Tips dan Trick untuk Bertahan pada Diet

Fimela13 Jun 2011, 11:29 WIB
Diperbarui 13 Jun 2011, 11:29 WIB

diet sehat

  1. Tahu motivasimu. Alias cari motivasi yang kuat. Jangan cuma untuk jadi lebih kurus tapi untuk jadi lebih sehat sehingga bisa melihat anak tumbuh besar, misalnya. Saat tergoda, kamu bisa mengingatkan diri sendiri apakah akan menyantap gorengan atau menemani anak saat wisuda nanti.
  2. Lakukan perlahan. Nggak harus langsung diet ketat esok hari. Coba ubah pola makan sedikit demi sedikit – misalnya ganti soda dengan air putih, atau ngemil buah bukannya cokelat atau chips. Setelah terbiasa seminggu atau dua minggu, tambahkan lagi pilihan yang lebih sehat untuk diterapkan. Hal ini bisa memudahkan kamu untuk bertahan.
  3. Jangan drastis. Banyak diet seperti Atkins, Protein, dan berbagai pilihan detoks lainnya – ini termasuk pola yang drastis, dan hanya sedikit yang bisa bertahan lama. Faktanya, kamu memang bisa menurunkan berat dengan cepat, tapi begitu keluar dari diet tersebut, si berat yang hilang juga dengan cepat terjadi.
  4. Pilih makanan yang kamu suka. Ini penting banget. Kalau kamu nggak suka salad, jangan jadikan salad sebagai kunci dietmu. Jangan makan makanan hanya karena bagus untukmu – makan karena makanan tersebut sehat dan kamu suka. Buat saya bisa jadi salad, oatmeal, yogurt dan tahu, tapi untuk yang lain bisa saja salmon, putih telur, dan kacang-kacangan.
  5. Bawa makanan. Selalu bawa makanan, kemana pun kamu pergi. Bawa makanan ke kantor adalah ide yang bagus, termasuk snack untuk ngemil sehat di sela waktu makan.
  6. Makan sebelum berangkat. Kalau mau makan di restoran atau pesta, coba ngemil makanan kecil yang sehat terlebih dahulu. Sehingga nggak kelaparan dan nggak perlu makan banyak. Bisa pesan salad atau ikan dan sayuran rebus.
  7. Jangan sampai kelaparan. Kalau membiarkan diri kelaparan, kamu jadi ngemil nggak karuan, karena gula darah jadi sangat rendah dan kamu kepengen gula (atau karbohidrat) seperti donat atau kue. Jadi coba ngemil sehat di sela waktu makan, sehingga nggak sempat lapar.
  8. Manjakan diri sesekali. Jangan menahan diri terlalu ekstrim dan menjauhi santapan enak seperti kue cokelat, misalnya. Kuncinya adalah biasakan makan sehat selalu, dan saat mengalah pada rasa kepengen, lakukan dalam jumlah kecil. Dua atau tiga gigit kue atau eskrim, nggak akan menghancurkan diet tapi bisa memuaskan rasa pengen ngemil manis.
  9. Bersihkan rumah dari snack dan makanan yang nggak sehat. Kalau menyimpan junk food, cokelat, permen, kue, chips, dan teman-temannya di rumah, kamu bisa tergoda dan memakannya. Tapi kalau rumah bersih dari segala godaan, akan lebih mudah untuk patuh pada diet.
  10. Atasi godaan pesta. Saat pesta pasti ada pilihan air putih, jus, buah, sayuran dan protein rendah lemak. Santap pilihan tersebut, memang bukan makanan yang bisa mengenyangkan, tapi kelar pesta, kamu bisa pilih makanan yang lebih sehat.
  11. Jangan makan terlalu banyak. Jadikan ini aturan utama. Bahkan kalau kamu lagi lemah dan menyerah pada santapan yang berlemak, berminyak di restoran atau pesta, jangan makan sampai kekenyangan. Coba aturan makan Okinawa, yaitu makan hanya sampai 80% kenyang.
  12. Kalau “kalah”, bakar. Kadang segala strategi dan taktik ada saja kekurangan dan kelemahannya, that’s OK. Jangan hukum diri berlebihan – balik saja lagi ke aturan awal dan ikuti kembali diet yang kamu terapkan. Anggap saja cobaan kecil, dan bakar dengan olahraga, seperti lari, jalan cepat, apa pun yang bisa kamu lakukan.

Punya strategi jitu untuk bertahan pada diet sehat?

 

(dari berbagai sumber)

What's On Fimela