehingga bikin rambut lebih mudah patah dan rontok. Keramaslah dengan air biasa atau dingin saja.

Salah Pakai Produk Perawatan Rambut

Minyak pada kulit kepala tak bisa dihilangkan dengan air begitu saja. Jadi, jika tak keramas, sebaiknya tak mencuci rambut. Sebab, saat mencuci rambut pakai air saja tanpa sampo atau justru menggunakan kondisioner rambut semata, malah bisa memicu minyak berlebih pada kulit kepala.

Walau tak gampang terlihat, minyak yang berlebihan tadi akan membuat rambut lepek dalam beberapa jam kemudian. Oleh karena itu, selalu gunakan sampo, kondisioner dan produk perawatan rambut lainnya yang sesuai dengan jenis rambut. Dengan begitu kesehatan rambut jadi lebih terjaga.

Perubahan Hormon di Tubuh

Ketika hormon di dalam tubuh sedang bermasalah, biasanya akan langsung berdampak pada kesehatan rambut. Salah satunya dapat menyebabkan rambut menjadi lepek. Akibat perubahan hormon ini pula, kulit kepala pun akan lebih mudah berminyak.

Terlebih pada perempuan, peningkatan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh bisa meningkatkan kadar minyak pada kulit kepala. Di samping itu, perubahan hormon ini juga dapat memengaruhi siklus pertumbuhan rambut, kesehatan folikel rambut hingga memicu penyakit pada kulit kepala.

Sering Menyentuh Rambut dengan Tangan

Beberapa orang suka memainkan rambut dengan tangan. Padahal, belum tentu tangan dalam keadaan bersih. Malah seringnya tangan kotor penuh kuman tanpa disadari. Semakin sering melakukannya, maka minyak di kulit kepala juga semakin menyebar ke seluruh rambut.

Imbasnya, rambut jadi mudah rusak karena kotoran dari tangan yang menempel hingga menyebabkan rambut lepek. Selain itu, penggunaan sisir juga perlu diperhatikan. Pasalnya, sisir yang kotor dan jarang dibersihkan juga dapat membuat rambut menjadi lepek.

Beberapa penyebab rambut lepek dan berminyak itu pun kerapkali dialami oleh banyak orang, bahkan tanpa sadar. Oleh karena itu, setelah memahami informasi-informasi penting tersebut, sebaiknya mulai untuk menerapkannya. Dengan begitu, masalah rambut lepek dan berminyak tak lagi dialami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading